Tuesday, August 9, 2016

Kemampuan Menulis Teks Pidato pada Siswa (artikel-skripsi-Riyatus)



ABSTRAK

Shalihah, Riyatus. 2014.Kemampuan Menulis Teks Pidato pada Siswa Kelas X-A Smester II SMA Muhammadiyah RambipujiTahun Pelajaran 2013-2014.Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Bahasa Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,  Universitas Muhammadiyah Jember.
Pembimbing (1) Drs.Abd.Rahman DS.,M.Pd.dan (2) Agus Milu S., M.Pd
Kata kunci : Kemampuan, Menulis, Teks Pidato
Menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang penting dan harus dikuasai oleh siswa. Pidato merupakan bentuk bahasa yang sering dipakai dalam acara yang bersifat formal. Ketrampilan menulis teks pidato sangat penting dikuasai oleh siswa sehingga bermanfaat bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari
Sesuai dengan latar belakang yang ada, maka pokok kajian yang dibahas  dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis teks pidato pada siswa kelas X-A SMA Muhammadiyah Rambipuji tahun pelajaran 2012/2014.
Tujuan penelitian ini adalah:(1) mendeskripsikan kemampuan bagaimana kemampuan menulis teks pidato pada siswa kelas X-A SMA Muhammadiyah Rambipuji tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Pengambilan data berupa teks pidato yang ditulis oleh siswa kelas X-A SMA Muhammadiyah Rambipuji tahun pelajaran 2013/2014. Data dianalisis secara deskriptif.
Hasil analisis data yang telah dikerjakan dan interpretasi menunjukan bahwa kemampuan bagaimana kemampuan menulis teks pidato pada siswa kelas X-A SMA Muhammadiyah Rambipuji btahun pelajaran 2012/2014.Cukup baik.










PENDAHULUAN


Menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis untuk tujuan. Salah satu jenis menulis yang penting dikuasai oleh siswa adalah menulis pidato. Menulis pidato dikatakan penting karena siswa dilatih dan dituntut untuk berpikir logis dan kritis sebab dasar pidato adalah berpikir kritis dan logis  Keterampilan menulis merupakan kegiatan berbahasa yang harus diajarkan kepada siswa karena kegiatan ini merupakan penentu keberhasilan dalam pengajaran.
Pentingnya menulis bagi peserta didik tenaga pendidik semestinya dapat membangkitkan kemauan siswa dalam menulis, khususnya dalam menulis teks pidato. Keadaan yang ditemukan di SMA Muhammadyah 01 Rambipuji tahun Pelajaran 2013/2014 ternyata peserta didik kesulitan untuk menguraikan atau menuangkan ide, gagasan, maupun pikiran ke dalam bentuk karangan seperti menulis teks pidato.
Pentingnya penulisan huruf kapital dan tanda baca dalam penulisan teks pidato sangat penting, penulisan huruf kapital sangat penting untuk menandai suatu nama agar dapat mengetahui pentingnya huruf kapital setelah tanda titik, huruf kapital untuk nama kota, huruf kapital untuk nama tuhan dan lain sebagainya. Sedangkan tanda baca untuk mengetahui kalimat tersebut
Berdasarkan uraian diatas, teks pidato dapat memberikan motivasi terhadap siswa, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian yang berjudul  “Kemampuan Menulis Teks Pidato pada Siswa kelas XA Semester II SMA Muhammadiyah 01 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2013/2014.
METODE PENELITIAN

            Rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam hal ini adalah kalimat pada karya siswa berupa teks pidato kelas XA Semester II SMA Muhammadiyah 01 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 01 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Data dalam penelitian ini adalah teks pidato yang berupa kalimat pada teks pidato karya siswa dan kemampuan penyusunan komposisi pokok pidato pada karya siswa kelas XA Semester II SMA Muhammadiyah 01 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA yang berjumlah 17 siswa Semester II SMA Muhammadiyah 01 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2013/2014.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi dan penugasan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan peneliti sebagai  instrument utama. Proses pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tabel penskoran kemampuan menulis teks pidato agar lebih mudah dan teliti. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data penelitian adalah deskriptif  kualitatif dengan pendekatan struktural. Pengecekan keabsahan temuan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan dan pemeriksaan oleh ahli.





HASIL DAN PEMBAHASAN

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan mengenai kemampuan menulis pidato siswa kelas XA SMA Muhammadiyah Rambipuji tahun pelajaran 2013/2014, kemampuan siswa dalam menulis teks pidato pada penelitian ini ada tiga aspek penilaian, adalah sebagai berikut.
 Pertama, penggunaan bahasa yang dibagi menjadi dua yaitu kemampuan menulis huruf kapital dan kemampuan menulis tanda baca. Hasil analisis data diketahui bahwa kesalahan yang dilakukan sebagian siswa dalam menggunakan huruf kapital pada pidato terletak pada (1) penggunaan penggunaan huruf kapital dalam kalimat, (2) penggunaan huruf kapital yang sebenarnya tidak diperlukan dalam kalimat,(3) tidak digunakannya huruf kapital dalam kalimat, (4) tidak digunakannya huruf kapital pada nama gelar, nama tahun, nama bulan, dan (5) penggunaan huruf kapital pada nama tuhan, nama kitab suci, nama agama, termasuk kata gantinya.
Kedua, komposisi pokok dalam menulis teks pidato meliputi: (1) kemampuan dalam menyusun salam pembuka, (2) kemampuan dalam menyusun  pidato pendahuluan, (3) kemampuan dalam menyusun pokok materi pidato (4) kemampuan dalam menyusun kesimpulan, (5) kemampuan dalam menyusun ahir kata dan 6) kesalahan dalam menyusun salam penutup. Hasil analisis data diketahui bahwa terdapat kesalahan atau kurang lengkapnya siswa dalam menyususn komposisi pokok pidato.
Ketiga, kemampuan menulis judul yang relevan dengan isi. Hasil analisis diatas dapat disimpulakan bahwa kemampuan menyusun teks pidato antara judul dan isi sudah relevan. Akan tetapi, masih terdapat kesalahan  dalam menulis teks pidato. Hasil analisis data diketahui bahwa kesalahan yang dilakukan sebagian siswa dalam menyusun teks pidato terletak pada penggunaan judul yang tidak ada pada teks pidato karya siswa.




















KESIMPULAN DAN SARAN

Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis pidato siswa kelas XA SMA  Muhammadiyah Rambipuji tahun pelajaran 2013/2014, dapat disimpulkan bahwa kemampuan dalam menulis teks pidato masuk dalam kategori mampu. Kemampuan menulis teks pidato sangat penting untuk dikuasai oleh siswa karena pidato merupakan bentuk komunikasi formal yang digunakan dalam forum resmi. Pidato dapat dijadikan sebagai sarana penyampaian ide-ide yang bermanfaat bagi lingkungan masyarakat sekitar. Selain itu, kemampuan menulis teks pidato juga dapat melatih siswa untuk dapat berkomunikasi dengan baik.
Berdasarkan kesimpulan diatas dapat disarankan bahwa :
a)    Bagi siswa, hasil penelitian ini hendaknya dapat digunakan sebagai bahan bacaan untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang materi menulis teks pidato.
b)   Bagi guru, dari hasil penelitian ini diharapkan khususnya guru Bahasa Indonesia dapat memberikan masukan dalam pembelajaran menulis teks pidato sehingga guru akan lebih terampil memberikan latihan dan bimbingan kepada siswa khususnya tentang materi menulis pidato terutama dalam penggunaan bahasa dan komponen penyususn yang tepat pada teks pidato.
c)      Bagi sekolah, dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam rangka memajukan dan meningkatkan prestasi-prestasi sekolah khususnya kemampuan menulis teks pidato.

DAFTAR RUJUKAN

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta
Chaer, Abdul.2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dalman. 2011. Menulis Karya Ilmaiah. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Djiwandono,M.Soenardi.2008. Tes Bahasa.Jakarta: PT Indeks
Hendrikus, Wuwur Dori. 1991. Retorika.Yogyakarta: Kanisius.
Khayyirah, Balqis. 2013. Cara Pintar Berbicara Cerdas di Depan Publik. Yogyakarta: Diva Press.
Moleong, L. J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Novia,Windy. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko.
Nurjamal, Daeng. 2010. Penuntun Perkuliahan Bahasa Indonesia. Bandung :ALFABETA.
Solichin. 2011. Tentang Menulis,Mengapa Menulis, dan Menulislah. Yogyakarta: New Diglossia.
Sugiyono, 2010 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarna,Saleem Hardja. 2013. Kumpulan Naskah Pidato dan MC Yang Paling Anda Butuhkan Dalam Segala Acara. Solo: Galmas Publisher.

No comments:

Post a Comment