Tuesday, June 21, 2016

Merawat Motor Anda saat Musim Hujan Melanda

Merawat Motor Anda saat Musim Hujan Melanda


Mulai dari beberapa bulan lalu curah hujan semakin tinggi dan juga disertai angin kencang. Akibatnya bagi para pemilik kendaraan sering kerepotan dalam merawat kendaraan bermotornya, karena setiap hari diguyur oleh air hujan. Mulai dari malas mencuci karena pasti berfikiran ‘sayang nanti kehujanan lagi, kalau dicuci sekarang’. Pada saat musim hujan adalah saat dimana para pemilik kendaraan harus melakukan perawatan yang lebih.

Pasalnya, air hujan mengandung asam yang lebih tinggi dibandingkan air biasa yang bisa merusak kendaraan bermotor dan pastinya debu-debu jalanan, lumpur dan tanah lebih mudah menempel akibat air hujan. Oleh sebab itu, sebagai pemilik kendaraan yang masih sayang dengan kendaraannya, terutama sepeda motor, perawatan yang baik pada saat musim hujan sangat penting dilakukan. Berikut adalah tips-tips yang gampang dalam merawat motor saat musim hujan.

1.      
Cuci Sepeda Motor
Ini dia masalah utama dari segala sebab penyakit motor. Setelah dijalanan diguuru air hujan, ada baiknya setiba dirumah anda menghilangkan noda yang ada di motor, karena bisa menjadi kerak di motor anda. Jika anda memiliki niat dan uang yang lebih, bawalah ke tempat penyucian motor, tetapi jika tidak cucilah sendiri dirumah motor anda dan tentu cara ini lebih baik.
2.       Cek Ban Sepeda Motor Anda
Hujan menyebabkan genangan air di jalanan, dan tentu saja genangan air hujan tidak dapat Anda hindari. Jika sudah terlanjur menerobos genangan air hujan, sebaiknya Anda memeriksa tekanan udara ban motor Anda setelahnya. Mengapa hal ini harus dilakukan? Tentunya Anda sudah paham logika ban motor, bahwa jika tekanan bannya kurang, akan semakin luas permukaan ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan. Semakin luas permukaan tersebut, tarikan motor Anda akan semakin berat sehingga dapat mempercepat menipis atau gundulnya ban motor Anda.
3.       Bersihkan Rantai Motor
Salah satu ulah air hujan pada motor Anda adalah menimbulkan karat pada rantai motor. Untuk menghindarinya, bersihkan rantai motor Anda setelah menempuh perjalanan dengan menerobos turunnya hujan. Siram lalu bersihkan rantai motor Anda cukup dengan menggunakan air bersih. Setelah bersih, berikan rantai motor Anda pelumas agar tidak kering, di mana biasanya kering dari pelumas.
4.       Cek Kampas Rem atau Piston Cakram
Kanvas rem terbuat dari bahan asbes yang bila terkena air akan menggelembung dan mengeras saat sudah dalam keadaan kering. Karenanya, sering-seringlah menginjak pedal rem motor Anda setelah motor selesai dicuci. Hal ini dilakukan agar kanvas rem tersebut menjadi kering. Jika tidak rem motor Anda akan terasa keras pada saat pedal rem diinjak. Selain itu, Anda juga sebaiknya membersihkan bagian rem cakram. Rem cakram perlu juga dibersihkan karena bersifat terbuka dan dapat terkena kotoran juga saat Anda menerabas genangan air hujan.
5.       Cek Busi Motor Anda
Jangan lupakan kebersihan untuk komponen motor Anda yang satu ini. Jika busi motor Anda berada dalam kondisi kotor, pengapian akan terhambat yang kemudian dapat mengganggu kondisi motor saat hendak dihidupkan. Cek kebersihan busi dan lihat apakah busi rusak atau tidak.
6.       Filter Udara
Filter udara yang bersih artinya pernapasan mesin motor yang juga lancar. Karenanya, rajin-rajinlah memeriksa kebersihan saringan udara, apalagi saat musim hujan di mana motor Anda akan lebih sering terkena air.
7.       Jari-jari Roda
Keringkan jari-jari roda yang kebasahan akibat air hujan. Jari-jari roda pada velg dapat mengalami keropos jika berada dalam kondisi yang kotor. Keropos yang terjadi memang tidak terlihat dari luar, karena hanya terjadi di dalam velg. Namun tetap saja, Anda tidak ingin hal itu terjadi, kan?
8.       Kabel Body
Hindarkan kabel bodi motor serta socket-nya dari air, karena hal tersebut dapat menimbulkan korslet pada motor sehingga dapat mengganggu bagian kelistrikan motor Anda.
Itu dia  cara-cara perawatan motor yang mudah dan bisa anda lakukan dirumah tanpa banyak alat yang diperlukan di saat musim hujan pada saat ini.

No comments:

Post a Comment