Wednesday, June 15, 2016

SK dan KD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunanetra (SMPLB – A)




32. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tunanetra (SMPLB – A)

A.    Latar Belakang

 
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasian dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakan yang menggunakan bahasa tersebut dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Dengan  standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMPLB-A  ini diharapkan:
1.      peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2.      guru dapat memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3.      guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4.      orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program di sekolah;
5.      sekolah dapat menyusun program pendidikan sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6.      daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.


B. Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

1.      Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.      Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara

3.      Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.      Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.      Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
6.      Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.


C.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

1.      Mendengarkan
2.      Berbicara
3.      Membaca (Braille)
4.      Menulis (Braille)

Pada akhir pendidikan di SMPLB peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya 8 buku sastra dan nonsastra.


















D.  Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar

Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita dan dongeng

1.1  Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
1.2  Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
1.3  Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan berbicara dan menyampaikan pengumuman

2.1  Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif.
2.2  Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
Membaca (Braille)
3. Memahami ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai cara membaca

3.1  Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
3.2  Mengungkapkan isi bacaan setelah membaca cepat 150  kata permenit
3.3  Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
3.4  Mengomentari buku cerita yang dibacakan
Menulis (Braille)
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi

4.1  Menuliskan buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
4.2  Menuliskan surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa.
4.3  Menuliskan teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar


Kelas VII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara dan pembacaan puisi

5.1  Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara
5.2  Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
5.3  Menanggapi cara pembacaan puisi
Berbicara
6.    Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita, cerpen dan bertelepon

6.1  Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai.
6.2  Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun.
6.3  Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial
Membaca (Braille)
7.    Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai

7.1  Mengungkapkan hal-hal yang dapat meneladani dari buku biografi yang dibaca dengan membaca intensif dan
7.2  Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
7.3  Menentukan informasi secara tepat dari tabel/ diagram yang dibaca dengan membaca memindai
Menulis (Braille)
8.   Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi, pesan singkat, dan kegiatan menulis kreatif puisi

8.1  Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung
8.2  Menuliskan pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun
8.3  Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam



Kelas VIII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.    Memahami wacana lisan berbentuk laporan dan mengapresiasi pementasan drama

1.1     Menganalisis laporan
1.2     Menanggapi isi laporan
1.3     Menanggapi unsur pementasan drama
Berbicara
2.    Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan

2.1     Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
2.2     Menyampaikan laporan lisan dengan baik dan benar
Membaca (Braille)
3.    Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat

3.1     Menemukan informasi dengan cara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai
3.2     Menemukan tempat atau arah dengan konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah
3.3     Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 200 kata permenit
Menulis (Braille)
4.    Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk

4.1     Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2     Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
4.3     Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dengan menggunakan bahasa yang efektif




Kelas VIII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.    Memahami isi berita dari radio/televisi

5.1   Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengarkan atau ditonton  melalui radio/televisi
5.2   Mengemukakan kembali berita yang didengarkan atau ditonton  melalui radio/televisi
Berbicara
6.    Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler

6.1   Menyampaikan persetujuan sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
6.2   Membawakan cara dengan baik dan benar, serta santun
Membaca (Braille)
7.    Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring

7.1   Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
7.2   Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
7.3   Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas
Menulis (Braille)
8.    Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, selogan/poster, dan menulis kreatif drama

8.1   Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer
8.2   Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas
8.3   Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif
8.4   Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide




Kelas IX, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.    Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio

1.1     Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tanyangan televisi/siaran radio
1.2     Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif dari tayangan televisi/siaran radio
Berbicara
2.    Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan

2.1     Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
2.2     Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas
Membaca (Braille)
3.    Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif membaca memindai, dan buku novel remaja

3.1     Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif
3.2     Menemukan informasi yang ditemukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan  membaca memindai
3.3     Menanggapi hal yang menarik dari kesiapan novel remaja
Menulis (Braille)
4.    Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, karangan, dan pikiran serta perasaan dalam puisi bebas

4.1     Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas
4.2     Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
4.3     Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai




Kelas IX, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5.    Memahami isi pidato/ khotbah/ceramah dan wacana sastra jenis syair

5.1  Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar
5.2  Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/ khotbah.
5.3  Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan
Berbicara
6.   Mengungkapakan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi

6.1  Berpidato/berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
6.2  Menerapkan prinsip-prinsip diskusi
Membaca (Braille)
7.   Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif dan membaca cepat

7.1  Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif
7.2  Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif
7.3  Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat + 100 kata permenit
Menulis (Braille)
8  .  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca dan cerpen


8.1  Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
8.2  Menulis teks pidato/ceramah/khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
8.3  Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah
8.4  Menuliskan kembali dengan kalimat sendiri yang pernah dibaca

E.     Arah pengembangan

      Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

No comments:

Post a Comment