33. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa
Tunarungu (SMPLB – B)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan
emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasian dalam mempelajari
semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik
mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan
perasaan, berpartisipasi dalam masyarakan yang menggunakan bahasa tersebut dan
menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam
dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia
dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan
apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia
merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap
bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi
peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional,
dan global.
Dengan
standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMPLB-B ini diharapkan:
1. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai
dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan
terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2. guru dapat memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi
bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber
belajar;
3. guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan
bahan ajar sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta
didiknya;
4. orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat
dalam pelaksanaan program di sekolah;
5. sekolah dapat menyusun program pendidikan sesuai
dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6. daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar
sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan
kepentingan nasional.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan
etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat
dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas
wawasan, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai
khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa
Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan/menyimak
2. Berbicara/berisyarat
3. Membaca
4. Menulis
Pada akhir pendidikan di SMPLB peserta
didik telah membaca sekurang-kurangnya 8 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan/menyimak
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan
Mendengarkan/menyimak/menyimak berita dan dongeng
|
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa
kalimat
1.3 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang
diperdengarkan
|
Berbicara/berisyarat
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi
melalui kegiatan berbicara dan menyampaikan pengumuman
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan
menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
2.2 Menyampaikan pengumuman dengan menggunakan kalimat-kalimat
yang lugas dan sederhana
|
Membaca
3. Memahami ragam teks sastra dan non sastra
dengan berbagai cara membaca
|
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan
tepat sesuai konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
3.2 Mengungkapkan isi bacaan setelah membaca cepat 150 kata permenit
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara
|
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam
buku harian dan surat pribadi
|
4.1 Menuliskan buku harian atau pengalaman pribadi dengan
memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menuliskan surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi,
dan bahasa
4.3 Menuliskan teks pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar
|
Kelas VII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan/menyimak
4. Memahami wacana lisan melalui kegiatan
wawancara dan pembacaan puisi
|
4.1 Menyimpulkan
gagasan seorang tokoh/ narasumber yang disampaikan dalam wawancara
4.2 Menuliskan
dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
4.3 Menanggapi
cara pembacaan puisi
|
Berbicara/berisyarat
5.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman melalui
kegiatan menanggapi cerita, cerpen dan bertelepon
|
5.1 Menceritakan
tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan
mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
5.2 Menjelaskan
hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial
|
Membaca
6.
Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca
memindai
|
6.1 Mengungkapkan
hal-hal yang dapat meneladani dari buku biografi yang dibaca dengan membaca
intensif dan
6.2 Menemukan
gagasan utama dalam teks yang dibaca
6.3 Menentukan
informasi secara tepat dari tabel/ diagram yang dibaca dengan membaca
memindai
|
Menulis
7.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk narasi, pesan singkat, dan
kegiatan menulis kreatif puisi
|
7.1 Mengubah
teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat
langsung
7.2 Menuliskan
pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa
yang santun
7.3 Menulis
kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan/menyimak
1.
Memahami wacana lisan berbentuk laporan dan mengapresiasi pementasan
drama
|
1.1 Menganalisis
laporan
1.2 Menanggapi
isi laporan
1.3 Menanggapi
unsur pementasan drama
|
Berbicara/berisyarat
2.
Mengungkapkan informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
|
2.1 Berwawancara
melalui bahasa isyarat dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan
memperhatikan etika berwawancara
2.2 Menyampaikan
laporan lisan dengan baik dan benar
|
Membaca
3.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
|
3.1 Menemukan
informasi dengan cara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan
membaca memindai
3.2 Menemukan
tempat atau arah dengan konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera
pada denah
|
Menulis
4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan
petunjuk
|
4.1 Menulis
laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis
surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat
dan bahasa baku
4.3 Menulis
petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dengan menggunakan bahasa
yang efektif
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan/menyimak
5.
Memahami isi berita dari televisi
|
5.1 Menemukan
pokok-pokok berita (apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang
ditonton melalui televisi
5.2 Mengemukakan
kembali berita yang ditonton melalui
televisi
|
Berbicara/berisyarat
6.
Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi
dan protokoler
|
6.1 Menyampaikan
pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
6.2 Membawakan
cara dengan baik dan benar, serta santun melalui bahasa isyarat
|
Membaca
7.
Memahami ragam wacan tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif,
dan membaca nyaring
|
7.1 Menemukan
masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca
ekstensif
7.2 Menemukan
informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
7.3 Membacakan
teks berita dengan suara yang jelas
|
Menulis
8.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita,
slogan/poster, dan menulis kreatif drama
|
8.1 Menulis
rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer
8.2 Menulis
teks berita secara singkat.
8.3 Menulis
slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang
bervariasi, serta persuasif
8.4 Menulis
kreatif drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
|
Kelas IX, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan/menyimak
1.
Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi
|
1.1 Menyimpulkan
isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tanyangan televisi
1.2 Mengomentari
pendapat narasumber dalam dialog interaktif dari tayangan televisi
|
Berbicara/berisyarat
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk komentar
dan laporan
|
2.1 Mengkritik/memuji
berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa isyarat.
2.2 Melaporkan
secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan bahasa isyarat
|
Membaca
3.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif membaca memindai,
dan buku novel remaja
|
3.1 Membedakan
antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan
membaca intensif
3.2 Menemukan
informasi yang ditemukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui
kegiatan membaca memindai
3.3 Menanggapi
hal yang menarik dari kesiapan novel remaja
|
Menulis
4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, karangan, dan
pikiran serta perasaan dalam puisi bebas
|
4.1 Menulis
iklan baris dengan bahasa yang singkat
4.2 Menyunting
karangan dengan bahasa sederhana
4.3 Menulis
puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
|
Kelas IX, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan/menyimak
5.
Memahami isi pidato/ khotbah/ceramah dan wacana, sastra jenis syair
|
5.1 Memberi
komentar tentang isi pidato/ceramah/ khotbah
5.2 Menemukan
tema dan pesan syair yang diperdengarkan
|
Berbicara/berisyarat
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan
diskusi
|
6.1 Berpidato/berceramah/berkhotbah
dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
6.2 Menerapkan
prinsip-prinsip diskusi
|
Membaca
7.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif
|
7.1 Menemukan
gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif
7.2 Mengubah
sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca
intensif
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya
ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca dan cerpen
|
8.1 Menulis
karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
8.2 Menulis
teks pidato/ceramah/khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
8.3 Menulis
surat pembaca tentang lingkungan sekolah
8.4 Menuliskan
kembali dengan kalimat sendiri yang pernah dibaca
|
E.
Arah pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi
arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
No comments:
Post a Comment