Friday, June 24, 2016

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik


Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik

Bagi seorang gamers, harga mahal sebuah laptop gaming tentu tidak terlalu menjadi masalah untuk mendapatkan kepuasan tersendiri dalam bermain game di sebuah notebook. Mereka membutuhkan laptop dengan spesifikasi tinggi agar bisa menjalankan bermacam-macam game berat tanpa mengalami hambatan. Selain bisa digunakan untuk bermain game, laptop gaming juga bisa digunakan untuk hal-hal lain seperti kegiatan multimedia ataupun hanya sekedar browsing. Berbeda dengan PC dan komputer gaming, dengan memiliki laptop khusus game, tentu kamu bisa bermain game dimana saja.


1. Prosesor

tips-beli-laptop-gaming-1

Prosesor adalah otak dari sebuah laptop. Semakin tinggi sebuah prosesor, tentu performa dari laptop gaming tersebut akan semain baik. Laptop gaming saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan prosesor tinggi, baik itu Intel maupun AMD. Jika kamu adalah salah satu pemain game berat dengan durasi panjang, lebih baik kamu memilih sebuah laptop yang menggunakan prosesor Intel. Karena prosesor ini terbukti lebih hemat daya dan tidak cepat panas. Pada laptop gaming dengan prosesor Intel, pastikan kamu memilih laptop dengan prosesor berlabel MQ ataupun HQ (contoh: i7-6700HQ). Jangan paksa prosesor lable U untuk digunakan bermain game, karena prosesor berlabel U biasanya digunakan untuk hal-hal ringan saja. Minimal prosesor Intel yang dibutuhkan dari laptop gaming adalah Intel Core i5, yang disarankan Intel Core i7. Sedangkan untuk prosesor AMD yang disarankan adalah A10 dan FX Series. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan prosesor (GHz). Semakin tinggi angka GHz, maka akan semakin baik.



2. VGA

tips-beli-laptop-gaming-2 

VGA (Video Graphic Adapater / kartu grafis / graphic card) adalah salah satu bagian terpenting dalam memilih sebuah laptop gaming berkualitas. VGA mempengaruhi tampilan dan kualitas game pada saat kita mainkan. Karena game saat ini biasanya memiliki tampilan yang 'Wah'. Minimun VGA yang dibutuhkan dalam laptop gaming adalah Nvidia GT840. Disarankan memilih Nvidia GTX Series, seperti GTX950, GTX960, GTX970 atau GTX980. Sedangkan untuk VGA AMD, kamu bisa mencoba R7 230 ke atas atau R9 Series.

3. RAM

tips-beli-laptop-gaming-3 
RAM (Random Access Memory) juga menjadi salah satu bagian penting dalam memilih laptop gaming. Pastikan kamu membeli laptop gaming yang memiliki RAM di atas 4GB. Selain itu pastikan juga laptop gaming tersebut menyediakan sebuah slot RAM tambahan, hal ini bertujuan agar kamu mudah untuk melakukan upgrade RAM saat dirasa kurang. Jenis RAM yang digunakan DDR3, akan lebih baik jika menggunakan RAM DDR4. Game-game berat saat ini seperti GTAV, MAD MAX, Watch Dog, dll, membutuhkan paling tidak RAM 8GB agar bisa berjalan dengan baik.


4. Media Penyimpanan

tips-beli-laptop-gaming-4
Ada dua media penyimpanan pada sebuah laptop, yaitu SSD dan HDD. Pada laptop gaming, lebih baik kamu pilih yang memiliki HDD minimal 1TB (1000 GB). Pasalnya game saat ini akan memakan banyak storage saat di-install. Beberapa laptop gaming terbaru saat ini menyediakan slot untuk menambah HDD agar penyimpanannya bisa ditambah, hal ini juga bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih laptop gaming.
Perlu kamu ketahui, jika kamu membeli sebuah laptop gaming yang memiliki SSD, jangan pernah install game ke SSD. SSD biasanya memiliki kapasitas terbatas, gunakan SSD hanya untuk menyimpan operasi sistem. Jika kapasitas SSD kamu besar (500GB++), kamu boleh menaruh game di dalamnya.

5. Baterai

tips-beli-laptop-gaming-5
Daya tahan baterai pada laptop gaming sering menjadi masalah bagi banyak pengguna. Karena laptop gaming berkualitas menggunakan spesifikasi tinggi dan kinerja yang cukup berat. Kebanyakan baterainya tidak bisa bertahan lebih dari 2 jam saat sedang bermain game. Meski kamu memilih laptop gaming dengan baterai besar, tetap saja kamu akan merasa boros saat menggunakannya sambil bermain game.
Baterai laptop saat ini juga dibedakan menjadi dua, removable (bisa dilepas) dan non-removable (tidak bisa dilepas). Lebih baik kamu membeli laptop dengan baterai yang mudah dilepas, agar mudah menggantinya saat baterai sudah rusak. Mencabut baterai laptop saat sedang dimainkan bukanlah hal yang cukup baik untuk dilakukan. Hal ini akan merusak motherboard laptop kamu jika terjadi mati listrik secara tiba-tiba.



6. Resolusi Layar

tips-beli-laptop-gaming-6
Resolusi layar minimal yang dibutuhkan untuk memilih sebuah laptop gaming adalah FHD 1920x1080. Sedangkan untuk ukuran layarnya minimal 15.6 inch, jika ingin lebih baik kamu bisa pakai 17.3 inci. Semakin besarnya resolusi layar dan ukuran layar tentu bermain game akan menjadi lebih maksimal, hal ini juga berhubungan dengan kualitas VGA yang digunakan.

7. Keyboard

tips-beli-laptop-gaming-7Keyboard akan menjadi bagian yang sering digunakan saat bermain game di laptop gaming, kecuali jika kamu menggunakan keyboard eksternal. Keyboard laptop gaming saat ini sudah dilengkapi backlight, hal ini mempermudah para gamers menekan keyboard saat keadaan gelap. Patikan kamu juga memilih laptop gaming yang memiliki Numpad untuk memudahkan pengetikan angka-angka secara cepat.

8. Audio

tips-beli-laptop-gaming-8
Meski mendengarkan suara lewat headphone gaming lebih baik daripada langsung di speaker. Tentunya kamu juga harus memperhatikan kualitas suara pada laptop gaming yang ingin kamu beli. Pada seri laptop gaming Asus ROG, biasanya sudah disematkan software Republic of Gamers Audio Wizard yang bisa digunakan untuk mengubah kualitas suara sesuai kebutuhan kamu.

9. Port

tips-beli-laptop-gaming-9 
Port juga hal-hal yang cukup penting untuk diperhatikan sebelum membeli laptop gaming. Beberapa port yang mungkin dibutuhkan para gamers adalah USB 3.0, HDMI / Mini Display Port. Pastikan laptop gaming yang ingin kamu beli memiliki setidaknya 3 Port USB 3.0 untuk menghubungkan beragam perangkat lain ke Laptop. Sedangkan untuk HDMI / Mini Display Port, berguna untuk menghubungkan ke layar yang lebih besar (contoh: Monitor Gaming ASUS MG279Q).

10. Desain

tips-beli-laptop-gaming-10Biasanya setiap laptop gaming memiliki desain yang menarik perhatian. Jika kamu adalah orang yang sering bepergian, kamu bisa memilih laptop gaming dengan desain body tipis agar mudah dibawa kemana-mana. Meski begitu, biasanya laptop gaming desain body tipis memiliki harga yang lebih mahal dibanding laptop lainnya.

11. Operasi Sistem

tips-beli-laptop-gaming-11
Laptop gaming saat ini biasanya sudah disematkan sebuah operasi sistem Windows di dalamnya, baik itu Windows 8 ataupun Windows 10 64Bit. Jika kamu tidak memiliki banyak budget, kamu bisa membeli sebuah laptop gaming yang tidak memiliki operasi sistem. Perbedaan harga antara laptop gaming dengan Windows dan tanpa Windows sekitar 1 jutaan.

12. Afer-sales

tips-beli-laptop-gaming-12After-sales atau tempat servis juga hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya. Kamu tidak bisa mengetahui apa masalah yang akan terjadi pada laptop yang sudah kamu beli tadi. Jika kamu beli laptop dari produsen dengan after-sales bertanggung jawab, tentu saat laptop kamu rusak, kamu dapat dengan mudah melakukan perbaikan di service center resminya.

13. Harga

tips-beli-laptop-gaming-13Terakhir adalah harga. Untuk mendapatkan laptop gaming berkualitas, tentu harga yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Laptop gaming terbaik bisa kamu beli dengan harga mulai dari 10 jutaan. Jika kamu rajin mencari, kamu mungkin akan mendapatkan laptop gaming dengan harga murah. Beberapa contoh laptop gaming dari berbagai vendor:
  • Acer: Predator
  • Asus: Republic of Gamers
  • Dell: Alienware
  • HP: Omen
  • Lenovo: Y Series
  • MSI: Gaming G Series
  • Xenom: Phoenix, Shiva, Pegasus, Siren, Hercules
Itulah beberapa tips sebelum memilih laptop gaming agar tidak terjadi kesalahan saat membeli laptop gaming karena harganya yang mahal. Jika kamu tips lainnya, kamu bisa share di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment