Tuesday, August 9, 2016

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH





PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH SISWA KELAS VII / A
MTS NEGERI UMBULSARI

Muhammad Pandu Syrarifuddin
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangkan dan kelayakan media pembelajaran menggunakan macromedia flash dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII/A di MTS Negeri  Umbulsari. Penelitian ini mengadaptasi dari model penelitian ADDIE. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementasi. Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data verbal dan data numerik. Berdasarkan hasil pengembangan dan kelayakan dari media pembelajaran menulis puisi ini, maka dapat diketahui bahwa hasil yang didapat sangat valid dan efektif, artinya memenuhi kriteria yang ditentukan yaitu diatas 70%, artinya media pembelajaran menulis puisi yang dihasilkan layak untuk digunakan.

PENDAHULUAN
Pembelajaran yang menarik, efektif, dan efisien membutuhkan suatu media yang menuntut seorang pendidik untuk berkreasi dalam menyusun media yang menarik, inovatif, variatif, kontekstual serta sesuai dengan tingkat kebutuhan peserta didik. Hal ini kegiatan pembelajaran akan menyenangkan dan pastinya berjalan efektif.
Pengembangan media pembelajaran Macromedia Flash ini bertujuan agar dapat menciptakan media pembelajaran baru yang bersifat interaktif di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini mengacu pada media yang selama ini di gunakan pendidik dalam proses pembelajaran masih menggunakan buku dan media pembelajaran yang menggunakan power point yang masih kurang dalam menunjang prestasi peserta didik. Diharapkan dengan media pembelajaran Macromedia Flash ini dapat meningkatkan daya tarik siswa dalam mengikuti pembelajaran dan juga dapat menunjang prestasi peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran menulis puisi pada kelas  VII.
Berdasarkan permasalahan-permasalahan di atas maka sangat  penting untuk melakukan penelitian tentang “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Macromedia Flash Siswa Kelas VII MTS Negeri  Umbulsari”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangkan dan kelayakan media pembelajaran menggunakan macromedia flash dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII/A di MTS Negeri  Umbulsari.

METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research And Development). Pengembangan yang dimaksud adalah “media pembelajaran menulis puisi menggunakan Macromedia Flash”. Model yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model penelitian ADDIE. Peneliti memilih model ini karena model ADDIE merupakan model yang ringkas, mudah dipahami dan juga sesuai dengan produk yang dikembangkan oleh peneliti yaitu media pembelajaran.
Prosedur  penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE, yaitu model pengembangan yang terdiri dari lima tahapan yang terdiri dari (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi) dan (5) Evaluating (evaluasi). Namun dalam penelitian ini hanya sampai tahap implementasi saja. Karena penelitian pengembangan ini hanya difokuskan untuk mengukur kelayakan media pembelajaran, tidak sampai membahas pengaruhnya terhadap prestasi belajar.
Produk media pembelajaran menulis puisi tersebut dikonsultasikan pada ahli materi dan ahli media untuk dilakukan uji coba produk. Desain uji coba menggunakan desain uji coba berupa saran, komentar, dan masukan yang dapat digunakan untuk melakukan analisis dan revisi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.
Uji coba produk dilakukan melalui tahap konsultasi, tahap tanggapan dan penilaian, tahap uji coba kelompok kecil. Siswa yang dijadikan subjek dalam uji coba produk pengembangan media pembelajaran ini adalah siswa kelas VII/A MTS Negeri Umbulsari. Alasan peneliti memilih subjek ujicoba kepada siswa kelas VII A, karena kelas tersebut bersedia untuk menjadi subjek penelitian dan disetujui oleh kepala sekolah MTS Negeri Umbulsari.
Data yang diiharapkan pengembang berupa data verbal dan data numerik. data kualitatif diperoleh dari saran, komentar dan masukan dari validator yang dimasukkan ke dalam tabel komentar. Data kuantitatif diperoleh dari hasil uji ahli media, uji ahli materi, uji ahli praktisi atau guru, dan uji kelompok kecil siswa yang berupa angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner (Angket). Data yang telah terkumpul, dianalisis untuk mengetahui penilaian dan pendapat dari produk media pembelajaran menulis puisi menggunakan Macromedia Flash yang dihasilkan. data angket dari para ahli yang diperoleh saat validasi serta angket guru dan siswa dianalisis dengan menggunakan rumus sebagai berikut. Rumus untuk mengolah data per item:
 



Keterangan:
P      = Persentase
X     = Jawaban responden dalam satu item
Xi    = Nilai ideal dalam satu item
100%   = Konstanta

P =      X         X  100%
             Xi
 
Rumus untuk mengolah data secara keseluruhan:


 



Keterangan:
P                  = Persentase
X                 = Jumlah keseluruhan jawaban responden dalam
                       seluruh item
Xi                = Jumlah keseluruhan nilai ideal dalam satu item
100%           = Konstanta
PEMBAHASAN
Penyajian Data Uji Coba

Penyajian data uji coba ini akan memaparkan hasil produk yang telah dikembangkan. Produk penelitian ini adalah terciptanya media pembelajaran menulis puisi. Media pembelajaran menulis puisi ini di dominasi animasi teks, suara, tombol dan design background media pembelajaran berbasis vector yang dibuat dengan program Macromedia Flash 8. Media pembelajaran menulis puisi menggunakan Macromedia flash 8  ini dapat di publish ke dalam file HTML, swf.
Proses pengembangan media pembelajaran menulis puisi ini menggunakan bantuan program Macromedia Flash 8, dan produk akhir media pembelajaran menulis puisi yang telah dibuat menggunakan program Macromedia Flash 8  disimpan dalam file ekstensi (.exe) yang bertujuan agar program media pembelajaran dapat dijalanakan dikomputer manapun tanpa  menginstal  master Macromedia Flash 8.

Analisis Data
Berdasarkan penilaian oleh Ahli media Bapak Rohmad Wahid R. M.Pd terhadap media pembelajaran menulis puisi dalam setiap indikator mendapat nilai 4 yang berarti sangat sesuia. Apabila dihitung dengan presentase, media pembelajaran menulis puisi mendapat nilai total 60 dari total 15 Indikator sehingga nilai presentase media adalah 100% yang dapat diputuskan media pembelajaran menulis puisi implementasi.
Berdasarkan penilaian oleh Ahli materi Ibu Yerry Mijianti, M.Pd terhadap media pembelajaran menulis puisi mendapat nilai 4 untuk 13 indikator yang dapat dikatakan sangat sesuai dan nilai 3  untuk 2 indikator yang dapat dikatakan sesuai. Apabila dihitung dengan presentase, media pembelajaran menulis puisi mendapat nilai total 58 dari total 15 Indikator sehingga nilai presentase media adalah 96,6% yang dapat diputuskan media pembelajaran menulis puisi implementasi.
Berdasarkan penilaian oleh Praktisi Ibu Iva Aminatuz Zuhriyah, S.Pd terhadap media pembelajaran menulis puisi mendapat nilai 4 untuk 21 indikator yang dapat dikatakan sangat sesuai dan nilai 3 untuk 2 indikator yang dapat dikatakan sesuia sesuia. Apabila dihitung dengan presentase, media pembelajaran menulis puisi mendapat nilai total 90 dari total 23 Indikator sehingga nilai presentase media adalah 97,8% yang dapat diputuskan media pembelajaran menulis puisi implementasi.
Berdasarkan hasil uji coba kepada 37 siswa MTS Negeri Umbulsari dapat diketahui bahwa seluruh indikator mendapat “Respon Positif” dengan perolehan ≥ 70%. Apabila dihitung dengan nilai keseluruhan total nilai keseluruhan yaitu 2181 dan mendapat rata-rata 3.4 sehingga presentase hasil uji coba media pembelajaran menulis puisi kepada siswa MTS Negeri Umbulsari dengan nilai total adalah 85% dan dapat diputuskan bahwa media pembelajaran menulis puisi sangat layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Revisi
Pada validasi ahli media, media pembelajaran menulis puisi ini tidak didapat revisi karena media tersebut sudah memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran. Hanya saja ahli media berkomentar bahwa “tidak ada latihan soal pilihan ganda untuk lebih interaktif”. Pada komentar tersebut pengembang tidak diharapkan untuk merevisi karena komentar tersebut dapat digunukan untuk focus pengembangan bagi peneliti selanjutnya. Sehingga pada media pembelajaran menulis puisi ini bisa dikatakan sudah sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran didalam kegiatan belajar mengajar di kelas khususnya pada pembelajaran menulis puisi.
Pada validasi ahli materi, media pembelajaran menulis puisi ini mendapat revisi pada bagian contoh dan bagian latihan sesuai dengan komentar yang didapat pengembang oleh ahli materi yaitu: (1) “pada contoh sebaiknya nama pengarang puisi perlu dicantumkan”, (2) “ pada latihan menulis/ memilih tema puisi untuk gambar berjudul ‘hutan’ sebaiknya diganti ‘danau’ karena gambar lebih focus ke pemandangan danau”.
Pada validasi praktisi media pembelajaran menulis puisi ini tidak mendapat revisi. Sebab media pembelajaran menulis puisi ini sudah memenuhi kelayakan sebagai media pebelajaran. Adapun komentar praktisi terhadap media mebelajaran ini adalah “Media yang sangat menarik, interaktif dan dapat menambah imajinasi siswa dalam menulis puisi”. Sehingga media pembelajaran menulis puisi ini dapat digumakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pembelajaran menulis puisi.
Pada uji coba media pembelajaran menulis puisi terhadap siswa, pengembang tidak mendapat revisi. sebab media pembelajaran menulis puisi ini medapat respon positif. Oleh sebab itu media pembelajaran menulis puisi ini dikatakan sangat layak.



KESIMPULAN
Produk yang telah direvisi dari penelitian ini berupa produk akhir dari penelitian pengembangan ini. Produk akhir ini adalah media pembelajaran menulis puisi yang digunakan untuk menambah imajinasi siswa dalam menulis puisi. Materi dibuat sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui  kegiatan  menulis kreatif puisi dan Kompetensi Dasar (KD) menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam.
Media pembelajaran menulis puisi ini disajikan dengan tampilan yang menarik dan interaktif dengan memadukan teks dengan animasi, pemilihan warna dan gambar yang sesuai dengan tema alam ditambah dengan nada midi yang menarik. Media pembelajaran menulis puisi ini memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai media pembelajaran. Kelebihan media ini sebagai berikut: (1) Media pembelajaran menulis puisi ini merupakan media pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pembelajaran menulis puisi yang disajikan dalam  bentuk flash dengan pemakaian yang cukup mudah dengan animasi-animasi yang menarik. (2) Media pembelajaran menulis puisi ini disimpan dalam file ekstensi (.exe) yang bertujuan agar program media pembelajaran dapat dijalanakan dikomputer manapun tanpa  menginstal master Macromedia Flash 8. (3) Media pembelajaran menulis puisi ini merupakan inovasi terbaru media pembelajaran bahasa Indonesia dengan mengunakan Aplikasi Macromedia Flash.
Kekurangan media pembelajaran menulis puisi ini antara lain: (1) Materi yang disajikan dalam media pembelajaran menulis puisi ini terbatas pada materi menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam. (2) Kemudahan penggunaan aplikasi sangat bergantung pada spesifikasi jenis Komputer/Laptop dan kemahiran pengguna. (3) Media pembelajaran menulis puisi ini bisa ditampilkan di depan kelas dengan menggunakan LCD namun kebanyakan sekolahan masih belum memiliki LCD










DAFTAR RUJUKAN

Aminuddin, 1987. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang: Sinar Baru.

Andriyanto, Bambang. 2010. Pembuatan Animasi Dengan Macromedia Flash 8. (Online), (https://handriyo-tvf.dosen.isi-ska.ac.id/files/2011/10/Pembuatan-Animasi-_-Modul-10-_.pdf), diakses 20 Maret 2016.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Fero, David. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Mata Pelajaran TIK  Pokok Bahasan Fungsi dan Proses Kerja Peralatan TIK  Di SMA N 2 Banguntapan. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/25503/&sa=U&ved=0ahUKEwjhlorAgvTLAhXJm4MKHSE2BQIQFggHMAA&usg=AFQjCNH0QqyLZj1pBn5TBW1qv9zhWWcuIA), diakses 21 Januari 2016.

Indrawati, Dewi dan Didik Durianto. 2008. Aktif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyatiningsih, Endang. Tidak ada tahun. Pengembangan Model Pembelajaran. (Online), (https://staff.uny.ac.id/sites/default/file/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf), diakses 21 Maret 2016.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: REFERENSI (GP Press Group).

Oktiana, Gian Dwi. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dalam Bentuk Buku Saku Digital Untuk Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Membuat Ikhtisar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di Kelas Xi Man 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/201. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/21128/1/SKRIPSI%20FULL%20GIAN%20DWI%20(11403241023).pdf), diakses 20 Maret 2016.

Rahmadi. (Tidak Ada Tahun). Modul pembuatan media pembelajaran Menggunakan macromedia flash. (Online), (https://teknikmultimedia.files.wordpress.com/2013/08/modul-pembuatan-media-pembelajaran-menggunakan-macromedia-flash-8.pdf), diakses 20 Maret 2016.

Sukmadinata, Syaodih Nana. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Suyanto. 2013. Mengarang Dan Mengapresiasi Puisi. Surakarta: Yuma Pustaka.

                                            



No comments:

Post a Comment