Tuesday, June 21, 2016

Konsep Menulis dan Prosesya

Konsep Menulis dan Prosesya



   Pengertian Menulis
Menulis adalah kegiatan menyusun serta merangkaikan kalimat sedemikian rupa agar pesan, informasi, serta maksud yang terkandung dalam pikiran, gagasan, dan pendapat penulis dapat disampaikan dengan baik. Untukk itu, setiap kalimat harus disusun sesuai dengan kaidah-kaidah gramatika sehingga mampu mendukung pengertian yang baik. Menulis merupakan suatu kegiatan produktif dan ekspresif.
Menulis juga merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis (Dalman,2015:3).Menurut Suparno  (2008 :13) menulis merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya.Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa menulis adalah proses penyampaian pikiran, angan-angan, perasaan dalam bentuk lambang, tanda, tulisan yang bermakna.
  Proses Menulis
Menurut Hardjono (2007:123), menulis harus melalui tiga tahap proses penulisan sebagai berikut.
1)   Tahap pramenulis dilakukan persiapan, terutama menyanggkut materi tulisan.
2)   Tahap penulisan dilakukan kegiatan menuangkan ide ke dalam tulisan tanpa kekhawatiran tentang hal-hal seperti tata bahasa, ejaan dan sebagainya.
3)  
8
 
Tahap revisi dilakukan atas bagian-bagian tulisan yang dianggap perlu direvisi.

Keterampilan menulis merupakan kegiatan yang sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, karena menulis membutuhkan latihan yang terus menerus. Akan tetapi, pada kenyataannya saat ini keterampilan menulis kurang mendapat perhatian dari masyarakat, khususnya orang tua. Mereka kurang menanamkan minat menulis dan kurang melatih anak-anak mereka agar dapat menulis dengan baik. Keterampilan menulis mempunyai berbagai macam jenis antara lain menulis karangan (mengarang), menulis cerpen, menulis puisi, dan menulis surat









Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dalma. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hardjono, Dewibertha. 2007.             Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa.  Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Nugiantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Soedjito. 2014. Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV Alfabeta.
.               ,2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Suryani, Nanik. 2014. Korespondensi Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Triyatna, Slamet. 2014. Korespodensi Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Mediatera.

No comments:

Post a Comment