32. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah
Dasar Luar Biasa Tunanetra (SDLB-A)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan
emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasian dalam mempelajari
semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik
mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan
perasaan, berpartisipasi dalam masyarakan yang menggunakan bahasa tersebut dan
menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam
dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan
peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar,
baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil
karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi
kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan,
keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia.
Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan
merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata
pelajaran Bahasa Indonesia SDLB-A ini
diharapkan:
1.
peserta
didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan
minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya dan hasil
intelektual bangsa sendiri;
2.
guru dapat
memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan
menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.
guru lebih
mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar sesuai dengan kondisi
lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.
orang tua
dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program di
sekolah;
5.
sekolah
dapat menyusun program pendidikan sesuai dengan keadaan peserta didik dan
sumber belajar yang tersedia;
6.
daerah dapat
menentukan bahan dan sumber belajar sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah
dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan
etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat
dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas
wawasan, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai
khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan
berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca (Braille)
4. Menulis (Braille).
Pada akhir pendidikan di SDLB peserta didik telah membaca
sekurang-kurangnya 5 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar
Kelas I,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Membedakan
bunyi, melakukan sesuatu perintah yang dilisankan,
dan mendengarkan dongeng
|
1.1 Mendengarkan dan membedakan berbagai
bunyi bahasa dan melafalkannya dengan benar
1.2 Mendengarkan
dan melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
1.3 Mendengarkan dongeng dan menyebutkan tokoh-tokohnya
|
2. Memahami intonasi pembacaan puisi anak
|
2.1 Membedakan
intonasi tinggi rendah dan keras lemah
2.2 Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal
dan intonasi yang sesuai
|
Berbicara
3. Memperkenalkan diri
|
3.1 Menyebutkan identitas diri (nama, umur,
alamat)
3.2 Merangkai identitas diri untuk
diinformasikan kepada orang lain dalam kalimat sederhana dan bahasa yang
santun.
|
4. Mengetahui nama dan fungsi anggota tubuh
serta benda-benda disekitar
|
4.1 Menyebutkan
nama dan fungsi anggota tubuh
4.2 Menyebutkan
benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana
|
Membaca (Braille)
5. Membaca nyaring suku kata, kata, dan
kalimat sederhana
|
5.1 Membaca
suku kata dan kata dalam huruf braille
5.2 Membaca
nyaring kalimat sederhana dengan lafal
dan intonasi yang tepat dalam huruf braille
|
Menulis (Braille)
6.
Menulis permulaan
|
6.1 Menyalin
atau mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku dengan huruf braille
6.2 Menulis-permulaan
huruf, kata, dan kalimat sederhana dengan huruf braille
6.3 Melengkapi
kalimat yang belum selesai
6.4 Menyalin
puisi anak sederhana
|
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
7. Mendengarkan deskripsi sederhana dan
dongeng
|
7.1 Menyimak deskripsi
sederhana tentang benda-benda di sekitar
7.2 Menyebutkan benda yang dideskripsikan
7.3 Menyimak
dongeng
7.4 Menjawab
pertanyaan sederhana tentang isi dongeng
|
Berbicara
8. Melakukan dialog sederhana tentang diri
sendiri dan rasa suka atau tidak suka,
serta dialog tokoh dongeng/cerita rakyat
|
8.1 Membaca teks percakapan sederhana
8.2 Melakukan percakapan sederhana
tentang diri sendiri menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah
dikuasai
8.3 Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan
alasan sederhana
8.4 Mengucapkan dialog sederhana tokoh
dongeng atau cerita rakyat yang
disukai dengan ekspresi yang sesuai
|
Membaca (Braille)
9. Membaca
lancar dan membaca puisi anak
|
9.1 Membaca
lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata
9.2 Menjawab pertanyaan sederhana
9.3 Membaca
puisi anak sederhana yang
terdiri atas 2-4 baris dengan lafal
dan intonasi yang tepat
9.4 Menjawab pertanyaan sederhana.
|
Menulis (Braille)
10.
Menulis puisi dan kalimat sederhana yang didiktekan guru
|
10.1 Menyalin
puisi anak yang disediakan atau yang didiktekan guru
10.2 Menulis
kalimat sederhana dengan benar dan rapi
10.3 Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru
|
Kelas II,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Mendengarkan pembacaan teks pendek dan pembacaan puisi anak
|
1.1 Mendengarkan
pembacaan teks pendek
1.2 Menceritakan
kembali isinya dengan menggunakan kata-kata
atau kalimat sendiri
1.3 Mendengarkan pembacaan puisi anak
1.4 Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
|
Berbicara
2. Bertanya kepada orang yang belum dikenal
|
2.1 Menyapa
orang yang belum dikenal
2.2 Menanyakan
sesuatu kepada orang lain yang belum dikenal dengan menggunakan pilihan kata
yang tepat dan santun berbahasa
|
3. Menampilkan cerita dan puisi
|
3.1 Menceritakan
kegiatan sehari-hari dengan bahasa
yang mudah dipahami orang lain
3.2 Menjawab
pertanyaan teman
3.3 Menjawab
pertanyaan guru
3.4 Mendeklamasikan
puisi dengan ekspresi yang tepat
|
Membaca (Braille)
4. Memahai bacaan dan puisi anak sederhana
|
4.1 Membaca lancar teks pendek (10-15
kalimat)
4.2 Menceritakan isi teks
4.3 Membaca puisi anak sederhana
4.4 Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
|
Menulis (Braille)
5. Menampilkan karya sastra
|
5.1 Menyalin
puisi anak yang disediakan guru
5.2 Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat atau kalimat singkat
5.3 Menulis
kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan penggunaan huruf kapital dan
tanda titik
|
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
6. Memahami pesan pendek dan dongeng yang
didengar
|
6.1 Mendengarkan pesan pendek
6.2 Menyampaikan isi pesan kepada orang lain (teman, guru,
atau orang tua)
6.3 Mendengarkan dongeng
6.4 Menceritakan isi dongeng dengan kalimat
sendiri
|
7. Memahami isi
cerita
|
7.1 Menyimak
cerita anak yang disampaikan orang lain
7.2 Menceritakan kembali isi cerita yang baru didengarnya
|
Berbicara
8. Mendeskripsikan tumbuhan dan binatang
|
8.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di
sekitar sesuai dengan ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami
orang lain
8.2 Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan
dengan menggunakan kata-kata sendiri
|
Membaca (Braille)
9. Membaca dengan nyaring teks (15-20
kalimat) dan dengan dalam hati (20-25
kalimat)
|
9.1 Mendeskripsikan tumbuhan disekitar sesuai
ciri-cirinya dengan kalimat yang mudah dipahami orang lain
9.2 Mendeskripsikan binatang disekitar sesuai ciri-cirinya dengan
kalimat yang mudah dipahami orang lain
9.3 Menyebut nama binatang atau tumbuhan sesuai dengan deskripsi
yang diberikan
|
10. Membaca
dengan nyaring dan dengan dalam hati
|
10.1 Membaca
nyaring teks (15-20 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
10.2 Membaca
dalam hati teks agak panjang (20-25 kalimat)
10.3 Membuat
kalimat tanya yang berkaitan dengan teks
|
Menulis (Braille)
11. Menulis
deskripsi sederhana
|
11.1 Menulis
deskripsi sederhana tentang tumbuhan
11.2 Menulis
deskripsi sederhana tentang binatang.
|
12. Menyalin
puisi anak
|
12.1 Menyalin
puisi anak yang disediakan guru
12.2 Menuliskan
puisi yang dibuat sendiri (bagi anak
yang pintar)
|
Kelas III,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan
cerita anak
|
1.1 Mendengarkan dengan santun penjelasan tentang petunjuk, untuk membuat sesuatu
1.2 Melaksanakan kegiatan sesuai dengan petunjuk yang didengar
1.3 Mendengarkan
cerita anak dan tanggap terhadap tokoh- tokohnya
|
Berbicara
2. Menceritakan atau menjelaskan sesuatu
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan
dengan kalimat yang runtut
2.2 Menanggapi cerita teman
2.3 Menjelaskan urutan berbuat sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.4 Mendeskripsikan benda atau seseorang
berdasarkan ciri-cirinya dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
2.5 Memberikan tanggapan terhadap cerita
teman
2.6 Memberikan tanggapan dan saran sederhana
terhadap suatu masalah dengan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
|
Membaca (Braille)
3. Membaca
nyaring dan intensif
|
3.1 Membaca nyaring teks (sekitar 20-25
kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2 Menjawab/mengajukan pertanyaan
3.3 Membaca intensif teks (100- 150 kata)
3.4 Menjelaskan isi teks bacaaan
|
4. Membaca dongeng
|
4.1 Membaca
dongeng dalam hati
4.2 Menceritakan
isi dongeng yang telah dibaca
|
Menulis (Braille)
5. Menulis
karangan sederhana dan dilengkapi puisi anak
|
5.1 Menulis
karangan sederhana berdasarkan pengalaman, berseri, dengan pilihan kata dan
kalimat yang tepat serta ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
5.2 Melengkapi
puisi anak yang disediakan guru
|
Kelas III,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
6. Memahami
cerita pengalaman dan bacaan teks drama anak
|
6.1 Mendengarkan cerita
pengalaman teman
6.2 Memberikan tanggapan
terhadap cerita pengalaman teman
6.3 Mendengarkan pembacaan teks drama anak/
dialog.
6.4 Memerankan, dan berdialog
|
Berbicara
7. Melakukan
percakapan melalui telepon dan bercerita berbagai peristiwa
|
7.1 Melakukan
percakapan melalui telepon dengan kalimat ringkas
7.2 Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami,
dilihat, atau didengar.
7.3 Memberikan
tanggapan sederhana terhadap cerita teman
|
Membaca (Braille)
8. Menunukkan teknik membaca intensif teks
(150-200 kata) dan membaca puisi
|
8.1 Membaca intensif teks agak panjang
(sekitar 150-200 kata)
8.2 Meringkas teks bacaan
8.3 Menjawab/mengajukan pertanyaan
8.4 Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat
|
Menulis (Braille)
9. Menulis karangan dan puisi
|
9.1 Menulis karangan tentang berbagai topik sederhana
dengan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda ttitik, tanda koma, dll)
9.2 Menulis
puisi berdasarkan pengalaman dengan pilihan kata yang menarik
|
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami
penjelasan tentang petunjuk denah dan
simbol daerah/lambang korps/lalu lintas
|
1.1 Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah
1.2 Menjawab pertanyaan
1.3 Mendengarkan penjelasan tentanng simbol daerah, lambang korps
atau lambang lalulintas
1.4 Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis simbol atau
lambang
1.5 Menjawab pertanyaan
|
Berbicara
2. Mendeskripsikan tempat sesuai denah dan
penjelaskan petunjuk
|
2.1 Mendeskripsikan
tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
2.2 Menjelaskan
petunjuk penggunaan suatu alat dengan
bahasa yang komunikatif
2.3 Menjawab
pertanyaan
|
Membaca (Braille)
3.
Memahami teks bacaan tentang petunjuk pemakaian, kamus/ensiklopedi,
denah, dan teks agak panjang (150-200 kata)
|
3.1 Membaca petunjuk pemakaian sesuatu
3.2 Menjawab
pertanyaan
3.3 Membaca
memindai kamus/ensiklopedi untuk mencari arti kata atau informasi
secara tepat
3.4 Membacakan denah dengan bahasa yang jelas
dan mudah dimengerti
3.5 Membaca sekilas teks agak panjang (150-200
kata) dan menemukan pikiran pokok
3.6 Menemukan pikiran pokok
|
Menulis (Braille)
4. Mengetahui penulisan petunjuk, bagian
cerita yang dihilangkan, dan penulisan surat
|
4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai
dengan memperhatikan ejaan( tanda titik dua, dan tanda petik)
4.2 Menulis petunjuk melakukan sesuatu
4.3 Menjelaskan cara membuat sesuatu
4.4 Melengkapi pada bagian awal, tengah, atau
akhir cerita yang hilang (rumpang)
dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat
sehingga menjadi cerita yang padu
4.5 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
atau cita-cita dengan bahasa yang komunikatif
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan
pantun
|
5.1 Mendengarkan
pengumuman kemudian menentukan isi dan menyampaikan kembali isinya
5.2 Mendengarkan
pembacaan pantun anak dan mengucapkannya kembali
|
Berbicara
6.
Mempraktekkan berbalas pantun, menyampaikan pesan dari telepon, dan
membahas masalah aktual di sekitar
|
6.1 Berbalas
pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui
telepon sesuai dengan isi pesan.
6.3 Membahas
masalah-masalah aktual yang terjadi di
sekitar dengan memberikan alasan yang tepat
|
Membaca (Braille)
7. Memahami bacaan
|
7.1 Membaca intensif dan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf
7.2 Membaca nyaring pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
7.3 Membaca pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Menulis (Braille)
8. Menyusun
paragraf, menulis pengumuman, dan membuat pantun anak
|
8.1 Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang
komunikatif dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang
berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll)sesuai dengan
ciri-ciri pantun
|
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat
|
1.1 Mendengarkan penjelasan dari narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll)
1.2 Memberikan tanggapan dengan memperhatikan santun berbahasa
1.3 Mendengarkan
cerita rakyat dari berbagai unsur
|
Berbicara
2. Memahami suatu persoalan dan berwawancara
sederhana dengan narasumber
|
2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa
2.2 Memberikan
saran pemecahannya dengan
memperhatikaan pilihan kata dan santun berbahasa
2.3 Berwawancara
sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan,
karyawan, dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
serta melaporkan hasil wawancara
|
Membaca (Braille)
3. Menganalisis teks percakapan, membaca
cepat dan membaca puisi
|
3.1 Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi
yang tepat
3.2 Menuliskan isi percakapan dalam beberapa kalimat
3.3 Membaca
cepat teks dan menjawab pertanyaan
dengan peluang ketepatan 75% benar
3.4 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.5 Menjelaskan
isi puisi
|
Menulis (Braille)
4. Memahami teknik penulisan karangan, dan
dialog 2-3 tokoh
|
4.1 Menulis karangan berdasarkan pengalaman
dengan memperhatikan sistematika dan
penggunaan ejaan
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama,
kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan kalimat efektif dan
memperhatikan penggunaan ejaan
4.3 Menulis
laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal,
perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.4 Menulis
dialog antara dua atau tiga tokoh
dengan memperhatikan isi dan ejaan serta memerankannya
|
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami cerita tentang peristiwa dan cerita pendek anak
|
5.1 Mendengarkan cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar
5.2 Mendengarkan cerita pendek anak-anak.
5.3 Menanggapi dari berbagai unsur (tokoh,
tema, latar, atau amanat)
|
Berbicara
6. Memberikan pendapat tentang persoalan faktual dan memerankan
drama pendek anak
|
6.1 Menanggapi tentang persoalan faktual disertai alasan
yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
6.2 Memerankan
drama pendek anak dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
Membaca
(Braille)
7.
Memahami bacaan sekilas dua
teks, membaca memindai teks khusus, dan membaca cerita anak
|
7.1 Membaca
sekilas dua teks
7.2 Membaca
memindai untuk menemukan informasi
secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal
perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll)
7.3 Membaca cerita
anak
|
Menulis (Braille)
8. Menganalisis isi buku, membuat poster,
dan menulis puisi bebas
|
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Membuat poster dengan bahasa yang
komunikatif
8.3 Menulis
puisi bebas dengan pilihan kata yang
tepat
|
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan
1. Memahami
pembacaan teks dan cerita anak
|
1.1 Mendengarkan pembacaan teks
1.2 Menentukan
tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari bacaan
|
Berbicara
2.
Menyampaikan informasi dari media, mengkritik/memuji, menceritakan
hasil pengamatan/kunjungan, dan memerankan tokoh cerita
|
2.1 Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari
berbagai media dengan bahasa yang
runtut dan komunikatif
2.2 Menanggapi (mengritik/memuji) sesuatu disertai alasan dengan menggunakan
bahasa yang santun
2.3 Menceritakan hasil pengamatan/ kunjungan dengan bahasa runtut dan komunikatif
2.4 Memerankan
tokoh-tokoh berdasarkan cerita yang dibaca atau didengar dengan ekspresi yang
sesuai
|
Membaca
(Braille)
3.
Memahami laporan dan membaca sekilas kolom khusus
|
3.1 Membaca
intensif laporan hasil pengamatan/kunjungan
3.2 Membaca sekilas informasi dalam kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll)
|
Menulis (Braille)
4. Memahami berbagai jenis formulir, membuat
ringkasan, meringkas, menyusun percakapan, dan mengubah puisi ke dalam bentuk
prosa
|
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu
pos, daftar riwayat hidup, transfer
antarbank ,dll) dengan benar
4.2 Membuat
ringkasan dari teks yang dibaca atau
didengar
4.3 Menyusun
percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.4 Mengubah
puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan maknanya
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Mendengarkan
5. Memahami
isi berita dan drama pendek
|
5.1 Mendengarkan
pembacaan berita di televisi atau radio
5.2 Mendengarkan
drama pendek
5.3 Menceritakan
isi drama pendek
|
Berbicara
6. Memahami cara-cara berpidato, melaporkan
isi buku, dan membaca puisi karya sendiri
|
6.1 Berpidato untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan
ulang tahun, dll) dengan lafal,
intonasi, dan ekspresi yang tepat
6.2 Melaporkan
isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah
halaman, dan isi) dengan kalimat yang
runtut
6.3 Membaca
puisi karya sendiri dengan ekspresi
yang tepat dan menjelaskan isinya
|
Membaca
(Braille)
7.
Memahami cara-cara membaca intensif dan teks drama
|
7.1 Membaca intensif teks dan menemukan makna
tersirat
7.2 Membaca
teks drama anak-anak dan membahas berbagai unsurnya (tokoh, latar,
alur, tema dan atau amanat)
|
Menulis (Braille)
8. Memahami cara-cara menyusun naskah
pidato, drama, dan menulis surat resmi
|
8.1 Menyusun
naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll) dengan bahasa yang komunikatif dan santun
serta memperhatikan penggunaan ejaan
8.2 Menulis
surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
8.3 Menulis
naskah drama anak secara berkelompok
dan memerankannya
|
E.
Arah pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi
arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
No comments:
Post a Comment