32. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa
Tunanetra (SMPLB – A)
A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan
emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasian dalam mempelajari
semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik
mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan
perasaan, berpartisipasi dalam masyarakan yang menggunakan bahasa tersebut dan
menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam
dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan
kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik
dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap
hasil karya kesastraan manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia
merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan
penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap
bahasa dan sastra Indonesia. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta
didik untuk memahami dan merespon situasi lokal, regional, nasional, dan
global.
Dengan
standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia SMPLB-A ini diharapkan:
1. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai
dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan
terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2. guru dapat memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi
bahasa peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber
belajar;
3. guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan
bahan ajar sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta
didiknya;
4. orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat
dalam pelaksanaan program di sekolah;
5. sekolah dapat menyusun program pendidikan sesuai
dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6. daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar
sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan
kepentingan nasional.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan
etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis
2.
Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia
sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara
3.
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat
dan kreatif untuk berbagai tujuan
4.
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
intelektual, serta kematangan emosional dan sosial
5.
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas
wawasan, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa
6.
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai
khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa
Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca (Braille)
4. Menulis (Braille)
Pada akhir pendidikan di SMPLB peserta
didik telah membaca sekurang-kurangnya 8 buku sastra dan nonsastra.
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi
dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan berita dan dongeng
|
1.1 Menyimpulkan
isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
1.2 Menuliskan
kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
1.3 Menemukan
hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi
melalui kegiatan berbicara dan menyampaikan pengumuman
|
2.1 Menceritakan
pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan
kalimat efektif.
2.2 Menyampaikan
pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang
lugas dan sederhana
|
Membaca (Braille)
3. Memahami ragam teks sastra dan non sastra
dengan berbagai cara membaca
|
3.1 Menemukan
makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai konteks yang
diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
3.2 Mengungkapkan
isi bacaan setelah membaca cepat 150
kata permenit
3.3 Membacakan
berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
3.4 Mengomentari
buku cerita yang dibacakan
|
Menulis (Braille)
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam
buku harian dan surat pribadi
|
4.1 Menuliskan
buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan
dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menuliskan
surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa.
4.3 Menuliskan
teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
|
Kelas VII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan melalui kegiatan
wawancara dan pembacaan puisi
|
5.1 Menyimpulkan
pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan
dalam wawancara
5.2 Menuliskan
dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
5.3 Menanggapi
cara pembacaan puisi
|
Berbicara
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan pengalaman melalui
kegiatan menanggapi cerita, cerpen dan bertelepon
|
6.1 Menceritakan
tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan
mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai.
6.2 Bertelepon
dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun.
6.3 Menjelaskan
hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial
|
Membaca (Braille)
7.
Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca
memindai
|
7.1 Mengungkapkan
hal-hal yang dapat meneladani dari buku biografi yang dibaca dengan membaca
intensif dan
7.2 Menemukan
gagasan utama dalam teks yang dibaca
7.3 Menentukan
informasi secara tepat dari tabel/ diagram yang dibaca dengan membaca
memindai
|
Menulis (Braille)
8.
Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi, pesan singkat,
dan kegiatan menulis kreatif puisi
|
8.1 Mengubah
teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat
langsung
8.2 Menuliskan
pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa
yang santun
8.3 Menulis
kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami wacana lisan berbentuk laporan dan mengapresiasi pementasan
drama
|
1.1 Menganalisis
laporan
1.2 Menanggapi
isi laporan
1.3 Menanggapi
unsur pementasan drama
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi
laporan
|
2.1 Berwawancara
dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika
berwawancara
2.2 Menyampaikan
laporan lisan dengan baik dan benar
|
Membaca (Braille)
3.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
|
3.1 Menemukan
informasi dengan cara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan
membaca memindai
3.2 Menemukan
tempat atau arah dengan konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera
pada denah
3.3 Menyimpulkan
isi suatu teks dengan membaca cepat 200 kata permenit
|
Menulis (Braille)
4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan
petunjuk
|
4.1 Menulis
laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis
surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat
dan bahasa baku
4.3 Menulis
petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dengan menggunakan bahasa
yang efektif
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami isi berita dari radio/televisi
|
5.1 Menemukan
pokok-pokok berita (apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang
didengarkan atau ditonton melalui
radio/televisi
5.2 Mengemukakan
kembali berita yang didengarkan atau ditonton
melalui radio/televisi
|
Berbicara
6.
Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi
dan protokoler
|
6.1 Menyampaikan
persetujuan sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan
bukti atau alasan
6.2 Membawakan
cara dengan baik dan benar, serta santun
|
Membaca (Braille)
7. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
|
7.1 Menemukan
masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca
ekstensif
7.2 Menemukan
informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
7.3 Membacakan
teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang
jelas
|
Menulis (Braille)
8.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita,
selogan/poster, dan menulis kreatif drama
|
8.1 Menulis
rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer
8.2 Menulis
teks berita secara singkat, padat, dan jelas
8.3 Menulis
slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang
bervariasi, serta persuasif
8.4 Menulis
kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
|
Kelas IX, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
1.
Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
1.1 Menyimpulkan
isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tanyangan televisi/siaran
radio
1.2 Mengomentari
pendapat narasumber dalam dialog interaktif dari tayangan televisi/siaran
radio
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk komentar
dan laporan
|
2.1 Mengkritik/memuji
berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
2.2 Melaporkan
secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas
|
Membaca (Braille)
3.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif membaca memindai,
dan buku novel remaja
|
3.1 Membedakan
antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan
membaca intensif
3.2 Menemukan
informasi yang ditemukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui
kegiatan membaca memindai
3.3 Menanggapi
hal yang menarik dari kesiapan novel remaja
|
Menulis (Braille)
4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, karangan, dan
pikiran serta perasaan dalam puisi bebas
|
4.1 Menulis
iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas
4.2 Menyunting
karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata,
keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
4.3 Menulis
puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
|
Kelas IX, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Mendengarkan
5.
Memahami isi pidato/ khotbah/ceramah dan wacana sastra jenis syair
|
5.1 Menyimpulkan
pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar
5.2 Memberi
komentar tentang isi pidato/ceramah/ khotbah.
5.3 Menemukan
tema dan pesan syair yang diperdengarkan
|
Berbicara
6.
Mengungkapakan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan
diskusi
|
6.1 Berpidato/berceramah/berkhotbah
dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
6.2 Menerapkan
prinsip-prinsip diskusi
|
Membaca (Braille)
7.
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif
dan membaca cepat
|
7.1 Menemukan
gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif
7.2 Mengubah
sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca
intensif
7.3 Menyimpulkan
gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat + 100 kata permenit
|
Menulis (Braille)
8 . Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca dan
cerpen
|
8.1 Menulis
karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber
8.2 Menulis
teks pidato/ceramah/khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif
8.3 Menulis
surat pembaca tentang lingkungan sekolah
8.4 Menuliskan
kembali dengan kalimat sendiri yang pernah dibaca
|
E.
Arah pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar
menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment