Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah
Menengah Atas Luar Biasa Tunanetra (SMALB – A)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan
emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasian dalam mempelajari
semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik
mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan
perasaan, berpartisipasi dalam masyarakan yang menggunakan bahasa tersebut dan
menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam
dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan
kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik
dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap
hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia
merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap
bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta
didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan
global.
Dengan
standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMALB-A ini diharapkan:
1. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai
dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan
terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2. guru dapat memusatkan perhatian pada pengembangan
kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa
dan sumber belajar;
3. guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan
bahan ajar sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta
didiknya;
4. orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat
dalam pelaksanaan program di sekolah;
5. sekolah dapat menyusun program pendidikan sesuai
dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6. daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar
sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan
kepentingan nasional.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi
secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan
maupun tulis
2.
Menghargai
dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa
negara
3.
Memahami
bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai
tujuan
4.
Menggunakan
bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan
emosional dan sosial
5.
Menikmati
dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi
pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.
Menghargai
dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual
manusia Indonesia.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan
berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.
Mendengarkan
2.
Berbicara
3.
Membaca
(Braille)
4.
Menulis
(Braille)
Pada akhir pendidikan di SMALB peserta didik telah membaca
sekurang-kurangnya 10 buku sastra dan nonsastra.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami siaran atau cerita dan puisi yang disampaikan secara langsung/tidak
langsung
|
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik
(berita dan non berita)
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra
(intrinsik dan ekstrinsik ) suatu cerita yang disampaikan secara langsung
/melalui rekaman
|
Berbicara
2 Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
|
2.1 Memperkenalkan diri dengan orang lain di dalam forum resmi dengan
intonasi yang tepat
2.2 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi
yang tepat
|
Membaca (Braille)
3. Memahami berbagai
teks bacaan sastra dan non sastra dengan berbagai teknik membaca
|
3.1 Mengidentifikasi ide teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik
membaca ekstensif
3.2 Membacakan puisi dengan lafal,
nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
|
Menulis (Braille)
4. Mengungkapkan informasi
dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriftif, ekspositif) dan
menulis puisi
|
4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf
naratif
4.2 Menulis hasil observasi dalam
bentuk paragraf deskriptif
4.3 Menulis gagasan secara logis
dan sistematis dalam bentuk ragam, paragraf ekspositif
|
Kelas X, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5 Memahami
informasi, dan cerita rakyat
melalui tuturan
|
5.1 Menyimpulkan isi informasi yang
disampaikan melalui tuturan langsung
5.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengar memalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang
dibacakan)
|
Berbicara
6 Mengungkapkan
komentar terhadap informasi dari berbagai sumber dan pendapat terhadap puisi
|
6.1 Menberikan kritik terhadap informasi dari media cetak
dan atau eletronik
6.2 Memberikan persetujuan
/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau
elektronik
|
Membaca (Braille)
7. Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca memindai
|
7.1 Merangkum seluruh isi
informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
7.2 Merangkum isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca
memindai
|
Menulis (Braille)
8. Mengungkapkan
informasi
melalui penulisan paragraf dan teks pidato
|
8.1 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan
menggunakan ejaan yang tepat
8.2 Menulis karangan berdasarkan
kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
8.3 Menulis karangan berdasarkan
pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
|
Kelas XI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1 Memahami
berbagai informasi dari sambutan /khotbah, wawancara, dan pementasan
drama
|
1.1 Menemukan pokok-pokok isi
sambutan/ khotbah yang didengar
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam
wawancara
1.3 Mengidentifikasi peristiwa,
pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama
|
Berbicara
2 Mengungkapkan secara lisan informasi hasil
membaca dan wawancara dalam pementasan drama
|
2.1 Menjelaskan secara lisan uraian
topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku )
2.2 Menjelaskan hasil wawancara
tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu
2.3 Menyampaikan dialog disertai
gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
|
Membaca (Braille)
3. Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca intensif dan membaca nyaring
|
3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui
kegiatan membaca intensif
3.2 Membacakan berita dengan
intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
|
Menulis (Braille)
4. Mengungkapkan informasi
dalam bentuk proposal, surat dagang,
karangan ilmiah
|
4.1 Menulis surat dagang dan surat kuasa
4.2 Melengkapi karya tulis dengan
daftar pustaka dan catatan
|
Kelas XI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5 Memahami
pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
|
5.1 Merangkum isi pembicaraan dalam
suatu diskusi atau seminar
5.2 Mengomentari pendapat seseorang
dalam suatu diskusi atau seminar
|
Berbicara
6
Menyampaikan laporan hasil
penelitian dalam diskusi atau seminar
|
6.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa
yang baik dan benar
6.2 Mengomentari tanggapan orang
lain terhadap presentasi hasil penelitian
|
Membaca (Braille)
7. Memahami ragam wacana tulis seperti novel dan hikayat
|
7.1 Membedakan fakta dan opini pada
editorial dengan membaca intensif
7.2 Mengungkapkan hal-hal yang
menarik dan dapat diteladani dari tokoh
7.3 Membandingkan unsur intrinsik dan
ekstrinsik
|
Menulis
(Braille)
8. Mengungkapkan informasi
dalam
bentuk rangkuman /ringkasan, notulen
rapat, dan naskah drama
|
8.1 Menulis rangkuman /ringkasan
isi buku
8.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisan
8.3 Menarasikan pengalaman manusia
dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
|
Kelas XII, Semester I
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1 Memahami
informasi dari berbagai laporan
|
1.1 Membedakan antara fakta dan
opini dari berbagai laporan lisan
1.2 Mengomentari berbagai laporan
lisan dengan memberikan kritik dan saran
|
Berbicara
2
Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
|
2.1 Menyampaikan gagasan dan
tanggapan alasan yang logis dalam diskusi
2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa
yang efektif dalam diskusi
|
Membaca (Braille)
3. Memahami artikel teks pidato, dan wacana sastra
|
3.1 Menemukan ide pokok dan
permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membaca nyaring teks
pidato dengan intonsi yang tepat
3.3 Membacakan puisi karya
sendiri dengan lafal, intonasi,
penghayatan, dan ekspresi yang sesuai
|
Menulis (Braille)
4. Mengungkapkan informasi
dalam
bentuk surat dinas, laporan, resensi
|
4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan
berdasarkan unsur-unsur dan struktur
4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan
format yang baku
4.3 Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen
dan daftar hadir
4.4 Menulis resensi buku
pengetahuan berdasarkan format baku
|
Kelas XII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5 Memahami
informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
|
5.1 Mengajukan saran perbaikan
tentang informasi yang disampaikan secara langsung
5.2 Mengajukan saran perbaikan
tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
|
Berbicara
6
Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato
tanpa teks
|
6.1 Mempresentasikan program
kegiatan/proposal
6.2 Berpidato tanpa teks dengan
lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
|
Membaca (Braille)
7. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan
membaca intensif
|
7.1 Menemukan ide pokok suatu teks
dengan membaca cepat 200 – 250 kata per menit
7.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola
paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
|
Menulis (Braille)
8. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam
penulisan karangan berpola
|
8.1 Menulis karangan berdasarkan
topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
8.2 Menulis esai berdasarkan topik
tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
|
E.
Arah
Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan
Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment