Wednesday, June 15, 2016

SK dan KD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunanetra (SMALB – A)




Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunanetra (SMALB – A)

A.    Latar Belakang

 
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasian dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakan yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Dengan  standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMALB-A  ini diharapkan:
1.      peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2.      guru dapat memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.      guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.      orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program di sekolah;
5.      sekolah dapat menyusun program pendidikan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.      daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.


B. Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

1.      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara

3.      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.


C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

1.      Mendengarkan
2.      Berbicara
3.      Membaca (Braille)
4.      Menulis (Braille)

Pada akhir pendidikan di SMALB peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 10 buku sastra dan nonsastra.

















D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar


Kelas  X,  Semester  1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami  siaran atau cerita dan puisi  yang disampaikan secara langsung/tidak langsung

1.1  Menanggapi siaran  atau informasi dari media elektronik (berita dan non berita)
1.2  Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik ) suatu cerita yang disampaikan secara langsung /melalui rekaman
Berbicara
2  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

2.1  Memperkenalkan diri dengan  orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat
2.2  Menceritakan  berbagai  pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
Membaca (Braille)
3. Memahami berbagai teks bacaan sastra dan non sastra dengan berbagai teknik membaca


3.1  Mengidentifikasi  ide teks nonsastra  dari berbagai sumber melalui teknik membaca  ekstensif
3.2  Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
Menulis (Braille)
4.  Mengungkapkan  informasi  dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriftif, ekspositif) dan menulis puisi



4.1  Menulis gagasan  dengan menggunakan pola urutan  waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
4.2  Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif
4.3  Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam, paragraf  ekspositif


Kelas X,  Semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5  Memahami  informasi, dan cerita rakyat  melalui tuturan

5.1  Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
5.2  Menyimpulkan isi informasi  yang didengar memalui tuturan  tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan) 
Berbicara
6 Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber dan pendapat terhadap puisi

6.1  Menberikan  kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau  eletronik
6.2  Memberikan persetujuan /dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik

Membaca (Braille)
7. Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca memindai




7.1  Merangkum seluruh  isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
7.2  Merangkum isi informasi dari suatu tabel  dan atau grafik ke dalam  beberapa kalimat dengan membaca memindai         
Menulis (Braille)
8.    Mengungkapkan  informasi 
      melalui penulisan paragraf dan teks pidato

8.1  Menulis hasil wawancara  ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
8.2  Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
8.3  Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
 

Kelas  XI,  Semester  1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1  Memahami  berbagai informasi dari sambutan /khotbah, wawancara, dan pementasan drama

1.1  Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar
1.2  Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara
1.3  Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama
Berbicara
2  Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara dalam pementasan drama

2.1  Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku )
2.2  Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu
2.3  Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh

Membaca (Braille)
3. Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca intensif dan membaca nyaring



3.1  Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
3.2  Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
Menulis (Braille)
4. Mengungkapkan  informasi 
     dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah

4.1  Menulis  surat dagang dan surat kuasa
4.2  Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan

 



Kelas  XI,  Semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5  Memahami  pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar

5.1  Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
5.2  Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
Berbicara
6  Menyampaikan laporan hasil  penelitian dalam diskusi atau seminar

6.1  Mempresentasikan  hasil penelitian  secara runtut  dengan menggunakan  bahasa  yang baik dan benar
6.2  Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian
Membaca (Braille)
7. Memahami ragam wacana tulis seperti novel dan hikayat



7.1  Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif
7.2  Mengungkapkan hal-hal yang menarik  dan  dapat diteladani dari tokoh
7.3  Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik

Menulis (Braille)
8. Mengungkapkan  informasi 
    dalam bentuk  rangkuman /ringkasan, notulen rapat, dan naskah drama

8.1  Menulis rangkuman /ringkasan isi buku
8.2  Menulis  notulen rapat sesuai dengan pola penulisan
8.3  Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
 

Kelas  XII,  Semester  I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1  Memahami  informasi dari berbagai laporan

1.1  Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
1.2  Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
Berbicara
2  Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi

2.1  Menyampaikan gagasan dan tanggapan alasan yang logis dalam diskusi
2.2  Menyampaikan intisari  buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
Membaca (Braille)
3. Memahami artikel teks pidato, dan wacana sastra



3.1  Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
3.2  Membaca nyaring teks  pidato dengan intonsi yang tepat
3.3  Membacakan puisi karya sendiri  dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai
Menulis (Braille)
4. Mengungkapkan  informasi 
    dalam bentuk  surat dinas, laporan, resensi

4.1  Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
4.2  Menulis  surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
4.3  Menulis  laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
4.4  Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku




Kelas  XII,  Semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5  Memahami  informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan

5.1  Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung
5.2  Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
Berbicara
6  Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks

6.1  Mempresentasikan program kegiatan/proposal  
6.2  Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Membaca (Braille)
7. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif


7.1  Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 200 – 250 kata per menit
7.2  Menentukan kalimat  kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
Menulis (Braille)
8. Mengungkapkan  pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola


8.1  Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
8.2  Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup



E.     Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan  pembelajaran, dan indikator pencapaian  kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan  pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

No comments:

Post a Comment