Monday, July 25, 2016

HAKIKAT DAN KONSEP BUKU TEKS, PENUNJANG


HAKIKAT DAN KONSEP BUKU TEKS, PENUNJANG



 Buku Teks
Pengertian Buku Teks
Tarigan danTarigan( dalam Prihatinah 2012:8).Buku teks adalah buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk maksud-maksud dan tujuaninstruksional, yang diperlengkapi dengan sarana- sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah - sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang sesuatu program pengajaran.
Berdasar pendapat tersebut, bukuteks digunakan untuk mata pelajaran tertentu. Penggunaan buku teks tersebutdidasarkan pada tujuan pembelajaran yang mengacu pada kurikulum. Selainmenggunakan buku teks, pengajar dapat menggunakan sarana-sarana ataupunteknik yang sesuai dengan tujuan yang sudah dibuat sebelumnya.Penggunaanyang memadukan buku teks, teknik serta sarana lain ditujukan untukmempermudah pemakai buku teks terutama peserta didik dalam memahamimateri.
Greene dan Petty ( dalam Prihatinah,2012:8). merumuskan butir-butir dalam penilaian buku teks yaitu:
a.       buku teks itu haruslah menarik minat anak-anak, yaitu para siswa mempergunakannya.
b.      buku teks itu haruslah mampu memberi motivasi kepada para siswa yangmemakainya,
c.       buku teks itu haruslah memuat ilustrasi yang menarik hati para siswa yangmemanfaatkannya,
d.      buku teks itu seyogianyalah mempertimbangkan aspek-aspek linguistiksehingga sesuai dengan kemampuan para siswa yang memakainya,
e.       buku teks itu isinya haruslah berhubungan erat dengan pelajaran-pelajaranlainnya; lebih baik lagi kalau dapat menunjangnya dengan rencana, sehinggasemuanya merupakan suatu kebulatan yang utuh dan terpadu,
f.       buku teks itu haruslah dapat menstimulasi, merangsang aktivitas-aktivitaspribadi para siswa yang mempergunakannya,
g.      buku teks itu haruslah dengan sadar dan tegas menghindari konsep-konsepyang samar-samar dan tidak biasa, agar tidak sempat membingungkan parasiswa yang memakainya,
h.      buku teks itu haruslah mempunyai sudut pandangan atau “point of view” yang jelas dan tegas sehingga juga pada akhirnya menjadi sudut pandangan para pemakainya yang setia,
i.        buku teks itu haruslah mampu memberi pemantapan, penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa,
j.        buku teks itu haruslah dapat menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para siswa pemakainya.
Berdasarkan paparan tersebut, kualitas buku teks dapat dilihat berdasarkan aspek isi/ materi, penyajian, grafika, serta aspek kebahasaan. Materi dalam buku  teks buku teks itu isinya haruslah sesui dengan tujuan pembelajaran yang berdasar pada kurikulum, lebih baik lagi jika materi tersebut terintegrasi denganpelajaran lain namun tetap menghargai hal-hal yang tidak bertentangan seperti agama.
Materi buku teks diharapkan dapat membuat siswa giat mempelajari kembali meskipun di luar proses belajar mengajar.Selain aspek materi, cara menyajikan materi dalam suatu buku teks diharapkan sistematis dan dapat membuat siswa lebih memahami pengetahuan yang sesuai dengan umur siswa. Aspek penyajian materi berhubungan erat dengan aspek grafika. Materi dalam buku teks hendaknya diimbangi dengan ilustrasi yang menarik dan sesuai dengan materi sehingga membantu siswa dalam memahamidan berimajinasi tentang suatu pokok bahasan. Aspek kebahasaan tidak kalahpenting, dalam menyajikan materi hendaknya menggunakan bahasa yang mudahdipahami namun jika memungkinkan, penggunaan kata-kata dalam penyajianmateri tidak monoton dan dikembangkan sesuai jenjang atau tingkatan sekolahsiswa.
Indikator atau ciri penanda buku teks atau buku pelajaran menurut Muslich (dalam Mubasiroh 2013: 35) adalah sebagai berikut:
a.       Buku teks merupakan buku sekolah yang ditujukan bagi siswa pada jenjang pendidikan tertentu;
b.      Buku teks berisi bahan yang telah terseleksi;
c.       Buku teks selalu berkaitan dengan bidang studi atau mata pelajaran tertentu;
d.       Buku teks biasanya disusun oleh para pakar di bidangnya;
e.       Buku teks ditulis untuk tujuan instruksional tertentu;
f.       Buku teks biasanya dilengkapi dengan sarana pembelajaran;
g.      Buku teks disusun secara sistematis megikuti strategi pembelajaran tertentu;
h.      Buku teks untuk diasimilasikan dalam pembelajaran;
i.        Buku teks disusun untuk menunjang program pembelajaran.

Jenis-jenis Buku Teks
Menurut Wiratno ( dalam Prihatinah 2012:10).) jenis-jenis bukuteks yang digunakan di sekolah untuk pendidikan dasar dan menengah, baik untuk
murid maupun guru, yang digunakan untuk proses pembelajaran adalah:
a.       buku teks utama, yakni yang berisi pelajaran suatu bidang tertentu yang digunakan sebagai pokok bagi murid atau guru,
b.      buku teks pelengkap, yakni yang sifatnya membantu, memperkaya, atau merupakan tambahan dari buku teks utama baik yang dipakai murid maupun guru.
Berdasar paparan di atas, ada dua golongan buku teks yaitu sebagai buku teks utama dan buku teks pelengkap yang keduanya dapat digolongkan lagi berdasarkan mata pelajaran, mata kuliah, penulisan buku teks, dan berdasar jumlah penulis buku teks. Buku pelengkap biasanya disebut juga buku penunjang.

Pemgertian Buku Penunjang
Buku penunjang adalah buku yang dijadikan sebagai materi penunjang dan bahan penganyaan bagi murid atau peserta didik. Dengan definisi sederhana ini, maka buku penunjang pelajaran bisa diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu :
Buku penunjang yang secara langsung menunjang pembelajaran sekolah (pendamping buku  teks buku pelajaran ). Buku penunjang yang berfungsi sebagai bacaan penganyaan  pengetahuan siswa. Buku penunjang yang pertama umumnya bacaan ringkasan atau intisari, bank soal , dan pembahasaan. Buku penunjang pelajaran jenis ini berisikan ringkasan atau intisari pelajaran sesuai tingkat pendidikan, dengan dilengkapi atau tidak dengan kumpulan soal dan pembahasan.Misalnya : mengenal pantun, mahir berbahasa Indonesia.
Sedangkan buku penunjang pelajaran yang kedua adalah naskah yang bersifat penganyaan atas materi buku-buku teks untuk memperkaya wawasan siswa, misalnya disertai contoh-contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari.
Menurut Sitepu (2012:16) Buku pelajaran pelengkap atau buku pengayaan berisi informasi yang melengkapi buku pelajaran pokok. Penganyaan yang dimaksud adalah memberikan informasi tentang pokok bahasan tertentu yang ada dalam kurikulum secara lebih luas dan secara lebih dalam. 



DAFTAR RUJUKAN

BSNP. 2014a. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran SMA/MA. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. (online),(bsnp- indonesia.org/id/wp-content/uploads/2016/03/15-bahasa Indonesia.rar, diakses 15 Maret 2016).
BSNP. 2014b. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran SMA/MA Komponen Kelayakan Kegrafikaan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. (online),(bsnp- indonesia.org/id/wp-content/uploads/2016/03/18-ASPEK-KEGRAFIKAAN.rar, diakses 8 Maret 2016).
Depdiknas. 2008.Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Balai Pustaka.
Echols,John M. Dan Hassan Shadily.2003. An  English-Indonesian Dictionary .Jakarta.Gramedia
Esti, Prihatinah (2012).Keterbacaan Wacana Dalam Buku Teks Marsudi Basa Lan Sastra Jawa Anyar Kelas VIII Untuk Pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Menengah Pertama.Yogyakarta: S1 Thesis Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusumaningsih, Dewi dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Mubasiroh, Siti Latifah.2013.Pengembangan Buku Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Pendekatan Proses Untuk Siswa SMA dan MA Kelas XI.Yogyakarta: Program Strata 1 Universitas Negeri Yogyakarta.
Muchlisin Asti, Badiatul. 2015. Peluang Menulis Buku Penunjang (online)http://www.kompasiana.com/abu_fathan/peluang-menulis-buku-penunjang-pelajaran_550b9223a33311781b2e394e, diakses 18 April 2016)
Mahsun. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Teks.  Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.
Nugroho,Eko.2013.Pengembangan Buku Ajar Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X IPA 5 Semester Genap SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Ajaran 2013/2014.Jember:Program Strata1 UNMUH JEMBER.
Refsa, Nanda. 2016.Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana (online),(http://www.materi kelas .com/2016/02/contoh-teks-eksplanasi-tentang-bencana.htmlTanah, diakses 8 Maret 2016).
Sitepu,B.P.2013.Penulisan Buku Teks Pelajaran.Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Syaodih Nana. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
 

No comments:

Post a Comment