Wednesday, June 15, 2016

SK DAN KD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB – B)



33. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunarungu (SDLB – B)

A.    Latar Belakang

 
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasian dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakan yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Dengan  standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia SDLB-B  ini diharapkan:
1.      peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2.      guru dapat memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.      guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.      orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program di sekolah;
5.      sekolah dapat menyusun program pendidikan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.      daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.


B. Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

1.      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.


C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

1.      Mendengarkan
2.      Berbicara
3.      Membaca
4.      Menulis.

Pada akhir pendidikan di SDLB – B peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 5 buku sastra dan nonsastra.



















D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

 

Kelas I, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan/menyimak
1.    Mengenal suara – suara yang ada di sekitar

1.1    Mengidentifikasi ada atau tidak ada suara  dengan atau tanpa ABM
1.2    Menanggapi suara-suara di sekitar yang teridentifikasi dengan berbagai reaksi

Berbicara/berisyarat
2.    Memperkenalkan diri sendiri,   dan fungsi anggota tubuh serta benda-benda di sekitar


2.1    Melakukan  percakapan  tentang  diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun dengan  bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan /atau isyarat
2.2    Menyapa orang lain  dengan menggunakan kalimat  sapaan yang tepat dan bahasa yang santun dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan  dan/atau isyarat
2.3    Melakukan  percakapan  tentang, nama dan  fungsi anggota tubuh, serta benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan /atau isyarat

Membaca
3.    Menirukan kata, dan kalimat sederhana


3.1    Membaca beberapa kata  sederhana.
3.2    Membaca kalimat sederhana

Menulis
4.    Menampilkan tulisan  permulaan

4.1    Menjiplak  berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
4.2    Mencontoh tulisan, kata, atau kalimat sederhana  dari buku atau papan tulis dengan benar
4.3    Menyalin bacaan hasil percakapan


Kelas I, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan/menyimak
5.    Mengenal suara  rabanan atau kata – kata yang diucapkan

5.1  Mengidentifikasi ada atau tidak ada suara rabanan  atau kata-kata  yang diucapkan
5.2  Menirukan  rabanan atau kata-kata yang diperdengarkan

Berbicara /berisyarat
6.  Mengidentifikasi  isi gambar  tunggal  atau seri, dengan   percakapan sederhana  

6.1  Melakukan  percakapan  dari  gambar tunggal atau gambar seri  sederhana  dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara dan /atau isyarat
6.2  Melakukan percakapan  sederhana  tentang diri  kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai   dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat

Membaca
7.   Memahami   bacaan hasil  percakapan 


7.1  Membaca  bacaan sederhana yang terdiri atas 3-5  kalimat
7.2  Menjawab  pertanyaan  dari bacaan  yang dibacanya

Menulis
8.   Menampilkan kalimat dan bacaan sederhana

8.1  Menulis  kalimat sederhana dengan menggunakan huruf tegak bersambung yang  benar dan rapi
8.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
8.3  Menyalin bacaan sederhana dengan tulisan tegak bersambung







Kelas II, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan/menyimak
1.    Mengenal  suara atau ucapan kata-kata

1.1  Menyimak ada  atau tidak ada suara dari  kata atau kalimat sederhana  dengan atau tanpa ABM
1.2  Menirukan ucapan  kata-kata atau  kalimat yang diperdengarkan

Berbicara/berisyarat
2.     Mendemontrasikan pertanyaan dan cerita


2.1  Bertanya/menanyakan sesuatu kepada orang lain   dengan  pilihan kata yang tepat dan  bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan /atau isyarat
2.2  Menceritakan kegiatan sehari-hari  dengan  bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan /atau isyarat

Membaca
3.    Memahami  bacaan  (10-15 kalimat)



3.1  Membaca bacaan  pendek (10-15 kalimat) isinya
3.2  Menjawab  pertanyaan  dari bacaan yang dibacanya


Menulis
4.    Menampilkan  cerita sederhana yang didiktekan guru

4.1  Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
4.2  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru  dengan huruf tegak bersambung memperhatikan











Kelas II, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan/menyimak
5.   Mengenal suara panggilan  nama-nama siswa

5.1     Menyimak ada  atau tidak ada suara dari  panggilan siswa  untuk anak yang memakai ABM atau anak tanpan ABM
5.2     Memberikan reaksi bila namanya dipanggil
Berbicara/berisyarat
6.   Mendemontrasikan tentang alam dan cerita anak


6.1     Melakukan  percakapan  tentang  tumbuhan atau binatang di sekitar   dengan  kalimat yang mudah dipahami orang lain  secara lisan dan/atau isyarat
6.2     Menceritakan kembali cerita  anak yang dibaca  dengan  kata-kata sendiri  Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat

Membaca
 7.  Memahami bacaan


7.1     Membaca bacaan   singkat  dengan  lancar
7.2     Membaca dalam hati bacaan  agak panjang (20-25 kalimat)
Menulis
8.   Menampilkan deskripsi sederhana dan menyalin bacaan



8.1     Menulis deskripsi sederhana tentang tumbuhan atau binatang di sekitar dengan kalimat sederhana
8.2     Menyalin  bacaan dengan huruf tegak bersambung














Kelas III, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan/menyimak
1.   Memahami  kalimat yang di  sampaikan


1.1  Membaca kalimat –kalimat yang diucapkan untuk anak yang memakai ABM atau anak tanpa ABM
1.2  Menirukan ucapan  kalimat – kalimat  yang diperdengarkan dengan intonasi  yang benar
Berbicara/berisyarat
2    Mendemontrasikan  pengalaman , sesuatu hal, seseorang dan tanggapan secara sederhana

2.1  Melakukan  percakapan tentang  pengalamannya  dan pengalaman teman  dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
2.2  Melakukan percakapan tentang  sesuatu  dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
2.3  Mendeskripsikan benda atau seseorang berdasarkan ciri-cirinya dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain  dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
2.4  Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan  kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat  dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
Membaca
3.   Memahami bacaan


3.1  Membaca teknik dengan teks bacaan  (sekitar 10-15 kalimat ) dengan memperhatikan tanda baca
3.2  Membaca intensif teks (100- 150 kata)
3.3  Menceritakan  kembali isi teks

Menulis
4.   Menampilkan  karangan sederhana dan cerita  anak


4.1  Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri   dengan  pilihan kata dan kalimat yang tepat ( ejaan, huruf kapital, dan tanda baca)
4.2 Melengkapi cerita anak  berdasarkan gambar


Kelas III, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan/menyimak
5.   Memahami  berbagai jenis kalimat yang diucapkan



5.1  Menyimak ada  atau tidak ada suara dari  berbagai jenis kalimat yang diucapkan
5.2  Menanggapi kalimat – kalimat  yang didengar dengan reaksi yang tepat
Berbicara/berisyarat
6.   Mendemontrasikan percakapan dan peristiwa


6.1  Melakukan percakapan melalui telepon dengan  kalimat ringkas secara ekspresif dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
6.2  Menceritakan peristiwa  yang pernah dialami, dilihat, atau didengar 
6.3  Menanggapi peristiwa  secara ekspresif dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
Membaca
7.   Mengenal teks dan puisi

7.1  Membaca intensif teks agak panjang (sekitar 150-200  kata) 
7.2  Meringkas isi teks bacaan.
7.3  Membaca puisi sangat sederhana dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Menulis
8.   Menampilkan karangan dan  puisi

8.1  Menulis  karangan tentang berbagai topik sederhana dengan  penggunaan ejaan yang tepat
8.2  Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang tepat
      .



Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan/menyimak
1.    Menganalis bacaan pendek 


1.1  Menunjukkan kalimat yang sedang dibacakan
1.2 Menunjukkan alinea  yang sedang dibacakan
Berbicara/berisyarat
2.    Mendeskripsikan tempat sesuai denah dan  petunjuk

2.1  Menunjukkan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut  dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
2.2  Menjelaskan petunjuk penggunaan  suatu alat dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
Membaca
3.    Menganalisis petunjuk pemakaian, kamus/ensiklopedi, denah, dan teks


3.1  Membaca  petunjuk pemakaian sesuatu dalam tanya jawab  
3.2  Membaca  memindai kamus/ensiklopedi untuk   informasi  secara  tepat
3.3  Membaca denah  dengan bahasa yang mudah dimengerti
3.4  Membaca  teks bacaan  agak panjang (150-200 kata) 
Menulis
4.    Menampilkan bacaan dan surat untuk teman


4.1  Melengkapi  bacaan dari  percakapan yang belum selesai dengan penggunaan ejaan yang tepat
4.2  Melengkapi pada bagian awal, tengah, atau akhir  cerita yang hilang (rumpang) dengan  kata/kalimat yang tepat  sehingga menjadi cerita yang padu
4.3  Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang komunikatif


Kelas IV Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan/menyimak
5.    Menerapkan  bacaan agak panjang



5.1    Menunjukkan  kalimat di mana bacaan itu  berhenti  dibacakan
5.2    Meneruskan bacaan dari pembaca sebelumnya dalam satu wacana
Berbicara/berisyarat
6.    Mendeskripsikan masalah dan percakapan aktual

6.1    Mempercakapkan masalah – masalah actual  yang  terjadi di sekitar  dengan bahasa  Indonesia yang baik dan benar secara lisan  dan/atau isyarat
6.2    Menuliskan hasil percakapan masalah  actual yang terjadi di sekitar dengan tanda baca yang benar
Membaca
7.    Memahami paragraf, pengumuman dan pantun

7.1    Membaca intensif   kalimat utama  pada tiap paragraf

7.2    Membaca  pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat

7.3    Membaca pantun anak  secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
8.    Menampilkan paragraf dan pengumuman


8.1    Menyusun paragraf berdasarkan  bahan   yang tersedia dengan penggunaan ejaan yang tepat
8.2    Menulis pengumuman dengan bahasa yang komunikati







Kelas V Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan/menyimak
1.   Menyimak pengumuman


1.1  Memperhatikan  pengumuman   menyampaikan    kembali  isinya
1.2  Menanggapi  pengumuman  dengan berbagai reaksi
Berbicara/berisyarat
2.   Memahami suatu persoalan melalui berwawancara sederhana dengan bahasa yang komunikatif  secara lisan dan/atau isyarat


2.1  Menanggapi  suatu persoalan atau peristiwa
2.2  Memberikan saran pemecahannya  dengan memperhatikaan pilihan kata dan santun berbahasa dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
2.3  Berwawancara sederhana dengan narasumber  (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll)
2.4  Melaporkan hasil wawancara  dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
Membaca
3.    Memahami teks percakapan,  dan  puisi

3.1  Membaca  teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2  Menceritakan kembali   isi percakapan dalam beberapa kalimat dengan kata-kata sendiri
3.3  Membaca bacaan
3.4  Menjawab pertanyaan dengan  benar
3.5  Membaca  puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat serta  menjelaskan isinya
Menulis
4.   Menampilkan karangan, surat undangan dan laporan  serta memerankan tokoh

4.1    Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan   sistematika dan penggunaan ejaan yang tepat
4.2    Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan kalimat efektif
4.3    Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan penggunaan ejaan yang tepat
4.4    Menulis dialog yang komunikatif
4.5    Memerankan teks dialog yang dibuat

Kelas V Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan/menyimak
5.    Memahami  cerita peristiwa dan cerita sederhana


5.1    Menyimak cerita tentang peristiwa  yang terjadi  di sekitar
5.2    Menanggapi cerita  dengan  berbagai  reaksi
Berbicara/berisyarat
6. Mendeskripsikan pendapat  tentang persoalan faktual dan  drama pendek


6.1    Memberikan pendapat  tentang persoalan yang  faktual dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
6.2    Memerankan drama pendek   dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
 Membaca
 7.   Memahami dua teks, dan cerita anak

7.1    Membaca dua teks 
7.2    Membandingkan isi dua teks 
7.3    Membaca memindai  secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll)
7.4    Membaca cerita anak
7.5    Menjawab  pertanyaan tentang isi cerita
Menulis
8.    Menganalisis isi buku,  poster,  dan  puisi bebas

8.1    Meringkas isi buku  yang dipilih sendiri  dengan  penggunaan ejaan yang tepat
8.2    Membuat poster dengan bahasa yang komunikatif
8.3    Menulis puisi  bebas dengan pilihan kata yang tepat















Kelas VI Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan/menyimak
1.    Memahami  bacaan teks

1.1     Meperhatikan  suatu teks yang  sedang  dibacakan
1.2     Mengucapkan  kembali  teks 
Berbicara/berisyarat
2.    Menampilkan  informasi dari media, Cetak atau elektronik


2.1     Menyampaikan  pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media  dengan bahasa yang runtut,  baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat 
2.2     Menanggapi   sesuatu disertai alasan dengan  bahasa yang santun, secara lisan dan/atau isyarat
2.3     Menceritakan   hasil pengamatan/kunjungan  dengan bahasa runtut,   baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
2.4     Memerankan tokoh-tokoh berdasarkan cerita yang dibaca dengan ekspresi yang sesuai
Membaca
3.    Menganalisis laporan dan teks dalam kolom khusus

3.1     Membaca intensif laporan hasil pengamatan/ kunjungan
3.2     Membahas isi dan penyajiannya
3.3     Membaca  sekilas informasi dalam kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll) 
3.4     Memberikan tanggapan  dalam bentuk pertanyaan atau saran
Menulis
4.    Menampilkan  berbagai jenis formulir,  ringkasan,   bacaan,dan  hasil  percakapan

4.1     Mengisi formulir (pendaftaran,  kartu anggota, wesel pos , kartu pos,  daftar riwayat hidup, transfer antarbank ,dll) dengan benar
4.2     Membuat ringkasan dari buku  yang dibaca.
4.3     Menulis bacaan hasil percakapan tentang berbagai topik dengan  penggunaan ejaan yang tepat

Kelas VI Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan/menyimak
5.    Memahami  pembacaan berita


5.1    Memperhatikan   suatu berita  sederhana yang ada di sekitar
5.2    Menanggapi suatu berita dengan berbagai reaksi
Berbicara/berisyarat
6.    Mendemontrasikan pidato, laporan isi buku, dan  puisi karya sendiri


6.1    Berpidato untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll) dengan  lafal, intonasi, dengan  ekspresi  yang tepat  secara lisan dan/atau isyarat
6.2    Melaporkan isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman,  dan isi) dengan kalimat yang runtut,  yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
6.3    Membaca puisi  karya sendiri dengan ekspresi yang tepat.
6.4    Menjelaskan isi puisi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan/atau isyarat
Membaca
7.    Memahami teks bacaan drama.  drama

7.1    Membaca intensif suatu teks
7.2    Menemukan makna yang tersirat dalam teks
7.3    Membaca teks drama anak-anak
7.4    Mempercakapkan  berbagai unsur teks drama (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, atau amanat)
Menulis
8.    Mengkontruksi naskah pidato, dan  surat


8.1    Menulis naskah pidato (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll)  dengan bahasa yang komunikatif dan santun serta  memperhatikan penggunaan ejaan
8.2    Menulis surat  dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju


E.     Arah pengembangan

      Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam rancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

No comments:

Post a Comment