Wednesday, June 15, 2016

SK dan KD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunalaras (SDLB-E)





35. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tunalaras (SDLB-E)

A.    Latar Belakang

 
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasian dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakan yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Dengan  standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia SDLB-E  ini diharapkan:
1.      peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2.      guru dapat memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.      guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.      orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program di sekolah;
5.      sekolah dapat menyusun program pendidikan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.      daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.


B. Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

1.      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.


C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

1.      Mendengarkan
2.      Berbicara
3.      Membaca
4.      Menulis.

Pada akhir pendidikan di SDLB peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 5 buku sastra dan nonsastra.


















D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

    Kelas I, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.  Membedakan bunyi, melakukan sesuatu perintah yang dilisankan, dan  mendengarkan dongeng

1.1  Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi bahasa dan melafalkannya dengan benar
1.2  Mendengarkan dan melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
1.3  Mendengarkan dongeng dan menyebutkan  tokoh-tokohnya
2.   Memahami intonasi 
      pembacaan puisi anak
2.1  Membedakan intonasi tinggi rendah dan keras lemah
2.2  Mendeklamasikan puisi anak dengan lafal dan intonasi yang sesuai
Berbicara
3.   Memperkenalkan diri


3.1  Menyebutkan identitas diri (nama, umur, alamat)
3.2  Merangkai identitas diri untuk diinformasikan kepada orang lain dalam kalimat sederhana dan bahasa yang santun

4.   Mengetahui nama dan fungsi anggota tubuh serta benda-benda di sekitar

4.1  Menyebutkan nama dan fungsi anggota tubuh
4.2  Menyebutkan benda-benda di sekitar dengan kalimat sederhana
Membaca
5.  Membaca nyaring suku kata, kata, dan kalimat sederhana


5.1  Membaca nyaring suku kata dan kata
5.2  Membaca nyaring kalimat  sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat


Menulis
6.   Menulis permulaan

6.1  Menyalin atau mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana  dari buku
6.2  Menulis-permulaan huruf, kata, dan kalimat sederhana
6.3  Melengkapi kalimat yang belum selesai
6.4  Menyalin puisi anak sederhana

    Kelas I, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.    Mendengarkan deskripsi sederhana dan dongeng

7.1  Menyimak deskripsi sederhana tentang benda-benda di sekitar
7.2  Menyebutkan benda yang dideskripsikan
7.3  Menyimak dongeng
7.4  Menjawab pertanyaan sederhana tentang isi dongeng
Berbicara
8.    Melakukan dialog sederhana tentang diri sendiri dan  rasa suka atau tidak suka, serta dialog tokoh dongeng/cerita rakyat


8.1  Membaca teks percakapan sederhana
8.2  Melakukan percakapan  sederhana  tentang diri sendiri menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai
8.3  Menyampaikan rasa suka atau tidak suka  tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana
8.4  Mengucapkan dialog sederhana  tokoh  dongeng atau cerita rakyat  yang disukai dengan ekspresi yang sesuai
Membaca
9.   Membaca  lancar dan membaca puisi anak


9.1  Membaca  lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata
9.2  Menjawab pertanyaan sederhana
9.3  Membaca  puisi anak  sederhana yang terdiri  atas 2-4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
9.4  Menjawab pertanyaan sederhana
Menulis
10.  Menulis puisi dan kalimat sederhana yang didiktekan guru

10.1   Menyalin puisi anak yang disediakan atau yang didiktekan guru
10.2   Menulis kalimat sederhana dengan benar dan rapi
10.3   Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru

    Kelas II, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.   Mendengarkan pembacaan teks pendek dan pembacaan puisi anak

1.1  Mendengarkan pembacaan teks pendek
1.2  Menceritakan kembali isinya  dengan menggunakan kata-kata atau kalimat  sendiri
1.3  Mendengarkan pembacaan puisi anak
1.4  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
Berbicara
2.   Bertanya kepada orang yang belum dikenal


2.1  Menyapa orang yang belum dikenal
2.2  Menanyakan sesuatu kepada orang lain yang belum dikenal dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
3.  Menampilkan cerita dan puisi
3.1  Menceritakan kegiatan sehari-hari  dengan bahasa yang  mudah dipahami orang lain
3.2  Menjawab pertanyaan teman
3.3  Menjawab pertanyaan guru
3.4  Mendeklamasikan puisi dengan  ekspresi yang tepat
Membaca
4.   Memahai bacaan dan puisi anak sederhana


4.1  Membaca lancar teks pendek (10-15 kalimat)
4.2  Menceritakan isi teks
4.3  Membaca puisi anak sederhana
4.4  Menjawab pertanyaan tentang isi puisi
Menulis
5.   Menampilkan karya sastra

5.1  Menyalin puisi anak yang disediakan guru
5.2  Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat atau kalimat singkat
5.3  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.



  Kelas II, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
6.   Memahami pesan pendek dan dongeng yang didengar

6.1     Mendengarkan pesan pendek
6.2     Menyampaikan isi pesan kepada orang lain (teman, guru, atau  orang tua)
6.3     Mendengarkan dongeng
6.4     Menceritakan isi dongeng dengan kalimat sendiri
7.   Memahami isi cerita


7.1     Menyimak cerita anak yang disampaikan orang lain
7.2     Menceritakan kembali isi cerita yang baru didengarnya
Berbicara
8.   Mendeskripsikan tumbuhan dan binatang.


8.1     Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai dengan ciri-cirinya menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
8.2     Menceritakan kembali cerita  anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
Membaca
9.    Membaca dengan nyaring teks (15-20 kalimat) dan  dengan dalam hati (20-25 kalimat)


9.1     Mendeskripsikan tumbuhan disekitar sesuai ciri-cirinya dengan kalimat yang mudah dipahami orang lain
9.2     Mendeskripsikan binatang disekitar sesuai ciri-cirinya dengan kalimat yang mudah dipahami orang lain
9.3     Menyebut nama binatang atau tumbuhan sesuai dengan deskripsi yang diberikan
10.  Membaca dengan nyaring dan dengan dalam hati
10.1   Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
10.2   Membaca dalam hati teks agak panjang (20-25 kalimat)
10.3   Membuat kalimat tanya yang berkaitan dengan teks
Menulis
11.  Menulis deskripsi sederhana

11.1   Menulis deskripsi sederhana tentang tumbuhan
11.2   Menulis deskripsi sederhana tentang binatang
12.   Menyalin puisi anak
12.1   Menyalin puisi anak yang disediakan guru
12.2   Menuliskan puisi yang dibuat sendiri (bagi anak  yang pintar)
 

Kelas III, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.    Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak


1.1  Mendengarkan dengan santun penjelasan tentang  petunjuk, untuk membuat sesuatu
1.2  Melaksanakan kegiatan sesuai dengan petunjuk yang didengar
1.3  Mendengarkan cerita anak dan tanggap terhadap tokoh- tokohnya
Berbicara
2.    Menceritakan atau menjelaskan sesuatu

2.1  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan kalimat yang runtut
2.2  Menanggapi cerita teman
2.3  Menjelaskan urutan berbuat sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami 
2.4  Mendeskripsikan benda atau seseorang berdasarkan ciri-cirinya dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
2.5  Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
2.6  Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat
Membaca
3.    Membaca nyaring dan intensif


3.1  Membaca nyaring teks (sekitar 20-25 kalimat ) dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2  Menjawab/mengajukan pertanyaan
3.3  Membaca intensif teks (100- 150 kata)
3.4  Menjelaskan isi teks bacaaan
4.    Membaca dongeng
4.1  Membaca dongeng dalam hati
4.2  Menceritakan isi dongeng yang telah dibaca
Menulis
5.    Menulis karangan sederhana dan dilengkapi puisi anak


5.1  Menulis karangan sederhana berdasarkan pengalaman, berseri, dengan pilihan kata dan kalimat yang tepat serta ejaan, huruf kapital, dan tanda titik
5.2  Melengkapi puisi anak  yang disediakan guru

  Kelas III, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.   Memahami cerita pengalaman  dan bacaan teks drama anak


5.1  Mendengarkan cerita pengalaman teman.
5.2  Memberikan tanggapan terhadap cerita pengalaman teman
5.3  Mendengarkan pembacaan teks drama anak/ dialog
5.4  Memerankan, dan berdialog
Berbicara
6.   Melakukan percakapan melalui telepon dan bercerita berbagai peristiwa


6.1  Melakukan percakapan melalui telepon dengan kalimat ringkas
6.2  Menceritakan peristiwa  yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
6.3  Memberikan tanggapan sederhana terhadap cerita teman
Membaca
7.  Menunukkan teknik membaca intensif teks (150-200 kata) dan membaca puisi

7.1  Membaca intensif teks agak panjang (sekitar 150-200  kata)
7.2  Meringkas teks bacaan
7.3  Menjawab/mengajukan pertanyaan
7.4  Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Menulis
8.  Menulis karangan dan puisi

8.1  Menulis  karangan tentang berbagai topik sederhana dengan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda ttitik, tanda koma, dll)
8.2  Menulis puisi berdasarkan pengalaman dengan pilihan kata yang menarik






  Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.    Memahami penjelasan tentang petunjuk denah  dan simbol daerah/lambang korps/lalu lintas


1.1     Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah
1.2     Menjawab pertanyaan
1.3     Mendengarkan penjelasan tentanng simbol daerah, lambang korps atau lambang lalulintas
1.4     Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis simbol atau lambang
1.5     Menjawab pertanyaan
Berbicara
2.    Mendeskripsikan tempat sesuai denah dan penjelaskan petunjuk

2.1     Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
2.2     Menjelaskan petunjuk penggunaan  suatu alat dengan bahasa yang komunikatif
2.3     Menjawab pertanyaan
Membaca
3.    Memahami teks bacaan tentang petunjuk pemakaian, kamus/ensiklopedi, denah, dan teks agak panjang (150-200 kata)


3.1     Membaca  petunjuk pemakaian sesuatu
3.2     Menjawab pertanyaan
3.3     Membaca memindai kamus/ensiklopedi untuk mencari arti kata atau informasi  secara  tepat
3.4     Membacakan denah dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti
3.5     Membaca sekilas teks agak panjang (150-200 kata) dan menemukan pikiran pokok
3.6     Menemukan pikiran pokok
Menulis
4.    Mengetahui penulisan petunjuk, bagian cerita yang dihilangkan, dan penulisan surat


4.1     Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan ejaan( tanda titik dua, dan tanda petik)
4.2     Menulis petunjuk melakukan sesuatu.
4.3     Menjelaskan cara membuat sesuatu
4.4     Melengkapi pada bagian awal, tengah, atau akhir  cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat  sehingga menjadi cerita yang padu
4.5     Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang komunikatif

  Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.   Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun

5.1    Mendengarkan pengumuman kemudian menentukan isi dan menyampaikan kembali isinya
5.2    Mendengarkan pembacaan pantun anak dan mengucapkannya kembali
Berbicara
6.    Mempraktekkan berbalas pantun, menyampaikan pesan dari telepon, dan membahas masalah aktual di sekitar

6.1    Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
6.2    Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan.
6.3    Membahas masalah-masalah aktual yang terjadi di   sekitar dengan memberikan alasan yang tepat
Membaca
7.    Memahami bacaan

7.1    Membaca intensif  dan menemukan kalimat utama  pada tiap paragraf

7.2    Membaca nyaring pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat

7.3    Membaca pantun anak  dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
8.    Menyusun paragraf, menulis pengumuman, dan membuat pantun anak


8.1     Menyusun paragraf berdasarkan  bahan   yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.2     Menulis pengumuman dengan bahasa yang komunikatif dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.3     Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, ketekunan, kepatuhan, dll)sesuai dengan ciri-ciri pantun








Kelas V, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.    Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat  

1.1    Mendengarkan penjelasan dari narasumber  (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll)
1.2    Memberikan tanggapan dengan memperhatikan santun berbahasa
1.3    Mendengarkan cerita rakyat dari berbagai unsur
Berbicara
2.    Memahami suatu persoalan dan berwawancara sederhana dengan narasumber


2.1    Menanggapi  suatu persoalan atau peristiwa
2.2    Memberikan saran pemecahannya  dengan memperhatikaan pilihan kata dan santun berbahasa
2.3    Berwawancara sederhana dengan narasumber  (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa serta  melaporkan hasil wawancara
Membaca
3.    Menganalisis teks percakapan, membaca cepat  dan membaca puisi

3.1    Membaca  teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2    Menuliskan  isi percakapan dalam beberapa kalimat
3.3    Membaca cepat teks  dan menjawab pertanyaan dengan peluang ketepatan 75% benar
3.4    Membaca  puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.5    Menjelaskan isi puisi
Menulis
4.    Memahami teknik penulisan karangan, dan dialog 2-3 tokoh

4.1    Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan  sistematika dan penggunaan ejaan
4.2    Menulis surat undangan (ulang tahun, acara agama, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan
4.3    Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.4    Menulis dialog antara dua atau tiga  tokoh dengan memperhatikan isi dan ejaan serta memerankannya


Kelas V, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.     Memahami cerita tentang peristiwa dan cerita pendek anak


5.1  Mendengarkan cerita tentang  peristiwa yang terjadi di sekitar
5.2  Mendengarkan cerita pendek anak-anak
5.3  Menanggapi dari berbagai unsur (tokoh, tema, latar,  atau amanat)
Berbicara
6.   Memberikan pendapat  tentang persoalan faktual dan memerankan drama pendek anak

6.1  Menanggapi  tentang persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
6.2  Memerankan drama pendek anak  dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Membaca
7.    Memahami bacaan sekilas dua teks, membaca memindai teks khusus, dan membaca cerita anak

7.1  Membaca sekilas dua teks
7.2  Membaca memindai untuk  menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll)
7.3  Membaca cerita anak
Menulis
8.    Menganalisis isi buku, membuat poster, dan menulis puisi bebas

8.1  Meringkas isi buku  yang dipilih sendiri  dengan memperhatikan penggunaan ejaan
8.2  Membuat poster dengan bahasa yang komunikatif
8.3  Menulis puisi  bebas dengan pilihan kata yang tepat

Kelas VI, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.    Memahami pembacaan  teks dan cerita anak

1.1    Mendengarkan  pembacaan teks
1.2    Menentukan tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari bacaan
Berbicara
2.    Menyampaikan informasi dari media, mengkritik/memuji, menceritakan hasil pengamatan/kunjungan, dan memerankan tokoh cerita

2.1    Menyampaikan  pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media  dengan bahasa yang runtut dan komunikatif
2.2    Menanggapi (mengritik/memuji)  sesuatu disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun
2.3    Menceritakan   hasil pengamatan/kunjungan  dengan bahasa runtut  dan komunikatif
2.4    Memerankan tokoh-tokoh berdasarkan cerita yang dibaca atau didengar dengan ekspresi yang sesuai
Membaca
3.    Memahami laporan dan membaca sekilas kolom khusus

3.1    Membaca intensif laporan hasil pengamatan/kunjungan
3.2    Membaca  sekilas informasi dalam kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll)
Menulis
4.    Memahami berbagai jenis formulir, membuat ringkasan, meringkas, menyusun percakapan, dan mengubah puisi ke dalam bentuk prosa

4.1    Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos,  daftar riwayat hidup, transfer antarbank ,dll) dengan benar
4.2    Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau  didengar
4.3    Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.4    Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan maknanya

Kelas VI, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.    Memahami isi berita  dan drama pendek 

5.1    Mendengarkan pembacaan berita di televisi atau radio
5.2    Mendengarkan drama pendek
5.3    Menceritakan isi drama pendek
Berbicara
6.    Memahami cara-cara berpidato, melaporkan isi buku, dan membaca puisi karya sendiri

6.1    Berpidato untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll) dengan  lafal, intonasi, dan ekspresi  yang tepat
6.2    Melaporkan isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman,  dan isi) dengan kalimat yang runtut
6.3    Membaca puisi  karya sendiri dengan ekspresi yang tepat dan menjelaskan isinya
Membaca
7.    Memahami cara-cara membaca intensif dan teks drama

7.1    Membaca intensif teks dan menemukan makna tersirat
7.2    Membaca teks drama anak-anak dan membahas berbagai unsurnya (tokoh,  latar,  alur, tema dan atau amanat)
Menulis
8.    Memahami cara-cara menyusun naskah pidato, drama,  dan menulis surat resmi

8.1    Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll)  dengan bahasa yang komunikatif dan santun serta  memperhatikan penggunaan ejaan
8.2    Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
8.3    Menulis naskah  drama anak secara berkelompok dan memerankannya





E.     Arah pengembangan

      Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

No comments:

Post a Comment