31. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah
Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral
dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan
merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran
bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan
budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam
masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan
kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia
dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi
terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan
kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan
pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan
sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta
didik untuk memahami dan merespon
situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata
pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1.
peserta
didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan
minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan
hasil intelektual bangsa sendiri;
2.
guru dapat
memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan
menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.
guru lebih
mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan kesastraan sesuai
dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.
orang tua
dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program kebahasaan
daan kesastraan di sekolah;
5.
sekolah
dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan sesuai
dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.
daerah dapat
menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan
kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B.
Tujuan
Mata pelajaran Bahasa
Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan
etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat
dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan intelektual, serta kematangan
emosional dan sosial
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas
wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai
khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup
komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
4.
Menulis.
Pada akhir pendidikan di SD/MI, peserta
didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami bunyi bahasa,
perintah, dan dongeng yang dilisankan
|
1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk
sederhana
1.3 Menyebutkan tokoh-tokoh
dalam cerita
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi, secara lisan dengan perkenalan
dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi
|
2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa
yang santun
2.2 Menyapa orang lain dengan
menggunakan kalimat sapaan yang tepat
dan bahasa yang santun
2.3 Mendeskipsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat
sederhana
2.4 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai
|
Membaca
3. Memahami teks pendek dengan
membaca nyaring
|
3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
3.2 Membaca nyaring kalimat
sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Menulis
4. Menulis permulaan dengan
menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
|
4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.2 Menebalkan berbagai bentuk
gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.3 Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
4.4 Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas
|
Kelas I, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan
tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng
|
5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar
5.2 Menyebutkan isi dongeng
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan
dongeng
|
6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah
dimengerti
6.2 Melakukan percakapan
sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai
6.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan
alasan sederhana
6.4 Memerankan
tokoh dongeng atau cerita
rakyat yang disukai dengan ekspresi
yang sesuai
|
Membaca
7. Memahami teks pendek
dengan membaca lancar dan membaca
puisi anak
|
7.1 Membaca lancar beberapa
kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat
7.2 Membaca puisi anak yang
terdiri atas 2-4 baris dengan lafal
dan intonasi yang tepat
|
Menulis
8. Menulis permulaan dengan
huruf tegak bersambung melalui
kegiatan dikte dan menyalin
|
8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
|
Kelas II, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami teks pendek
dan puisi anak yang dilisankan
|
1.1 Menyebutkan kembali dengan kata-kata
atau kalimat sendiri isi teks pendek
1.2 Mendeskripsikan
isi puisi
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi
|
2.1 Bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
2.2 Menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan bahasa
yang mudah dipahami orang lain
2.3 Mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang tepat
|
Membaca
3.
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca
puisi anak
|
3.1 Menyimpulkan
isi teks pendek (10-15 kalimat) yang
dibaca dengan membaca lancar
3.2 Menjelaskan
isi puisi anak yang dibaca
|
Menulis
4.
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita
dan dikte
|
4.1 Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang
tepat
4.2 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung
dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
|
Kelas II, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
|
5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya
kepada orang lain
5.2 Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya
|
Berbicara
6. Mengungkapkan secara
lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
|
6.1 Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan
kalimat yang mudah dipahami orang lain
6.2 Menceritakan kembali cerita
anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
|
Membaca
7.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan
membaca dalam hati
|
7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi
yang tepat
7.2 Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25
kalimat) yang dibaca dalam hati
|
Menulis
8.
Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
|
8.1 Mendeskripsikan tumbuhan
atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis
8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak
bersambung yang rapi
|
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak
yang dilisankan
|
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara
lisan
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan
petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/saran
|
2.1 Menceritakan
pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.2 Menjelaskan
urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami
2.3 Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan
kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
|
Membaca
3.
Memahami teks dengan
membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
|
3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi
yang tepat
3.2 Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui membaca
intensif
3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca
|
Menulis
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
|
4.1 Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
4.2 Melengkapi
puisi anak berdasarkan gambar
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami cerita
dan teks drama anak yang dilisankan
|
5.1 Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang
didengarnya
5.2 Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan bercerita
|
6.1 Melakukan
percakapan melalui telepon/alat komunikasi sederhana dengan menggunakan
kalimat ringkas
6.2 Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami,
dilihat, atau didengar
|
Membaca
7.
Memahami teks dengan membaca intensif (150-200 kata)
dan membaca puisi
|
7.1 Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang
isi teks agak panjang (150-200 kata) yang
dibaca secara intensif
7.2 Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan
sederhana dan puisi
|
8.1 Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan
tanda titik
8.2 Menulis
puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan
1.
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan
simbol daerah/lambang korps
|
1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
1.2 Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang
simbol daerah/lambang korps
|
Berbicara
2.
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk
penggunaan suatu alat
|
2.1 Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan
kalimat yang runtut
2.2 Menjelaskan petunjuk penggunaan
suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
|
Membaca
3.
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk
pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
|
3.1 Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca
sekilas
3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk
pemakaian yang dibaca
3.3 Menemukan makna dan informasi
secara tepat dalam kamus/ensiklopedi
melalui membaca memindai
|
Menulis
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara
tertulis dalam bentuk percakapan,
petunjuk, cerita, dan surat
|
4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara
membuat sesuatu
4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan
kata/kalimat yang tepat sehingga
menjadi cerita yang padu
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita
dengan bahasa yang baik dan benar dan
memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
|
Kelas IV, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5.
Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun
|
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman
yang dibacakan
5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelepon
|
6.1 Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan
isi pesan
|
Membaca
7.
Memahami teks melalui membaca intensif, membaca
nyaring, dan membaca pantun
|
7.1 Menemukan kalimat utama
pada tiap paragraf melalui membaca intensif
7.2 Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
7.3 Membaca pantun anak
secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak
|
8.1 Menyusun karangan tentang
berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar,
tanda titik, tanda koma, dll.)
8.2 Menulis
pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan
ejaan
8.3 Membuat
pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan,
kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun
|
Kelas V, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan
1.
Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan
|
1.1 Menanggapi penjelasan narasumber
(petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.) dengan memperhatikan
santun berbahasa
1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita
rakyat yang didengarnya
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu
persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara
|
2.1 Menanggapi suatu persoalan
atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya dengan memperhatikan pilihan kata dan
santun berbahasa
2.2 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan benar
2.3 Berwawancara sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll.)
dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
|
Membaca
3.
Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca
cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
|
3.1 Membaca teks percakapan
dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan
75 kata per menit
3.3 Membaca puisi dengan lafal
dan intonasi yang tepat
|
Menulis
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan
pengalaman secara tertulis dalam
bentuk karangan, surat
undangan, dan dialog tertulis
|
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan
sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhatikan
penggunaan ejaan
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta
perannya
|
Kelas V, Semester
2
Standar Kompetensi |
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan
|
5.1 Menanggapi cerita tentang
peristiwa yang terjadi di sekitar yang
disampaikan secara lisan
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema,
latar, amanat)
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran dan
perasaan secara lisan dalam diskusi
dan bermain drama
|
6.1 Mengomentari persoalan
faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan
santun berbahasa
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat
|
Membaca
7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak
|
7.1 Membandingkan
isi dua teks yang dibaca dengan membaca
sekilas
7.2 Menemukan
informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon,
jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll.) yang dilakukan
melalui membaca memindai
7.3 Menyimpulkan
isi cerita anak dalam beberapa kalimat
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara
tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan,
dan puisi bebas
|
8.1 Meringkas
isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan
(catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan
ejaan
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
|
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan
1.
Memahami teks
dan cerita anak yang dibacakan
|
1.1 Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu
teks yang dibacakan
1.2 Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema
atau amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
Berbicara
2.
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
|
2.1 Menyampaikan
pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut, baik dan benar
2.2 Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan
menggunakan bahasa yang santun
|
Membaca
3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
|
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian
suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
3.2 Menanggapi informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll.)
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog, dan parafrase
|
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu
anggota, wesel pos, kartu pos, daftar
riwayat hidup, dll.) dengan benar
4.2 Membuat
ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
4.3 Menyusun
percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.4 Mengubah
puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek
|
5.1 Menyimpulkan
isi berita yang didengar dari televisi atau radio
5.2 Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi dengan berpidato, melaporkan
isi buku, dan baca puisi
|
6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai
keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
6.2 Melaporkan isi buku
yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat
yang runtut
6.3 Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
|
Membaca
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
|
7.1 Menemukan makna tersirat suatu teks melalui
membaca intensif
7.2 Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita,
dan amanat) dari teks drama anak
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran dan
informasi secara tertulis dalam
bentuk naskah
pidato dan surat resmi
|
8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan,
ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik
dan benar, serta memperhatikan
penggunaan ejaan
8.2 Menulis surat resmi dengan memperhatikan
pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
|
E. Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah
dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment