Thursday, May 26, 2016

Strategi Pembelajaran Picture and Picture




Pengertian Strategi Pembelajaran
      Proses pembelajaran membutuhkan strategi pembelajaran yang menarik. Strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dapat membuat peserta didik senang dengan pembelajaran yang dilakukan. Penggunaan strategi pembelajaran yang menarik perlu digunakan agar pembelajaran lebih menyenangkan.
         Menurut Trianto (2007:85), strategi-strategi belajar mengacu pada perilaku dan proses-proses berpikir yang digunakan oleh siswa dalam mempengaruhi hal-hal yang dipelajari, termasuk proses memori dan metakognitif. Menurut Pressley (dalam trianto, 2007:85), strategi-strategi belajar adalah operator-operator kognitif meliputi dan terdiri atas proses-proses yang secara langsung terlibat dalam menyelesaikan suatu tugas. Suyono dan Hariyanto (2014:20) berpendapat, strategi pembelajaran pada hakikatnya terkait perencanaan atau kebijakan yang dirancang di dalam mengelola pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
           Sedangkan Sulistyono, mendefinisikan strategi belajar sebagai tindakan khusus yang dilakukan oleh seseorang untuk mempermudah, mempercepat, lebih menikmati, lebih mudah memahami secara langsung, lebih efektif, dan lebih mudaah ditransfer ke dalam situasi yang baru (dalam Trianto, 2007:86). Mars (dalam Suyono dan Hariyanto, 2014:20) membedakan strategi pembelajaran dengan teknik pembelajaran secara sederhana. Strategi pembelajaran adalah suatu cara untuk meningkatkan pembelajaran yang optimal bagi siswa termasuk bagai-mana mengelola disiplin kelas dan organisasi pembelajaran. Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan strategi pembelajaran adalah kerangka yang diterapkan oleh pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.


Hakikat Strategi Pembelajaran Picture and Picture
        Menurut Aqib (2014:18), strategi pembelajaran Picture and Picture (gambar dan gambar)merupakan model pembelajaran yang memiliki mirip dengan model pembelajaran example non-example. Model pembelajaran ini seperti halnya example non-example didasarkan atas contoh. Namun, contoh pada metode ini lebih ditekankan pada gambar. Perbedaan kedua model pembelajaran ini adalah penekanan contoh yang ditampilkan oleh pendidik.
       Menurut Suprijono (dalam Huda, 2014:236), Picture and Picture (gambar dan gambar)merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Sedangakan menurut Hamid (2013:217), model pembelajaran Picture and Picture (gambar dan gambar) adalah strategi di mana guru menggunakan alat bantu atau media gambar untuk menerangkan sebua materi dan menanamkan pesan yang ada dalam materi tersebut. Berdasarkan kedua pendapat di atas dapat disimpulkan model pembelajaran Picture and Picture (gambar dan gambar) merupakan model pembelajaran yang menggunakan alat bantu gambar untuk menerangkan suatu materi kepada siswa.
Kelebihan
Menurut Huda (2014:239), strategi pembelajaran Picture and Picture (gambar dan gambar)memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan strategi pembelajaran Picture and Picture (gambar dan gambar) diuraikan sebagai berikut. (a) Guru lebih mengetahui kemampuan masing-masing siswa. (b) Siswa dilatih berfikir logis dan sistematis. (c) Siswa dibantu belajar berfikir berdasarkan sudut pandang suatu subjek bahasan dengan memberikan kebebasan siswa dalampraktik. (d) Motivasi siswa untuk belajar semakin dikembangkan. (e) Siswa dilibatkan dalam perencanaan dan pengelolaan kelas.
Kekurangan
Selain memiliki kelebihan, menurut Huda (2014:39), strategi pembelajaran Picture and Picture (gambar dan gambar)juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan strategi pembelajaran Picture and Picture (gambar dan gambar)di-uraikan sebagai berikut. (a) Memakan banyak waktu.(b) Membuat sebagian siswa pasif. (c) Munculnya kekhawatiran akan terjadi kekacauan di kelas. (d) Adanya beberapa siswa tertentu yang terkadang tidak senang jika disuruh bekerja sama dengan yang lain. (e) Kebutuhan akan fasilitas, alat, dan biaya yang cukup memadai.



Langkah-langkah Penerapan Strategi Pembelajaran Picture and Picture
       Penerapan strategi pembelajaran Picture and Picture (gambar dan gambar) harus menggunakan langkah-langkah yang tepat. Menurut Aqib (2014:18), langkah-langkah strategi pembelajaran Picture and Picture (gambar dan gambar)diuraikan sebagai berikut. (a) Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. (b) Menyajikan materi sebagai pengantar. (c) Guru menunjukkan/ memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi. (d) Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/ mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis. (e) Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut. (f) Dari alasan/urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. (g) Kesimpulan/rangkuman.

No comments:

Post a Comment