Tuesday, June 14, 2016

PENELITIAN EKSPERIMEN



PENELITIAN EKSPERIMEN

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXQlhhJqs94Bn4MYiId1pEdRQ08ixYvvfmBGXq65OvEr6J7Msyn1V0gNfv6KPFqf2IqHdQiEVY6h6zAR7GAMM1L_ttHtZOqo_6X-05vEfP_sJpl8DVzd1u3yzqtpKFKhmLIDC6eu_1TdU/s1600/sss.jpg
A.    Pengertian
      Menurut Yatim Riyanto (1996:28-40), penelitian eksperimen merupakan penelitian yang sistematis, logis, dan teliti didalam melakukan kontrol terhadap kondisi. Dalam pengertian lain, penelitian eksperimen adalah penelitian dengan melakukan percobaan terhadap kelompok eksperimen, kepada tiap kelompok eksperimen dikenakan perlakuan-perlakuan tertentu dengan kondisi-kondisi yang dapat di kontrol.
B.     Karakteristik
1.      Secara khas menggunakan kelompok kontrol sebagai garis dasar untuk dibandingkan dengan kelompok yang dikenai perlakuan eksperimental.
2.      Menggunakan sedikitnya dua kelompok eksperimen.
3.      Harus mempertimbangkan kesahihan ke dalam (internal validity)
4.      Harus mempertimbangkan kesahihan keluar (external validity)
C.       Tahapan dan Macam Eksperiment
1.      Eksperimentasi permulaan
2.      Rancangan Faktorial.
3.      Kelompok eksperimen dan kelompok control
4.      Validitas Eksperimen
5.      Variabel yang Terkait dengan Eksperimentasi.
6.      Rancangan Eksperimen
D.       Tujuan
     Tujuan penelitian eksperimen sungguhan adalah: untuk menyelidiki kemungkinan saling hubungan sebab-akibat. Dengan cara mengenakan kepada satu atau lebih kelompok eksperimantal satu atau lebih kondisi perilakuan yang membandingkan hasilnya dengan satu atau lebih kelompok control yang tidak di kenai kondisi perlakuan.

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLcunCVB-mClgavB4uEWIGz063HVsbO_EaiLdfbx2Zj09oHCHc4HjOoIw4P8gp1idwYhGHpA6Y7tik0PI8D-F4aqoyiFww1N_XyGpHBI8Pe7znlsH5ewW6G-4Bz3T1AOK-ajt_IF5L9IGk/s1600/science_scientificmethod.gif

E.  Contoh-Contoh :
1.      Penelitian untuk menyelidiki pengaruh dua meted mengajar sejarah pada murid-murid kelas 3 SMA sebagai fungsi ukuran kelas (besar dan kecil) dan taraf intelegensi murid (tinggi, sedang, rendah).
2.      penelitian untuk menyelidikiefek program pencegahan penyalahgunaan obat terhadap sikap murid-murid SMP, dengan mengunakan kelompok eksperimen (yang dikenalkan dengan program itu) dan dengan mengunakan rancangan pretest-posttest dimana hanya separo dari mrid-murid itu secara random menerima pretest untuk menentukan seberapa besarnya perubahan sikap itu dapat dikatakan disebabkan oleh pretesting atau oleh program pendidikan
3.      penelitian untuk menyelidiki efek pemberian tambahan makanan di sekolah kepada murid-murid SD di suatu daerah dengan memperhatikan keadaan social ekonomi orang tua dan taraf intelegensi
F.   Ciri-ciri Experimantal Designs
1.      Menuntut pengaturan variable-variabel dan kondisi-kondisi experimental secara tertib-ketat, baik dengan control atau manipulasi langsung maupun dengan randomisasi
2.      Secara khas mengunakan kelompok control sebagai garis besar, untuk dibandingkan dengan kelompok-kelompok yang dikenai perlakuan experimental
3.      Memusatkan usaha pada pengontrolan varians : A.    Untuk memaksimalkan varians variable yang berkaitan dengan hipotesis penelitian. B.    Untuk meminimalkan varians variable pengganggu atau yang tidak di inginkan yang mungkin mempenggaruhi hasil exsperiment tetapi yang tidak menjadi tujuan penelitian  C.    Untuk meminimalkan varians kekeliruan atau varians rambang, termasuk apa yang disebut kekeliruan pengukuran. Penyelesaian terbaik : pemilihan subyek secara rambang, penempatan subyek dalam kelompok-kelompok secara rambang, penentuan perlakuan eksperimental kepada kelompok secara rambang
4.      Internal validity adalah sine qua non untuk rancangan ini dan merupakan tujuan pertama metode experimental,
5.      Tujuan kedua metode experimental adalah external validity, yang penelitian ini ada beberapa jauh hasil-hasilnya dapat digenerlisasikan kepada subyek-subyek atau kondisi-kondisi yang semacam.
6.      Dalam Rancangan experimental yang klasik, semua variable penting diusahakan agar konstan kecuali variable perlakuan yang secara sengaja dimanipulasikan atau dibiarkan bervariasi.
7.      Walaupun cara pendekatan eksperimental itu adalah yang paling kuat karena cara itu memungkinkan untuk mengontrol variable-variabel yang relevan, namun cara ini juga paling restriktif dan dibuat-buat. Ciri inilah yang merupakan kelemahan utama kalau metode ini digunakan kepada manusia dalam dunianya , karena manusia sering dibuat lain apabila tingkahlakunya dibatasi secara artificial, dimanipulasikan atau diobserfasi secara sistematis atau di evaluasi  

http://2.bp.blogspot.com/-ZVQlZzSV1bE/VXWerJfyGMI/AAAAAAAAEok/LyuNbYfvzjM/s1600/Desain%2BPenelitian%2BMedis%2BStudi%2BEksperimental.jpg
G. Langkah-langkah pokok
1.      Lakukan survai kepustakaan yang relevan bagi masalah yang akan di garap
2.      Identifikasi dan definisikan masalah
3.      Rumuskan hipotesis, berdasarkan atas penelaahan kepustakaan
4.      Definisikan pengertian-pengertian dasar dan variable-variabel utama
5.      Susun rancangan eksperimen: a)    Identifikasi bermacam-macam variable yang relevan. b)    Identifikasi variable-variabel non eksperimental yang mungkin mencemarkan eksperimen, dan tentukan bagaimana caranya mengontrol variable-variabel tersebut. c)    Tentukan rancangan eksperimennya. d)    Pilih subyek yang representative bagi populasi tertentu, tentukan sikap-sikap yang masuk kelompok eksperimen. e)    Terapkan perlakuan. f)    Pilih atau susun alat untuk mengukur hasil eksperimen dan validasikan alat tersebut. g)    Rancangkan prosedur pengumpulan data, dan jika mungkin lakukan pilot atau trial run test untuk menyempurnakan alat pengukur atau rancangan eksperimennya. h)    Rumuskan hipotesis nolnya
6.      Lakukan eksperimen
7.      Aturlah data kasar itu dalam cara yang mempermudah analisis selanjutnya; tempatkan dalam rancangan yang memungkinkan memperhitungkan efek yang di perkirakan akan ada
8.      Terapkan test signifikansi untuk menentukan taraf signifikansi hasilnya
9.      Buatlah interpretasi mengenai hasil testing itu, berkan diskusi seperlunya, dan tulislah laporannya

No comments:

Post a Comment