Tuesday, August 9, 2016

Korelasi antara Pengetahuan Surat Menyurat dengan Keterampilan Menulis Surat Resmi



Korelasi antara Pengetahuan Surat Menyurat dengan Keterampilan Menulis Surat Resmi Kelas VIII SMP Negeri 1 Melaya Tahun Pelajaran 2015/2016
Nurci Aprilia
Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jember


ABSTRAK
Kata kunci :Hubungan, Pengetahuan Surat, Menulis Surat Resmi
Pengetahuan Surat  merupakan sama dengan kegiatan menulis lainya yang memerlukan pengetahuan tentang surat menyurat. Agar dapat menulis surat dengan baik maka perlu latihan dan pemahaman yang cukup mengenai surat menyurat. . Menulis kepada orang lain. Penulis surat harus dapat menghasilkan tulisan yang dapat di pahami oleh pembaca surat. Antara penulis dan pembaca surat harus mempunyai kesamaan pemahaman tentang isi surat tersebut.
Sesuai dengan latar belakang yang ada, maka pokok kajian yang dibahas sebagai berikut: (1) Bagaimanakah pengetahuan surat-menyurat pada siswa kelas VIII di SMP  Negeri 1 Melaya. (2) Bagaimanakah keterampilan menulis surat resmi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya. (3) Bagaimanakah korelasi antara pengetahuan tentang surat menyurat dengan  keterampilan menulis surat resmi kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya.
Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan  pengetahuan surat-menyurat pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya. (2) mendeskripsikan  keterampilan menulis surat resmi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya. (3) mendeskripsikan korelasi antara pengetahuan tentang surat menyurat dengan keterampilan menulis surat resmi kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya.
Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Pengambilan data berupa hasil tes pengetahuan surat menyurat dan menulis surat resmi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya. Intrumen pengumpulan data menggunakan tes dengan teknik pengumpulan data berupa tes. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara pengetahuan surat menyurat dengan menulis surat resmi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya. Analisis data menggunakan Product Moment .
Hasil analisis data yang telah dikerjakan menunjukan bahwa (1) pengetahuan surat menyurat siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya berkategori sedang. (2) keterampilan menulis surat siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya berkategori cukup. (3) korelasi antara pengetahuan surat menyurat dengan keterampilan menulis surat siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya memiliki hubungan yang positif.





ABSTRACT


Aprilia, Nurci 2016. Correlation between Knowledge Correspondence with the Official Letter Writing Skills Student Class VIII SMP Negeri 1 Melaya Pelajarn year 2015/2016. Thesis Program Indonesian Language and Literature Education. The Faculty of Education, University of Muhammadiyah Jember. Supervisor (1) Agus Milu Susetyo, M.Pd and (2) Dina Merdeka C, M.Pd

Keywords: Correlation, Science Letters, Official Letter Writing

Letter knowledge is the same with other writing activities that require knowledge of the correspondence. In order to write a letter to both the need to exercise and sufficient understanding of the correspondence . Writing to others. The letter writer should be able to produce writing that can be understood by readers of the letter. Letters between the author and the reader must have a common understanding of the contents of the letter.
In accordance with the existing background, the principal study are discussed as follows: (1) How does a knowledge of correspondence students of class VIII SMP Negeri 1 Melaya, (2) How does the skill to write a formal letter to the students of class VIII SMP Negeri 1 Melaya , (3) What is the correlation between the knowledge of the correspondence with the skills to write a formal letter grade VIII SMP Negeri 1 Melaya.
The purpose of this study (1) describe the knowledge of the correspondence in class VIII SMP Negeri 1 Melaya, (2) describe the skills to write a formal letter to the students of class VIII SMP Negeri 1 Melaya, (3) describe the correlation between the knowledge of the correspondence with the formal letter writing skills in class VIII SMP Negeri 1 Melaya.
This study uses a type of quantitative correlation. Date retrieval of test results showing knowledge of the correspondence and official business class VIII SMP Negeri 1 Melaya. Date collection instrument using tests with data collection in the form of tests. The research hypothesis is that there is a positive relationship between knowledge correspondence by writing an official letter eighth grade students at SMP Negeri 1 Melaya. Date analysis using Product Moment.
The results of data analysis that has been done shows that (1) the knowledge correspondence eighth grade students at SMP Negeri 1 Melaya category being. (2) the skill of writing letters eighth grade students at SMP Negeri 1 Melaya categorized enough. (3) the correlation between the knowledge of the correspondence with the skill of writing letters eighth grade students at SMP Negeri 1 Melaya have a positive relationship.








1.    PENDAHULUAN

Bahasa merupakan alat komunikasi yang diperlukan oleh manusia atau penutur. Melalui bahasa, seseorang dapat menyampaikan gagasan, pendapat, berita, perasaan, keinginan dan harapan kepada orang lain. Pendapat tersebut diperkuat, Menurut Chaer, (2006:1), bahwa bahasa adalah suatu sistem lambang berupa bunyi, bersifat arbitrer, digunakan oleh suatu masyarakat tutur untuk bekerja sama, berkomunikasi dan mengidentifikasi diri. Sebagai sebuah sistem, maka bahasa terbentuk oleh suatu aturan, kaidah, atau pola-pola tertentu, baik dalam bidang tata bunyi, tata bentuk kata, maupun tata kalimat.Bila aturan, kaidah, atau pola ini dilanggar, maka komunikasi dapat terganggu.
Jika seseorang dapat berbahasa dengan baik, orang tersebut dapat dikatakan terampil menggunakan bahasa.Keterampilan berbahasa terdiri dari keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan yang terakhir keterampilan menulis.Setiap keterampilan itu berhubungan erat dengan keterampilan lainnya.Setiap orang melalui tahap keterampilan tersebut dengan teratur.Pertama belajar menyimak, berbicara, kemudian membaca dan terakhir menulis.Bahasa seseorang mencerminkan pikirannya.Semakin melatih keterampilan berbahasa melatih pula keterampilan menulis.Surat menyurat merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Kegiatan ini dapat dilakukan antara satu orang dengan orang lain dan dapat juga seseorang dengan instansi atau instansi dengan lembaga. Surat menyurat juga merupakan kegiatan yang penting dalam masyarakat saat ini. Akan tetapi, dalam kegiatan surat menyurat sekarang ini masih banyak siswa yang kurang memahami dan menuai kesulitan dalam membuat surat. Kesulitan yang dialami oleh pemakai saat ini ditemukan dalam penggunaan aturan surat menyurat yang umum, baik dari segi bahasa maupun bentuknya.
Kegiatan menulis surat merupakan manifestasi dan teori surat menyurat yang menjadi modal dasar dalam kegiatan praktik menulis surat. Hal ini dapat dikatakan antara praktik menulis surat dan teori surat menyurat saling melengkapi, sebab dengan mengenalkan teori surat menyurat akan membantu siswa untuk memudahkannya dalam menyusun kerangka surat dengan baik. Penguasaan pengetahuan surat menyurat yang memadai memungkinkan seseorang dapat menulis dengan baik.
Untuk menghasilkan sebuah surat yang baik, siswa tidak hanya cukup dengan bermodalkan penampilan surat yang menarik, tetapi siswa harus menguasai beberapa kaidah yang mengatur dalam penulisan surat. Apabila siswa tidak menguasai kaidah dalam penulisan surat, maka siswa akan mengalami kesulitan dalam menyampaikan maksud dari isi surat, sehingga surat yang dikirim tidak mendapat jawaban seperti yang di harapkan.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas judul penelitian ini adalah “Korelasi antara Pengetahuan tentang Surat Menyurat dengan Keterampilan Menulis Surat Resmi Pada Siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya Tahun Pelajaran 2015/2016”.




2.    METODE PENELITIAN
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Lokasi penelitian adalah  di SMP Negeri 1 Melaya Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana Provinsi Bali.Populasi penelitian adalah seleuruh kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya. Sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling. Pengumpulan data adalah wawancara dan tes. Intrumen adalah lembar penugasan dan rubrik penilaian. Analisis data adalah  korelasi pearson product moment.

3.    HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1    Pengetahuan Surat
Berdasarkan deskripsi data pengetahuan surat menyurat diperoleh melalui hasil tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal dengan jumlah siswa 30. Berdasarkan hasil tes pengetahuan surat menyurat diperoleh skor tertinggi 7 dan skor terendah 5. Siswa yang mendapatkan nilai 7 dengan kategori cukup 5 siswa, siswa yang mendapatkan nilai 6 dengan kategori sedang 23 siswa, dan siswa yang mendapatkan nilai 5 dengan kategori hampir sedang 2 siswa.
Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui bahwa siswa yang mempunyai kemampuan pengetahuan surat menyurat semua berada pada kategori sedang.
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan pengetahuan surat menyurat  siswa berada pada kategori sedang . Faktor pengetahuan surat menyurat memegang peranan penting dan mempunyai korelasi dengan kemampuan menulis surat resmi. Kemampuan surat menyurat dapat ditingkatkan jika siswa selalu giat dalam belajar, terutama membaca materi yang berkaitan dengan materi yang telah diberikan.
3.2    Keterampilan Menulis Surat Resmi
Berdasarkan data keterampilan menulis surat resmi diperoleh melalui hasil tes menulis surat resmi dengan diperoleh skor tertinggi sebesar 9 dan skor terendah 7. Hasil analisis skor, rata-rata keterampilan menulis surat resmi sebesar 75. Siswa yang mendapatkan nilai 9 dengan kategori baik sekali 1 siswa, siswa yang mendapatkan nilai 8 dengan kategori baik 8 siswa, dan siswa yang mendapatkan nilai 7 dengan kategori cukup 16 siswa.
Berdasarkan tabel tersebut, dapat diketahui bahwa siswa yang mempunyai kemampuan menulis surat resmi semua berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan keterampilan menulis surat resmi berada dikategori cukup.
3.3    Hubungan antara Pengetahuan Surat Menyurat dengan Keterampilan Menulis Surat Resmi
Berdasarkan hasil analisis data terbukti ada korelasi yang positif dan signifikasi antara pengetahuan surat menyurat dengan keterampilan menulis surat resmi siswa. Hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,83 pada taraf signifikasi 5% yaitu 0,361 dari hasil perhitungan data tersebut terlihat r hitung > r tabel, yaitu 0,83 > 0,361. Artinya, jika r hitung > r tabel maka terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara pengetahuan surat menyurat dan keterampilan menulis surat resmi pada taraf signifikasi 5% dan kualifikasi kedua variabel termasuk kategori sangat tinggi karena antara 0,81 sampai dengan 1,00. Hal ini berarti hasil penelitian sesuai dengan hipotesis yang berbunyi :
 “Ada Hubungan antara pengetahuan surat menyurat dengan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya”.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa ada korelasi yang positif antara pengetahuan surat menyurat dengan keterampilan menulis surat resmi pada siswa, dengan semakin tinggi  pengetahuan surat menyurat makan semakin tinggi pula  tingkat keterampilan menulis surat resmi.
Adanya korelasi positif antara pengatahuan surat menyurat dengan keterampilan menulis surat resmi pada siswa dapat diterima, karena pengetahuan terhadap surat menyurat termasuk dalam teori kegiatan menulis surat resmi dan sebagai kegiatan praktis menulis surat. Sudah sepantasnya jika korelasi itu muncul antara kedua variabel tersebut. Kegiatan praktis menulis surat merupakan manisfestasi dari teori pengetahuan surat menyurat yang menjadi modal dasar dalam kegiatan praktis menulis surat resmi. Hal ini dapat dikatakan praktis menulis surat dan teori surat menyurat itu saling melengkapi, sebab dengan mengenalkan teori  surat menyurat itu saling melengkapi, sebab dengan mengenalkan teori surat menyurat akan membantu siswa untuk memudahkan dalam menyusun kerangka surat dengan baik. Pengetahuan surat menyurat yang memadai memungkinkan seseorang dapat menulis dengan baik.

4.    KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian tedapat tiga kesimpulan. Pertama pengetahuan surat menyurat siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya termasuk dalam kategori sedang, dalam mengajar materi yang digunakan fungsional, menggunakan buku-buku yang akurat, dan latihan cukup. Siswa yang memperoleh nilai berkategori cukup yang tingkat penguasaannya antara 66 sampai dengan 75 sebanyak 5 siswa, siswa yang memperoleh nilai berkategori sedang yang tingkat penguasaannya antara 56 sampai dengan 66 sebanyak 23 siswa, dan siswa yang memperoleh nilai berkategori hampir sedang yang tingkat penguasaanya antara 46 sampai dengan 55 sebanyak 2 siswa
48
Kedua Tingkat keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Melaya berada dikategori cukup dengan rata-rata 75. Siswa yang memperoleh nilai berkategori baik sekali yang tingkat penguasaannya antara 86 sampai dengan 94 sebanyak 1 siswa, siswa yang memperoleh nilai berkategori baik yang tingkat penguasaannya antara 76 sampai dengan 85 sebanyak 13 siswa, dan siswa yang memperoleh nilai berkategori cukup yang tingkat penguasaanya antara 66 sampai dengan 75 sebanyak 16 siswa.Dalam penelitian ini kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan kegiatan latihan menulis dengan frekuensi cukup. Selain itu juga dapat dilakukan  belajar yang membuat siswa kreatif dalam menulis surat dengan cara memberikan contoh surat yang baik. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat menjadi lebih meningkat kompetensi menulis surat.
Ketiga  Ada korelasi antara pengetahuan surat menyurat dengan keterampilan menulis surat resmi siswa dengan koefisien korelasi 0,83. Apabila hasil tersebut diinterprestasikan dengan tabel interpretasi nilai r dalam rentang angka antara 0,81 sampai dengan 1,00, yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa ada korelasi antara pengetahuan surat menyurat dengan keterampilan menulis surat resmi siswa kelas VIII  di SMP Negeri 1Melaya.


5.    Ungkapan Terima Kasih
1.    Drs. H.M. Zaki Hasan, M.Si, Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Jember.
2.    Yerry Mijianti, S.S., M.Pd, Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
3.    Bapak Agus Milu Susetyo, M.Pd selaku pembimbing I, dan  Ibu Dina Merdeka C, M.Pd selaku pembimbing II, terima kasih telah sabar memberikan bimbingan  dan petujuk, serta meluangkan waktunya  dalam penyusunan skripsi ini.
4.    Semua dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
5.    Staf Pengajaran FKIP Universitas Muhammadiyah Jember
6.    Ayahanda Zuhri dan Ibunda Siti Suciani yang  dengan penuh kesabaran dan keiklasan selalu membisikan namaku  dalam untaian doa-doanya, serta memberikan kasih sayang, dukungan moral maupun material, dan pengorbanan yang begitu besar untuk kesuksesanku.
7.    Kakak-kakakku Yuni husnita dewi ,Agus Sapturi dan Adek-adekku Roski Fitriani, Okta Brian Awaludin peneliti yang telah memberikan semangat dan doa dalam penyusunan skripsi ini.
8.    Ricky Prasojo terima kasih  telah memberikan motivasi dan kesabaran saat menasehati, sehingga peneliti  dapat menyelesaikan skripsi ini.
9.    Teman-teman kelas B Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  angkatan 2012, terim kasih selalu membuatku tersenyum setiap saat dan segala dukungan  serta semangat yang kalian berikan, akan selalu peneli ingat kebersamaan yang selalu membantuku untuk dapat maju berkembang lebih baik.

6.    Referensi
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hardjono, Dewibertha. 2007.             Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa.  Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Nugiantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Soedjito. 2014. Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : CV Alfabeta.
.               ,2010. Statistik untuk Penelitian.Bandung : CV Alfabeta.
Suryani, Nanik. 2014. Korespondensi Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Triyatna, Slamet. 2014. Korespodensi Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Mediatera.

No comments:

Post a Comment