PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
MENULIS PUISI
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH SISWA
KELAS VII / A
MTS NEGERI UMBULSARI
Muhammad Pandu Syrarifuddin
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember
Email: aldopintoko123@gmail.com
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
mendeskripsikan pengembangkan dan kelayakan
media pembelajaran menggunakan macromedia flash dalam pembelajaran menulis puisi
siswa kelas VII/A di MTS Negeri Umbulsari. Penelitian ini
mengadaptasi dari model penelitian ADDIE. Namun penelitian ini hanya sampai
pada tahap Implementasi. Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah
data verbal dan data numerik. Berdasarkan hasil pengembangan dan kelayakan dari
media pembelajaran menulis puisi ini, maka dapat diketahui bahwa hasil yang
didapat sangat valid dan efektif, artinya memenuhi kriteria yang ditentukan
yaitu diatas 70%, artinya media pembelajaran menulis puisi yang dihasilkan
layak untuk digunakan.
PENDAHULUAN
Pembelajaran
yang menarik, efektif, dan efisien membutuhkan suatu media yang menuntut
seorang pendidik untuk berkreasi dalam menyusun media yang menarik, inovatif,
variatif, kontekstual serta sesuai dengan tingkat kebutuhan peserta didik. Hal
ini kegiatan pembelajaran akan menyenangkan dan pastinya berjalan efektif.
Pengembangan media pembelajaran Macromedia Flash
ini bertujuan agar dapat menciptakan media pembelajaran baru yang bersifat
interaktif di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Hal ini mengacu pada media yang selama ini di gunakan pendidik dalam proses
pembelajaran masih menggunakan buku dan media pembelajaran yang menggunakan power point yang masih kurang dalam
menunjang prestasi peserta didik. Diharapkan dengan media pembelajaran Macromedia
Flash ini dapat meningkatkan
daya tarik siswa dalam mengikuti pembelajaran dan juga dapat menunjang prestasi
peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran
menulis puisi pada kelas VII.
Berdasarkan permasalahan-permasalahan di
atas maka sangat penting untuk melakukan
penelitian tentang “Pengembangan Media
Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Macromedia Flash Siswa Kelas VII MTS
Negeri Umbulsari”. Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan
pengembangkan dan kelayakan media pembelajaran menggunakan macromedia flash
dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII/A di MTS Negeri
Umbulsari.
METODE PENELITIAN
Penelitian
ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research And Development). Pengembangan yang dimaksud adalah “media
pembelajaran menulis puisi menggunakan Macromedia
Flash”. Model yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model
penelitian ADDIE. Peneliti memilih model ini karena model ADDIE merupakan model
yang ringkas, mudah dipahami dan juga sesuai dengan produk yang dikembangkan
oleh peneliti yaitu media pembelajaran.
Prosedur penelitian ini mengadaptasi model
pengembangan ADDIE, yaitu model pengembangan yang terdiri dari lima tahapan
yang terdiri dari (1) Analysis
(analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi) dan (5) Evaluating (evaluasi). Namun dalam
penelitian ini hanya sampai tahap implementasi saja. Karena penelitian
pengembangan ini hanya difokuskan untuk mengukur kelayakan media pembelajaran,
tidak sampai membahas pengaruhnya terhadap prestasi belajar.
Produk media pembelajaran menulis puisi tersebut
dikonsultasikan pada ahli materi dan ahli media untuk dilakukan uji coba
produk. Desain uji coba menggunakan desain uji coba berupa saran, komentar, dan
masukan yang dapat digunakan untuk melakukan analisis dan revisi terhadap media
pembelajaran yang dikembangkan.
Uji coba produk dilakukan melalui tahap
konsultasi, tahap tanggapan dan penilaian, tahap uji coba kelompok kecil. Siswa
yang dijadikan subjek dalam uji coba produk pengembangan media pembelajaran ini
adalah siswa kelas VII/A MTS Negeri Umbulsari. Alasan peneliti memilih subjek
ujicoba kepada siswa kelas VII A, karena kelas tersebut bersedia untuk menjadi
subjek penelitian dan disetujui oleh kepala sekolah MTS Negeri Umbulsari.
Data yang diiharapkan pengembang berupa
data verbal dan data numerik. data kualitatif diperoleh dari saran, komentar
dan masukan dari validator yang dimasukkan ke dalam tabel komentar. Data
kuantitatif diperoleh dari hasil uji ahli media, uji ahli materi, uji ahli
praktisi atau guru, dan uji kelompok kecil siswa yang berupa angket. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner
(Angket). Data yang telah
terkumpul, dianalisis untuk mengetahui penilaian dan pendapat dari produk media
pembelajaran menulis puisi menggunakan Macromedia
Flash yang dihasilkan. data angket dari para ahli yang diperoleh saat
validasi serta angket guru dan siswa dianalisis dengan menggunakan rumus
sebagai berikut. Rumus untuk mengolah data per item:
Keterangan:
P = Persentase
X = Jawaban responden dalam satu item
Xi = Nilai ideal dalam satu item
100% = Konstanta
|
Keterangan:
P = Persentase
X = Jumlah keseluruhan jawaban responden dalam
seluruh item
Xi = Jumlah keseluruhan nilai ideal dalam satu item
100% = Konstanta
PEMBAHASAN
Penyajian Data
Uji Coba
Penyajian
data uji coba ini akan memaparkan hasil produk yang telah dikembangkan. Produk
penelitian ini adalah terciptanya media pembelajaran menulis puisi. Media
pembelajaran menulis puisi ini di dominasi animasi teks, suara, tombol dan design background media pembelajaran
berbasis vector yang dibuat dengan
program Macromedia Flash 8. Media
pembelajaran menulis puisi menggunakan Macromedia
flash 8 ini dapat di publish ke dalam file HTML, swf.
Proses
pengembangan media pembelajaran menulis puisi ini menggunakan bantuan program Macromedia Flash 8, dan produk akhir
media pembelajaran menulis puisi yang telah dibuat menggunakan program Macromedia Flash 8 disimpan dalam file ekstensi (.exe) yang
bertujuan agar program media pembelajaran dapat dijalanakan dikomputer manapun
tanpa menginstal master Macromedia
Flash 8.
Analisis
Data
Berdasarkan
penilaian oleh Ahli media Bapak Rohmad Wahid R. M.Pd terhadap media
pembelajaran menulis puisi dalam setiap indikator mendapat nilai 4 yang berarti
sangat sesuia. Apabila dihitung dengan presentase, media pembelajaran menulis
puisi mendapat nilai total 60 dari total 15 Indikator sehingga nilai presentase
media adalah 100% yang dapat diputuskan media pembelajaran menulis puisi
implementasi.
Berdasarkan
penilaian oleh Ahli materi Ibu Yerry Mijianti, M.Pd terhadap media pembelajaran
menulis puisi mendapat nilai 4 untuk 13 indikator yang dapat dikatakan sangat
sesuai dan nilai 3 untuk 2 indikator
yang dapat dikatakan sesuai. Apabila dihitung dengan presentase, media
pembelajaran menulis puisi mendapat nilai total 58 dari total 15 Indikator
sehingga nilai presentase media adalah 96,6% yang dapat diputuskan media
pembelajaran menulis puisi implementasi.
Berdasarkan
penilaian oleh Praktisi Ibu Iva Aminatuz Zuhriyah, S.Pd terhadap media
pembelajaran menulis puisi mendapat nilai 4 untuk 21 indikator yang dapat
dikatakan sangat sesuai dan nilai 3 untuk 2 indikator yang dapat dikatakan
sesuia sesuia. Apabila dihitung dengan presentase, media pembelajaran menulis
puisi mendapat nilai total 90 dari total 23 Indikator sehingga nilai presentase
media adalah 97,8% yang dapat diputuskan media pembelajaran menulis puisi
implementasi.
Berdasarkan
hasil uji coba kepada 37 siswa MTS Negeri Umbulsari dapat diketahui bahwa
seluruh indikator mendapat “Respon Positif” dengan perolehan ≥ 70%. Apabila
dihitung dengan nilai keseluruhan total nilai keseluruhan yaitu 2181 dan
mendapat rata-rata 3.4 sehingga presentase hasil uji coba media pembelajaran
menulis puisi kepada siswa MTS Negeri Umbulsari dengan nilai total adalah 85%
dan dapat diputuskan bahwa media pembelajaran menulis puisi sangat layak
digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Revisi
Pada
validasi ahli media, media pembelajaran menulis puisi ini tidak didapat revisi
karena media tersebut sudah memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran.
Hanya saja ahli media berkomentar bahwa “tidak
ada latihan soal pilihan ganda untuk lebih interaktif”. Pada komentar
tersebut pengembang tidak diharapkan untuk merevisi karena komentar tersebut
dapat digunukan untuk focus pengembangan bagi peneliti selanjutnya. Sehingga
pada media pembelajaran menulis puisi ini bisa dikatakan sudah sangat layak
digunakan sebagai media pembelajaran didalam kegiatan belajar mengajar di kelas
khususnya pada pembelajaran menulis puisi.
Pada
validasi ahli materi, media pembelajaran menulis puisi ini mendapat revisi pada
bagian contoh dan bagian latihan sesuai dengan komentar yang didapat pengembang
oleh ahli materi yaitu: (1) “pada contoh
sebaiknya nama pengarang puisi perlu dicantumkan”, (2) “ pada latihan menulis/ memilih tema puisi
untuk gambar berjudul ‘hutan’ sebaiknya diganti ‘danau’ karena gambar lebih
focus ke pemandangan danau”.
Pada
validasi praktisi media pembelajaran menulis puisi ini tidak mendapat revisi.
Sebab media pembelajaran menulis puisi ini sudah memenuhi kelayakan sebagai
media pebelajaran. Adapun komentar praktisi terhadap media mebelajaran ini
adalah “Media yang sangat menarik, interaktif
dan dapat menambah imajinasi siswa dalam menulis puisi”. Sehingga media
pembelajaran menulis puisi ini dapat digumakan dalam pembelajaran bahasa
Indonesia khususnya pembelajaran menulis puisi.
Pada
uji coba media pembelajaran menulis puisi terhadap siswa, pengembang tidak
mendapat revisi. sebab media pembelajaran menulis puisi ini medapat respon
positif. Oleh sebab itu media pembelajaran menulis puisi ini dikatakan sangat
layak.
KESIMPULAN
Produk
yang telah direvisi dari penelitian ini berupa produk akhir dari penelitian
pengembangan ini. Produk akhir ini adalah media pembelajaran menulis puisi yang
digunakan untuk menambah imajinasi siswa dalam menulis puisi. Materi dibuat sesuai
dengan Standar Kompetensi (SK) mengungkapkan
keindahan alam dan pengalaman melalui
kegiatan menulis kreatif puisi
dan Kompetensi Dasar (KD) menulis kreatif
puisi berkenaan dengan keindahan alam.
Media
pembelajaran menulis puisi ini disajikan dengan tampilan yang menarik dan
interaktif dengan memadukan teks dengan animasi, pemilihan warna dan gambar
yang sesuai dengan tema alam ditambah dengan nada midi yang menarik. Media
pembelajaran menulis puisi ini memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai media
pembelajaran. Kelebihan media ini sebagai berikut: (1) Media pembelajaran
menulis puisi ini merupakan media pembelajaran bahasa Indonesia khususnya
pembelajaran menulis puisi yang disajikan dalam
bentuk flash dengan pemakaian
yang cukup mudah dengan animasi-animasi yang menarik. (2) Media pembelajaran
menulis puisi ini disimpan dalam file ekstensi (.exe) yang bertujuan agar
program media pembelajaran dapat dijalanakan dikomputer manapun tanpa menginstal master Macromedia Flash 8. (3) Media pembelajaran menulis puisi ini
merupakan inovasi terbaru media pembelajaran bahasa Indonesia dengan mengunakan
Aplikasi Macromedia Flash.
Kekurangan media pembelajaran menulis
puisi ini antara lain: (1) Materi yang disajikan dalam media pembelajaran
menulis puisi ini terbatas pada materi menulis kreatif
puisi berkenaan dengan keindahan alam. (2) Kemudahan
penggunaan aplikasi sangat bergantung pada spesifikasi jenis Komputer/Laptop
dan kemahiran pengguna. (3) Media pembelajaran menulis puisi ini bisa
ditampilkan di depan kelas dengan menggunakan LCD namun kebanyakan sekolahan
masih belum memiliki LCD
DAFTAR RUJUKAN
Aminuddin, 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang: Sinar Baru.
Andriyanto, Bambang. 2010. Pembuatan Animasi Dengan Macromedia Flash 8.
(Online), (https://handriyo-tvf.dosen.isi-ska.ac.id/files/2011/10/Pembuatan-Animasi-_-Modul-10-_.pdf), diakses 20
Maret 2016.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian pendidikan. Bandung: PT REMAJA
ROSDAKARYA.
Fero, David. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Mata
Pelajaran TIK Pokok Bahasan Fungsi dan
Proses Kerja Peralatan TIK Di SMA N 2
Banguntapan. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/25503/&sa=U&ved=0ahUKEwjhlorAgvTLAhXJm4MKHSE2BQIQFggHMAA&usg=AFQjCNH0QqyLZj1pBn5TBW1qv9zhWWcuIA), diakses 21
Januari 2016.
Indrawati, Dewi dan Didik Durianto.
2008. Aktif Berbahasa Indonesia.
Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Mulyatiningsih, Endang. Tidak ada tahun.
Pengembangan Model Pembelajaran. (Online),
(https://staff.uny.ac.id/sites/default/file/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf), diakses 21
Maret 2016.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: REFERENSI
(GP Press Group).
Oktiana, Gian Dwi. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android
Dalam Bentuk Buku Saku Digital Untuk Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar
Membuat Ikhtisar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di Kelas Xi Man 1 Yogyakarta
Tahun Ajaran 2014/201.
Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/21128/1/SKRIPSI%20FULL%20GIAN%20DWI%20(11403241023).pdf), diakses 20
Maret 2016.
Rahmadi. (Tidak Ada Tahun). Modul pembuatan media pembelajaran Menggunakan
macromedia flash. (Online), (https://teknikmultimedia.files.wordpress.com/2013/08/modul-pembuatan-media-pembelajaran-menggunakan-macromedia-flash-8.pdf), diakses 20
Maret 2016.
Sukmadinata, Syaodih Nana. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
PT REMAJA ROSDAKARYA.
Suyanto. 2013. Mengarang Dan Mengapresiasi Puisi. Surakarta: Yuma Pustaka.
No comments:
Post a Comment