Konsep Menulis dan Prosesya
Pengertian Menulis
Menulis adalah kegiatan menyusun serta merangkaikan
kalimat sedemikian rupa agar pesan, informasi, serta maksud yang terkandung
dalam pikiran, gagasan, dan pendapat penulis dapat disampaikan dengan baik.
Untukk itu, setiap kalimat harus disusun sesuai dengan kaidah-kaidah gramatika
sehingga mampu mendukung pengertian yang baik. Menulis merupakan suatu kegiatan
produktif dan ekspresif.
Menulis juga merupakan sebuah proses kreatif menuangkan
gagasan dalam bentuk bahasa tulis (Dalman,2015:3).Menurut Suparno (2008 :13) menulis merupakan suatu kegiatan
penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat
atau medianya.Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa menulis
adalah proses penyampaian pikiran, angan-angan, perasaan dalam bentuk lambang,
tanda, tulisan yang bermakna.
Proses Menulis
Menurut Hardjono (2007:123), menulis harus melalui tiga tahap
proses penulisan sebagai berikut.
1)
Tahap
pramenulis dilakukan persiapan, terutama menyanggkut materi tulisan.
2)
Tahap
penulisan dilakukan kegiatan menuangkan ide ke dalam tulisan tanpa kekhawatiran
tentang hal-hal seperti tata bahasa, ejaan dan sebagainya.
3)
|
Keterampilan menulis merupakan kegiatan yang sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, karena menulis membutuhkan latihan yang terus menerus. Akan tetapi, pada kenyataannya saat ini keterampilan menulis kurang mendapat perhatian dari masyarakat, khususnya orang tua. Mereka kurang menanamkan minat menulis dan kurang melatih anak-anak mereka agar dapat menulis dengan baik. Keterampilan menulis mempunyai berbagai macam jenis antara lain menulis karangan (mengarang), menulis cerpen, menulis puisi, dan menulis surat
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT
Remaja Rosdakarya.
Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dalma. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hardjono,
Dewibertha. 2007. Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Nugiantoro,
Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran
Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Soedjito.
2014. Surat Menyurat Resmi Bahasa
Indonesia. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :
CV Alfabeta.
. ,2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Suryani, Nanik. 2014. Korespondensi Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Triyatna,
Slamet. 2014. Korespodensi Bahasa
Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Mediatera.
No comments:
Post a Comment