Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah
Menengah Atas Luar Biasa Tunarungu (SMALB – B)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan
emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasian dalam mempelajari
semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik
mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan
perasaan, berpartisipasi dalam masyarakan yang menggunakan bahasa tersebut dan
menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam
dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia
dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan
apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia
merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap
bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi
peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional,
dan global.
Dengan
standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMALB-B ini diharapkan:
1. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai
dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan
terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2. guru dapat memusatkan perhatian pada pengembangan
kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa
dan sumber belajar;
3. guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan
bahan ajar sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta
didiknya;
4. orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat
dalam pelaksanaan program di sekolah;
5. sekolah dapat menyusun program pendidikan sesuai
dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6. daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar
sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan
kepentingan nasional.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi
secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan
maupun tulis
2.
Menghargai
dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa
negara
3.
Memahami
bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai
tujuan
4.
Menggunakan
bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan
emosional dan sosial
5.
Menikmati
dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi
pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.
Menghargai
dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual
manusia Indonesia.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan
berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Mendengarkan/Menyimak
2.
Berbicara/Berisyarat
3.
Membaca
4.
Menulis
Pada akhir pendidikan di SMALB peserta didik telah membaca
sekurang-kurangnya 10 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan/menyimak
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara
langsung/tidak langsung
|
1.1 Menanggapi siaran atau
informasi dari media elektronik (berita dan non berita)
1.2 Mengidentifikasi unsur
sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara
langsung /melalui rekaman
|
Berbicara/berisyarat
2 Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, dan bercerita
|
2.1 Memperkenalkan diri dengan orang lain di dalam forum resmi.
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel , atau buku )
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan ekspresi yang tepat
|
Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan sastra dan non sastra dengan berbagai
teknik membaca
|
3.1 Menemukan ide pokok berbagai
teks nonsastra
3.2 Mengidentifikasi ide teks nonsastra dari berbagai sumber
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi
dalam berbagai bentuk paragraf dan menulis puisi
|
4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf
4.2 Menulis hasil observasi
dalam bentuk paragraf
4.3 Menulis puisi baru dan puisi
lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
|
Kelas X, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan/menyimak
5 Memahami
informasi, dan cerita rakyat
melalui tuturan
|
5.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan
langsung
5.2 Menyimpulkan isi
informasi yang didengar melalui
tuturan tidak langsung
|
Berbicara/berisyarat
6 Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber dan
pendapat terhadap puisi
|
6.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak
dan atau eletronik
6.2 Memberikan persetujuan
/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau
elektronik
6.3 Membahas isi puisi berkenaan
dengan gambaran perasaan, pikiran, dan imajinasi.
|
Membaca
7. Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca memindai
|
7.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa
kalimat dengan membaca memindai
7.2 Merangkum isi informasi dari
suatu tabel dan atau grafik ke
dalam beberapa kalimat dengan membaca
memindai
|
Menulis
8. Mengungkapkan informasi
melalui penulisan paragraf
dan teks pidato
|
8.1 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan
menggunakan ejaan yang tepat
8.2 Menyusun teks pidato
8.3 Menulis karangan berdasarkan
kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
|
Kelas XI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan/menyimak
1 Memahami
berbagai informasi dari sambutan /khotbah, wawancara, dan pementasan
drama
|
1.1 Menemukan pokok-pokok isi
sambutan/ khotbah
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam
wawancara
1.3 Mengidentifikasi peristiwa,
pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama
|
Berbicara/berisyarat
2 Mengungkapkan secara lisan
informasi hasil membaca dan wawancara
|
2.1 Menjelaskan secara lisan uraian
topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku )
2.2 Menjelaskan hasil wawancara
tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu
2.3 Menyampaikan dialog disertai
gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
|
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca intensif dan membaca lancar
|
3.1 Menemukan perbedaan paragraf
melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membacakan berita dengan
intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah
|
4.1 Menulis proposal untuk berbagai
keperluan
4.2 Menulis surat dagang
4.3 Melengkapi karya tulis dengan
daftar pustaka dan catatan
|
Kelas XI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan/menyimak
5 Memahami
pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi
|
5.1 Merangkum isi pembicaraan
dalam suatu diskusi
5.2 Mengomentari pendapat
seseorang dalam suatu diskusi
|
Berbicara/berisyarat
6 Menyampaikan laporan
hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
|
6.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa
yang baik dan benar
6.2 Mengomentari tanggapan orang
lain terhadap presentasi hasil penelitian
|
Membaca
7. Memahami ragam wacana tulis seperti novel dan hikayat
|
7.1 Mengungkapkan pokok-pokok
isi teks dengan membaca
7.2 Membedakan fakta dan opini pada
editorial dengan membaca intensif
7.3 Mengungkapkan hal-hal yang
menarik dan dapat diteladani dari tokoh
7.4 Membandingkan unsur
intrinsik dan ekstrinsik
7.5 Novel Indonesia dan hikayat
|
Menulis
8. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ ringkasan, dan naskah drama
|
8.1 Menulis rangkuman /ringkasan
isi buku
8.2 Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan dan
penelitian
8.3 Mendeskripsikan perilaku
manusia melalui dialog naskah drama
|
Kelas XII, Semester I
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan/menyimak
1 Memahami
informasi dari berbagai laporan
|
1.1 Membedakan antara fakta dan
opini dari berbagai laporan lisan
1.2 Mengomentari berbagai laporan
lisan dengan memberikan kritik dan saran
|
Berbicara/berisyarat
2 Mengungkapkan gagasan,
tanggapan, dan informasi dalam diskusi
|
2.1 Menyampaikan gagasan dan
tanggapan alasan yang logis dalam diskusi
2.2 Menyampaikan intisari buku bacaan
|
Membaca
3. Memahami artikel teks pidato, dan wacana sastra
|
3.1 Menemukan ide pokok dan
permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membaca lancar teks pidato
3.3 Membacakan puisi karya
sendiri dengan penghayatan, dan
ekspresi yang sesuai
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk surat
dinas, laporan, resensi
|
4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan
4.2 Menulis surat dinas berdasarkan bahasa, yang baik
dan benar
4.3 Menulis laporan diskusi
|
Kelas XII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan/menyimak
5 Memahami
informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
|
5.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan
secara langsung
5.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan
melalui televisi
|
Berbicara/berisyarat
6 Mengungkapkan pengalaman melalui
presentasi dan pidato tanpa teks
|
6.1 Mempresentasikan pengalaman
sehari-hari
6.2 Berpidato tanpa teks
|
Membaca
7. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca
|
7.1 Menemukan ide pokok suatu
teks.
7.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola
paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran,
pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan
|
8.1 Menulis karangan berdasarkan
topik tertentu
8.2 Menulis esai berdasarkan
topik tertentu
|
E.
Arah
Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan
Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment