33. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah
Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB – B)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan
emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasian dalam mempelajari
semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik
mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan
perasaan, berpartisipasi dalam masyarakan yang menggunakan bahasa tersebut dan
menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam
dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk
meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia
dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan
apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia
merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap
bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi
peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional,
dan global.
Dengan
standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia SDLB-B ini diharapkan:
1. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai
dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan
terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2. guru dapat memusatkan perhatian pada pengembangan
kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa
dan sumber belajar;
3. guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan
bahan ajar sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta
didiknya;
4. orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat
dalam pelaksanaan program di sekolah;
5. sekolah dapat menyusun program pendidikan sesuai
dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6. daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar
sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan
kepentingan nasional.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan
etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat
dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas
wawasan, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai
khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa
Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.
Pada akhir pendidikan di SDLB – B peserta
didik telah membaca sekurang-kurangnya 5 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan/menyimak
1.
Mengenal suara – suara yang ada di sekitar
|
1.1 Mengidentifikasi
ada atau tidak ada suara dengan atau
tanpa ABM
1.2 Menanggapi
suara-suara di sekitar yang teridentifikasi dengan berbagai reaksi
|
Berbicara/berisyarat
2.
Memperkenalkan diri sendiri,
dan fungsi anggota tubuh serta benda-benda di sekitar
|
2.1 Melakukan percakapan
tentang diri sendiri dengan
kalimat sederhana dan bahasa yang santun dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara
lisan dan /atau isyarat
2.2 Menyapa
orang lain dengan menggunakan
kalimat sapaan yang tepat dan bahasa
yang santun dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
2.3 Melakukan percakapan
tentang, nama dan fungsi
anggota tubuh, serta benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana dengan
bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan /atau isyarat
|
Membaca
3.
Menirukan kata, dan kalimat sederhana
|
3.1 Membaca
beberapa kata sederhana.
3.2 Membaca
kalimat sederhana
|
Menulis
4.
Menampilkan tulisan permulaan
|
4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan
bentuk huruf
4.2 Mencontoh
tulisan, kata, atau kalimat sederhana
dari buku atau papan tulis dengan benar
4.3 Menyalin
bacaan hasil percakapan
|
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan/menyimak
5. Mengenal suara rabanan atau kata – kata yang diucapkan
|
5.1 Mengidentifikasi ada atau tidak ada suara rabanan atau kata-kata yang diucapkan
5.2 Menirukan rabanan atau
kata-kata yang diperdengarkan
|
Berbicara /berisyarat
6. Mengidentifikasi isi gambar
tunggal atau seri, dengan percakapan sederhana
|
6.1 Melakukan percakapan
dari gambar tunggal atau gambar
seri sederhana dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
secara dan /atau isyarat
6.2 Melakukan
percakapan sederhana tentang diri kalimat dan kosakata yang sudah
dikuasai dengan bahasa Indonesia yang
baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
|
Membaca
7. Memahami
bacaan hasil percakapan
|
7.1 Membaca bacaan sederhana yang terdiri atas 3-5 kalimat
7.2 Menjawab pertanyaan
dari bacaan yang dibacanya
|
Menulis
8.
Menampilkan kalimat dan bacaan sederhana
|
8.1 Menulis kalimat sederhana dengan menggunakan huruf
tegak bersambung yang benar dan rapi
8.2 Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru
8.3 Menyalin
bacaan sederhana dengan tulisan tegak bersambung
|
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan/menyimak
1. Mengenal suara atau ucapan kata-kata
|
1.1 Menyimak ada atau tidak
ada suara dari kata atau kalimat
sederhana dengan atau tanpa ABM
1.2 Menirukan ucapan kata-kata
atau kalimat yang diperdengarkan
|
Berbicara/berisyarat
2.
Mendemontrasikan pertanyaan dan cerita
|
2.1 Bertanya/menanyakan
sesuatu kepada orang lain dengan pilihan kata yang tepat dan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara
lisan dan /atau isyarat
2.2 Menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara
lisan dan /atau isyarat
|
Membaca
3. Memahami
bacaan (10-15 kalimat)
|
3.1 Membaca
bacaan pendek (10-15 kalimat) isinya
3.2 Menjawab
pertanyaan dari bacaan yang
dibacanya
|
Menulis
4.
Menampilkan cerita sederhana
yang didiktekan guru
|
4.1 Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat
4.2 Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan huruf tegak bersambung memperhatikan
|
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan/menyimak
5. Mengenal suara panggilan nama-nama siswa
|
5.1 Menyimak ada atau tidak
ada suara dari panggilan siswa untuk anak yang memakai ABM atau anak tanpan ABM
5.2 Memberikan
reaksi bila namanya dipanggil
|
Berbicara/berisyarat
6. Mendemontrasikan tentang alam dan cerita
anak
|
6.1 Melakukan percakapan
tentang tumbuhan atau binatang
di sekitar dengan kalimat yang mudah dipahami orang lain secara lisan dan/atau isyarat
6.2 Menceritakan
kembali cerita anak yang dibaca dengan
kata-kata sendiri Indonesia
yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
|
Membaca
7. Memahami bacaan
|
7.1 Membaca bacaan singkat
dengan lancar
7.2 Membaca dalam hati bacaan
agak panjang (20-25 kalimat)
|
Menulis
8.
Menampilkan deskripsi sederhana dan menyalin bacaan
|
8.1 Menulis
deskripsi sederhana tentang tumbuhan atau binatang di sekitar dengan kalimat
sederhana
8.2 Menyalin bacaan dengan
huruf tegak bersambung
|
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan/menyimak
1. Memahami
kalimat yang di sampaikan
|
1.1 Membaca
kalimat –kalimat yang diucapkan untuk anak yang memakai ABM atau anak tanpa
ABM
1.2 Menirukan
ucapan kalimat – kalimat yang diperdengarkan dengan intonasi yang benar
|
Berbicara/berisyarat
2
Mendemontrasikan pengalaman ,
sesuatu hal, seseorang dan tanggapan secara sederhana
|
2.1 Melakukan percakapan tentang pengalamannya dan pengalaman teman dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
secara lisan dan/atau isyarat
2.2 Melakukan
percakapan tentang sesuatu dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
secara lisan dan/atau isyarat
2.3 Mendeskripsikan
benda atau seseorang berdasarkan ciri-cirinya dengan bahasa yang mudah
dipahami orang lain dengan bahasa
Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
2.4 Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang
tepat dengan bahasa Indonesia yang
baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
|
Membaca
3. Memahami bacaan
|
3.1 Membaca
teknik dengan teks bacaan (sekitar 10-15
kalimat ) dengan memperhatikan tanda baca
3.2 Membaca
intensif teks (100- 150 kata)
3.3 Menceritakan kembali isi teks
|
Menulis
4.
Menampilkan karangan sederhana
dan cerita anak
|
4.1 Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri
dengan pilihan kata dan kalimat
yang tepat ( ejaan, huruf kapital, dan tanda baca)
4.2 Melengkapi cerita anak
berdasarkan gambar
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan/menyimak
5.
Memahami berbagai jenis kalimat
yang diucapkan
|
5.1 Menyimak ada atau tidak
ada suara dari berbagai jenis kalimat
yang diucapkan
5.2 Menanggapi kalimat – kalimat
yang didengar dengan reaksi yang tepat
|
Berbicara/berisyarat
6.
Mendemontrasikan percakapan dan peristiwa
|
6.1 Melakukan
percakapan melalui telepon dengan
kalimat ringkas secara ekspresif dengan bahasa Indonesia yang baik dan
benar secara lisan dan/atau isyarat
|
6.2 Menceritakan peristiwa
yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
6.3 Menanggapi peristiwa
secara ekspresif dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara
lisan dan/atau isyarat
|
|
Membaca
7.
Mengenal teks dan puisi
|
7.1 Membaca
intensif teks agak panjang (sekitar 150-200
kata)
7.2 Meringkas
isi teks bacaan.
7.3 Membaca
puisi sangat sederhana dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
Menulis
8. Menampilkan karangan dan puisi
|
8.1 Menulis karangan tentang berbagai topik sederhana
dengan penggunaan ejaan yang tepat
8.2 Menulis
puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang tepat
.
|
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan/menyimak
1. Menganalis
bacaan pendek
|
1.1 Menunjukkan kalimat yang sedang dibacakan
1.2 Menunjukkan
alinea yang sedang dibacakan
|
Berbicara/berisyarat
2.
Mendeskripsikan tempat sesuai denah dan petunjuk
|
2.1 Menunjukkan
tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
secara lisan dan/atau isyarat
2.2 Menjelaskan
petunjuk penggunaan suatu alat dengan
bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
|
Membaca
3.
Menganalisis petunjuk pemakaian, kamus/ensiklopedi, denah, dan teks
|
3.1 Membaca petunjuk pemakaian sesuatu dalam tanya
jawab
3.2 Membaca memindai kamus/ensiklopedi untuk informasi
secara tepat
3.3 Membaca
denah dengan bahasa yang mudah
dimengerti
3.4 Membaca
teks bacaan agak panjang
(150-200 kata)
|
Menulis
4.
Menampilkan bacaan dan surat untuk teman
|
4.1 Melengkapi bacaan dari
percakapan yang belum selesai dengan penggunaan ejaan yang tepat
4.2 Melengkapi
pada bagian awal, tengah, atau akhir
cerita yang hilang (rumpang) dengan
kata/kalimat yang tepat
sehingga menjadi cerita yang padu
4.3 Menulis
surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang
komunikatif
|
Kelas IV Semester 2
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan/menyimak
5.
Menerapkan bacaan agak panjang
|
5.1 Menunjukkan kalimat di
mana bacaan itu berhenti dibacakan
5.2 Meneruskan
bacaan dari pembaca sebelumnya dalam satu wacana
|
Berbicara/berisyarat
6.
Mendeskripsikan masalah dan percakapan aktual
|
6.1 Mempercakapkan
masalah – masalah actual yang terjadi di sekitar dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara
lisan dan/atau isyarat
6.2 Menuliskan
hasil percakapan masalah actual yang
terjadi di sekitar dengan tanda baca yang benar
|
Membaca
7.
Memahami paragraf, pengumuman dan pantun
|
7.1 Membaca intensif kalimat utama pada tiap paragraf
7.2 Membaca pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
7.3 Membaca
pantun anak secara berbalasan dengan
lafal dan intonasi yang tepat
|
Menulis
8.
Menampilkan paragraf dan pengumuman
|
8.1 Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan penggunaan ejaan yang
tepat
8.2 Menulis
pengumuman dengan bahasa yang komunikati
|
Kelas V Semester 1
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan/menyimak
1.
Menyimak pengumuman
|
1.1 Memperhatikan pengumuman
menyampaikan kembali isinya
1.2 Menanggapi
pengumuman dengan berbagai
reaksi
|
Berbicara/berisyarat
2.
Memahami suatu persoalan melalui berwawancara
sederhana dengan bahasa yang komunikatif
secara lisan dan/atau isyarat
|
2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa
2.2 Memberikan
saran pemecahannya dengan
memperhatikaan pilihan kata dan santun berbahasa dengan bahasa Indonesia yang
baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
2.3 Berwawancara
sederhana dengan narasumber (petani,
pedagang, nelayan, karyawan, dll)
2.4 Melaporkan
hasil wawancara dengan bahasa
Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
|
Membaca
3. Memahami teks percakapan, dan
puisi
|
3.1 Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi
yang tepat
3.2 Menceritakan
kembali isi percakapan dalam beberapa
kalimat dengan kata-kata sendiri
3.3 Membaca
bacaan
3.4 Menjawab
pertanyaan dengan benar
3.5 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
serta menjelaskan isinya
|
Menulis
4.
Menampilkan karangan, surat undangan dan laporan serta memerankan tokoh
|
4.1 Menulis
karangan berdasarkan pengalaman dengan
sistematika dan penggunaan ejaan yang tepat
4.2 Menulis
surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas,
dll) dengan kalimat efektif
4.3 Menulis
laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal,
perbaikan, final) dengan penggunaan ejaan yang tepat
4.4 Menulis
dialog yang komunikatif
4.5 Memerankan
teks dialog yang dibuat
|
Kelas V Semester 2
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan/menyimak
5. Memahami cerita peristiwa dan cerita sederhana
|
5.1 Menyimak cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar
5.2 Menanggapi cerita
dengan berbagai reaksi
|
Berbicara/berisyarat
6. Mendeskripsikan pendapat tentang
persoalan faktual dan drama pendek
|
6.1 Memberikan
pendapat tentang persoalan yang faktual dengan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
6.2 Memerankan
drama pendek dengan lafal, intonasi,
dan ekspresi yang tepat
|
Membaca
7. Memahami dua teks, dan cerita anak
|
7.1 Membaca dua teks
7.2 Membandingkan isi dua teks
7.3 Membaca memindai secara
cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan,
daftar susunan acara, daftar menu, dll)
7.4 Membaca cerita anak
7.5 Menjawab pertanyaan
tentang isi cerita
|
Menulis
8. Menganalisis
isi buku, poster, dan
puisi bebas
|
8.1 Meringkas isi buku yang
dipilih sendiri dengan penggunaan ejaan yang tepat
8.2 Membuat
poster dengan bahasa yang komunikatif
8.3 Menulis
puisi bebas dengan pilihan kata yang
tepat
|
Kelas VI Semester 1
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan/menyimak
1. Memahami
bacaan teks
|
1.1 Meperhatikan suatu teks
yang sedang dibacakan
1.2 Mengucapkan kembali
teks
|
Berbicara/berisyarat
2. Menampilkan informasi dari media, Cetak atau elektronik
|
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari
berbagai media dengan bahasa yang
runtut, baik dan benar secara lisan
dan/atau isyarat
2.2 Menanggapi sesuatu disertai alasan dengan bahasa yang santun, secara lisan dan/atau
isyarat
2.3 Menceritakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut, baik dan benar secara lisan dan/atau
isyarat
2.4 Memerankan
tokoh-tokoh berdasarkan cerita yang dibaca dengan ekspresi yang sesuai
|
Membaca
3. Menganalisis laporan dan teks dalam kolom khusus
|
3.1 Membaca
intensif laporan hasil pengamatan/ kunjungan
3.2 Membahas
isi dan penyajiannya
3.3 Membaca sekilas informasi dalam kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll)
3.4 Memberikan
tanggapan dalam bentuk pertanyaan atau
saran
|
Menulis
4. Menampilkan berbagai jenis formulir, ringkasan,
bacaan,dan hasil percakapan
|
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran,
kartu
anggota, wesel pos , kartu pos, daftar
riwayat hidup, transfer antarbank ,dll) dengan benar
4.2 Membuat
ringkasan dari buku yang dibaca.
4.3 Menulis
bacaan hasil percakapan tentang berbagai topik dengan penggunaan ejaan yang tepat
|
Kelas VI Semester 2
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan/menyimak
5. Memahami pembacaan berita
|
5.1 Memperhatikan suatu berita
sederhana yang ada di sekitar
5.2 Menanggapi
suatu berita dengan berbagai reaksi
|
Berbicara/berisyarat
6. Mendemontrasikan
pidato, laporan isi buku, dan puisi
karya sendiri
|
6.1 Berpidato untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan
ulang tahun, dll) dengan lafal,
intonasi, dengan ekspresi yang tepat
secara lisan dan/atau isyarat
6.2 Melaporkan
isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah
halaman, dan isi) dengan kalimat yang
runtut, yang baik dan benar secara
lisan dan/atau isyarat
6.3 Membaca puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat.
6.4 Menjelaskan isi puisi dengan bahasa
Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
|
Membaca
7. Memahami
teks bacaan drama. drama
|
7.1 Membaca intensif suatu teks
7.2 Menemukan makna yang tersirat dalam teks
7.3 Membaca teks drama anak-anak
7.4 Mempercakapkan berbagai unsur teks drama (tokoh, sifat,
latar, tema, jalan cerita, atau amanat)
|
Menulis
8. Mengkontruksi
naskah pidato, dan surat
|
8.1 Menulis naskah pidato (perpisahan, ulang
tahun, perayaan sekolah, dll) dengan
bahasa yang komunikatif dan santun serta
memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis
surat dengan memperhatikan pilihan
kata sesuai dengan orang yang dituju
|
E.
Arah pengembangan
Standar kompetensi dan
kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Dalam rancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment