ABSTRAK
Shalihah,
Riyatus. 2014.Kemampuan Menulis Teks
Pidato pada Siswa Kelas X-A Smester II SMA
Muhammadiyah RambipujiTahun Pelajaran 2013-2014.Skripsi Jurusan Pendidikan
Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Bahasa
Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember.
Pembimbing
(1) Drs.Abd.Rahman DS.,M.Pd.dan (2) Agus Milu S., M.Pd
Kata
kunci :
Kemampuan, Menulis, Teks Pidato
Menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang penting dan
harus dikuasai oleh siswa. Pidato merupakan bentuk bahasa yang sering dipakai
dalam acara yang bersifat formal. Ketrampilan menulis teks pidato sangat
penting dikuasai oleh siswa sehingga bermanfaat bagi siswa dalam kehidupan
sehari-hari
Sesuai dengan latar belakang yang ada, maka pokok kajian yang
dibahas dalam penelitian ini adalah
bagaimana kemampuan menulis teks pidato pada siswa kelas X-A SMA Muhammadiyah
Rambipuji tahun pelajaran 2012/2014.
Tujuan penelitian ini adalah:(1) mendeskripsikan kemampuan
bagaimana kemampuan menulis teks pidato pada siswa kelas X-A SMA Muhammadiyah
Rambipuji tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Pengambilan data berupa
teks pidato yang ditulis oleh siswa kelas X-A SMA Muhammadiyah Rambipuji tahun
pelajaran 2013/2014. Data dianalisis secara deskriptif.
Hasil analisis data yang telah dikerjakan dan interpretasi
menunjukan bahwa kemampuan bagaimana kemampuan menulis teks pidato pada siswa
kelas X-A SMA Muhammadiyah Rambipuji btahun pelajaran 2012/2014.Cukup
baik.
Menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan
gagasan dalam bentuk bahasa tulis untuk tujuan. Salah satu jenis menulis yang penting dikuasai
oleh siswa adalah menulis pidato. Menulis pidato dikatakan penting karena siswa
dilatih dan dituntut untuk berpikir logis dan kritis sebab dasar pidato adalah
berpikir kritis dan logis Keterampilan menulis merupakan kegiatan
berbahasa yang harus diajarkan kepada siswa karena kegiatan ini merupakan
penentu keberhasilan dalam pengajaran.
Pentingnya menulis bagi peserta didik tenaga
pendidik semestinya dapat membangkitkan kemauan siswa dalam menulis, khususnya
dalam menulis teks pidato. Keadaan yang ditemukan di SMA Muhammadyah 01
Rambipuji tahun Pelajaran 2013/2014 ternyata peserta didik kesulitan untuk
menguraikan atau menuangkan ide, gagasan, maupun pikiran ke dalam bentuk
karangan seperti menulis teks pidato.
Pentingnya penulisan huruf kapital dan tanda baca
dalam penulisan teks pidato sangat penting, penulisan huruf kapital sangat
penting untuk menandai suatu nama agar dapat mengetahui pentingnya huruf
kapital setelah tanda titik, huruf kapital untuk nama kota, huruf kapital untuk
nama tuhan dan lain sebagainya. Sedangkan tanda baca untuk mengetahui kalimat
tersebut
Berdasarkan
uraian diatas, teks pidato dapat
memberikan motivasi terhadap siswa, oleh karena itu peneliti tertarik untuk
melakukan sebuah
penelitian yang
berjudul
“Kemampuan Menulis Teks Pidato pada Siswa kelas XA Semester II SMA
Muhammadiyah 01 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2013/2014”.
METODE PENELITIAN
Rancangan
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam hal ini adalah kalimat pada karya siswa berupa teks pidato kelas
XA Semester II SMA
Muhammadiyah 01 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 01
Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Data
dalam penelitian ini adalah teks pidato
yang berupa kalimat pada teks pidato karya siswa dan
kemampuan penyusunan komposisi pokok pidato pada
karya siswa kelas XA Semester
II SMA Muhammadiyah 01 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Sumber data dalam
penelitian ini adalah siswa
kelas XA yang berjumlah 17 siswa
Semester II SMA Muhammadiyah 01 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2013/2014.
Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi dan penugasan. Instrumen dalam
penelitian ini menggunakan
peneliti sebagai instrument utama. Proses pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
tabel penskoran kemampuan menulis teks pidato agar lebih mudah dan teliti. Teknik
analisis data yang digunakan untuk menganalisis
data penelitian adalah deskriptif kualitatif
dengan pendekatan struktural. Pengecekan keabsahan
temuan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan dan pemeriksaan oleh ahli.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Berdasarkan
hasil analisis data dan pembahasan
mengenai kemampuan
menulis pidato siswa kelas XA SMA Muhammadiyah Rambipuji tahun pelajaran
2013/2014, kemampuan
siswa dalam menulis teks pidato pada penelitian ini ada tiga aspek penilaian,
adalah sebagai berikut.
Pertama, penggunaan bahasa yang dibagi
menjadi dua yaitu kemampuan menulis huruf kapital dan kemampuan menulis tanda
baca. Hasil analisis data diketahui
bahwa kesalahan yang dilakukan sebagian siswa dalam menggunakan huruf kapital pada pidato
terletak pada (1) penggunaan penggunaan
huruf kapital dalam kalimat, (2) penggunaan huruf kapital yang sebenarnya
tidak diperlukan dalam kalimat,(3) tidak digunakannya huruf kapital dalam kalimat, (4) tidak digunakannya huruf
kapital pada nama gelar, nama tahun, nama bulan, dan (5) penggunaan huruf
kapital pada nama tuhan, nama kitab suci, nama agama, termasuk kata gantinya.
Kedua, komposisi pokok dalam menulis teks pidato meliputi:
(1) kemampuan dalam menyusun salam pembuka, (2) kemampuan dalam menyusun pidato pendahuluan, (3) kemampuan dalam
menyusun pokok materi pidato (4) kemampuan dalam menyusun kesimpulan, (5)
kemampuan dalam menyusun ahir kata dan 6) kesalahan dalam menyusun salam
penutup. Hasil analisis data diketahui
bahwa terdapat kesalahan atau kurang lengkapnya siswa dalam menyususn komposisi
pokok pidato.
Ketiga, kemampuan menulis judul yang relevan dengan isi. Hasil
analisis diatas dapat disimpulakan bahwa kemampuan
menyusun teks pidato antara judul dan isi sudah relevan. Akan
tetapi, masih terdapat kesalahan dalam menulis teks pidato. Hasil analisis data diketahui
bahwa kesalahan yang dilakukan sebagian siswa dalam menyusun teks pidato terletak pada penggunaan judul yang tidak ada pada teks pidato karya
siswa.
KESIMPULAN DAN SARAN
Berdasarkan hasil
pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan
menulis pidato siswa kelas XA SMA
Muhammadiyah Rambipuji tahun pelajaran 2013/2014, dapat disimpulkan
bahwa kemampuan dalam menulis teks pidato masuk dalam kategori mampu. Kemampuan
menulis teks pidato sangat penting untuk dikuasai oleh siswa karena pidato
merupakan bentuk komunikasi formal yang digunakan dalam forum resmi. Pidato
dapat dijadikan sebagai sarana penyampaian ide-ide yang bermanfaat bagi
lingkungan masyarakat sekitar. Selain itu,
kemampuan menulis teks pidato juga dapat melatih siswa untuk dapat
berkomunikasi dengan baik.
Berdasarkan kesimpulan diatas dapat disarankan bahwa :
a) Bagi siswa, hasil penelitian ini hendaknya
dapat digunakan sebagai bahan bacaan untuk mendapatkan pengetahuan dan
pemahaman tentang materi menulis teks pidato.
b) Bagi guru, dari hasil penelitian ini
diharapkan khususnya guru Bahasa Indonesia dapat memberikan masukan dalam
pembelajaran menulis teks pidato sehingga guru akan lebih terampil memberikan
latihan dan bimbingan kepada siswa khususnya tentang materi menulis pidato
terutama dalam penggunaan bahasa dan komponen penyususn yang tepat pada teks
pidato.
c) Bagi
sekolah, dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam rangka memajukan dan
meningkatkan prestasi-prestasi sekolah khususnya kemampuan menulis teks pidato.
DAFTAR RUJUKAN
Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT
Rineka Cipta
Chaer, Abdul.2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka
Cipta
Dalman. 2011. Menulis
Karya Ilmaiah. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Djiwandono,M.Soenardi.2008. Tes Bahasa.Jakarta: PT Indeks
Hendrikus, Wuwur Dori. 1991. Retorika.Yogyakarta: Kanisius.
Khayyirah,
Balqis. 2013. Cara Pintar Berbicara
Cerdas di Depan Publik. Yogyakarta: Diva Press.
Moleong,
L. J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Novia,Windy. Kamus
Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko.
Nurjamal,
Daeng. 2010. Penuntun Perkuliahan Bahasa
Indonesia. Bandung :ALFABETA.
Solichin.
2011. Tentang Menulis,Mengapa Menulis,
dan Menulislah. Yogyakarta: New Diglossia.
Sugiyono, 2010 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:
Alfabeta.
Sumarna,Saleem
Hardja. 2013. Kumpulan Naskah Pidato dan
MC Yang Paling Anda Butuhkan Dalam Segala Acara. Solo: Galmas Publisher.
No comments:
Post a Comment