Monday, May 23, 2016

Apa itu sastra



Karya sastra merupakan sebuah karya yang memiliki nilai edukasi, etika, dan estetika. Karya sastra juga memiliki aspek yang sangat penting, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Analisis aspek intrinsik karya sastra ialah analisis mengenai karya sastra itu sendiri tanpa melihat kaitannya dengan data di luar cipta sastra  tersebut, aspek ekstrinsik hanyalah dalam hubungan menetapkan nilai isinya (Sugiarti, 2007:25).

 Wellek berpendapat bahwa karya sastra bersifat imajinatif, sifat imajinatif merupakan hakikat karya sastra. Maksudnya bahwa pengalaman atau peristiwa yang dituangkan dalam karya sastra bukan pengalaman atau peristiwa yang sesungguhnya tetapi merupakan hasil rekaan saja. Dengan kata lain, dunia sastra adalah dunia khayal, dunia yang terjadi karena khayalan pengarang (fictionaly)

Sastra sebagai seni merupakan kegiatan kreatif menghasilkan sesuatu berupa: puisi, novel, cerita pendek. Orang menghasilkan karya sastra disebut sastrawan atau penyair (dalam bidang puisi), novelis (dalam bidang novel) (Badrun, 1983:76).

            Sedangkan sastra sebagai ilmu adalah menyelidiki sastra secara ilmiah. hal ini syarat-syarat ilmiah diperlukan, misalnya: sistematika, metode, obyek dan sebagainya. Dengan kata lain seni sastra / karya sastra merupakan obyek penyelidikan sastra secara ilmiah. Oleh sebab itu sastra s
ebai ilmu pengetahuan atau ilmu sastra adalah berusaha menyelidiki karya sastra dengan mengupas berbagai aspek, misalnya : hakekat karya sastra dan sebagainya. Orang yang berkecimpung dalam bidang ini disebut ahli sastra. ( Badrun, 1983:87 )

Sastra sebagai bentuk karya tulis memiliki keindahan bila dibanding dengan jenis tulisan lain. Menurut Wikipedia (2007: 89), dijelaskan bahwa sastra merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta sastra (shastra), yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman",  dari kata dasar sas- yang berarti "instruksi" atau "ajaran”.  Pada  bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu. Selain itu dalam arti kesusastraan, sastra bisa dibagi menjadi sastra tertulis dan sastra lisan (sastra oral). Kategori sastra ada novel, cerpen, syair, pantun, dan drama. 
Sastra adalah suatu kegiatan kreatif, sebuah karya seni Wellek danWarren (1990:3). Seorang pengarang mengekspresikan dan mengkreasikan imajinasi serta pengalaman hidup yang dimilikinya menjadi sebuah karya yang memiliki keindahan dan manfaat bagi orang lain, hasil karya tersebut disampaikan oleh seorang pengarang dengan menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Sastra yang ditulis oleh seorang pengarang mengandung khayalan atau rekaan. tetapi, memiliki kemiripan dengan kenyataan.

Daftar Rujukan

Badrun, Ahmad. 1983. Pengantar Ilmu Sastra. Surabaya: PT. Usaha Nasional

Aminudin. 1990. Sekitar Masalah Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.
 

No comments:

Post a Comment