Wednesday, June 1, 2016

Resep Takjil Enak dan Segar


ANEKA TAKJIL BUAT RAMADAN





Bubur Dingin Frutila

              Anda tentu sudah tahu bahwa bubur bukan hanya dapat disantap hangat, seperti bubur ayam, tapi juga dapat disantap dingin. Seperti yang satu ini Ladies, bubur sumsum dingin yang dipadukan dengan buah-buahan siap menemani santap buka puasa Anda. Ikuti resep yang dilansir oleh
Sajiansedap.com berikut ini ya Ladies.

Bahan Dasar:

50 g tepung beras
100 g gula pasir
1/4 sdt garam
700 ml susu cair
Bahan Topping:

150 g stroberi, dipotong menjadi 4
150 g melon, dipotong dadu
350 g es batu
4 sdm susu kental manis
Cara Membuat:

             Campurkan tepung beras, gula pasir, garam dan susu cair, masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin, ambil bubur dan tuangkan dalam gelas saji. Tambahkan es batu dan potongan buah. Tuangkan susu kental manis di atasnya, sesuai selera. Sajikan. Wah, segarnya buah dan manisnya susu siap melepaskan dahaga Anda setelah seharian berpuasa nih Ladies. Selamat mencoba ya.








Es Kopi Dengan Oreo Super Segar Nan Lembut

            Saat berbuka puasa, sangat disarankan untuk mengawalinya dengan makanan atau minuman yang manis. Biasanya, seseorang akan berbuka dengan takjil berupa minuman yang tak hanya manis tetapi juga segar seperti halnya es buah atau jus buah. Namun, jika Anda bosan dengan takjil berupa es buah atau es teh, kali ini Vemale akan memberikan satu resep takjil buka puasa yang segar nan nikmat berupa es kopi dengan oreo. 

Bagaimana cara membuatnya dan apa saja bahannya? Simak ulasannya di bawah ini. 

Bahan

4 keping biskuit oreo (buang krimnya)
200 gram es batu (serut)
3 skop es krim cokelat 
100 ml air kopi kental 
Sirup cokelat/cokelat bubuk
Susu cokelat 
Wafer stick (secukupnya)

Cara Membuat

                 Masukkan biskuit oreo, es batu serut, es krim cokelat, air kopi kental dan sirup cokelat ke dalam blender lalu blender hingga semua bahan menjadi halus dan lembut.Siapkan gelas saji dan masukkan es yang telah diblender ke dalam gelas saji. Siram dengan susu cokelat dan tambahkan wafer stick. 
Es kopi dengan oreo pun siap untuk disajikan sebagai takjil buka puasa.Itulah cara sederhana dan murah membuat takjil buka puasa kopi dengan oreo. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan sajikan menu ini untuk keluarga tercinta. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi Anda yang menjalankannya.








Es Semangka Lemon Segar

           Mau yang segar untuk menu takjil buka puasa nanti? Yuk, bikin es semangka lemon segar ini. Yakin deh minuman menyegarkan akan menjadi penghilang dahaga yang pas untuk berbuka puasa.

Bahan-Bahan

1 buah semangka, buang bijinya dan potong dadu

1 liter air dingin

70 cc air perasan jeruk lemon

90 cc gula cair

es batu

daun mint segar

Cara Membuat
                  Masukkan buah semangka dalam blender, hancurkan hingga benar-benar lembut. Kemudian saring dan ambil airnya. Campurkan air semangka dengan air perasan jeruk lemon, gula cair, dan air dingin. Aduk rata, tambahkan es batu dan daun mint. Simpan di dalam kulkas. Menu takjil buka puasa ini dijamin bikin Anda ketagihan. Selamat mencoba, Ladies!





Resep Es Campur Kelapa Muda

Daripada membeli takjil buka puasa di jalan-jalan yang belum tentu enak dan aman dikonsumsi, ada baiknya jika Anda membuat takjil segar sendiri di rumah, seperti menu es campur kelapa muda berikut ini.

Bahan:

2 buah kelapa muda, serut
nata de coco secukupnya
buah semangka, potong dadu
buah alpukat, potong-potong
kolang-kaling secukupnya
1 blok cincau hitam, potong dadu
kacang merah, rendam semalaman dan rebus hingga matang
1 kaleng susu kental manis
sirup cocopandan secukupnya
es batu secukupnya, serut/ hancurkan
Cara membuat:

Siapkan mangkuk. Tata buah-buahan dan berbagai isian es campur.
Serut es batu dan tata di atas isian es campur. Siram dengan sirup cocopandan. Tuang susu kental manis secukupnya. Takjil siap dihidangkan.







Milkshake Alpukat Enak

Para penggemar alpukat wajib coba minuman yang satu ini, milkshake alpukat. Minuman ini pun cocok dijadikan menu takjil buka puasa. Penasaran bagaimana cara membuatnya sendiri di rumah? Ini dia resepnya.

Bahan-Bahan
1 buah alpukat matang
8 buah es batu
70 cc susu kental manis
60 cc susu cair

Cara Membuat
              Masukkan potongan buah alpukat dalam blender, tambahkan es batu dan susu kental manis. Kemudian diblender hingga tercampur rata. Baru setelah itu tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil tetap diblender. Anda bisa menyesuaikan kekentalannya sesuai selera.  Untuk menu takjil buka puasa, milkshake alpukat cocok untuk mengembalikan energi Anda setelah seharian menahan haus dan lapar. Selamat menunggu waktu berbuka, Ladies!







Es Stroberi Segar

Ingin menu takjil buka puasa yang segar, menyehatkan, dan gampang dibuat? Coba bikin es stroberi ini. Dengan menggunakan buah stroberi segar, Anda bisa mendapatkan minuman yang menyehatkan dan bisa menghilangkan dahaga Anda setelah puasa seharian penuh.

Bahan-Bahan
450 gram buah stroberi segar
1 liter air
es batu

Cara Membuat
1. Potong buah stroberi tipis-tipis.
2. Masukkan potongan buah stroberi dalam air.
3. Simpan dalam kulkas selama 6 jam atau semalaman.
4. Nikmati air stroberi dengan es batu.

Menu takjil buka puasa ini dijamin bisa mengembalikan energi tubuh dan menghilangkan dahaga Anda dalam sekejap. Selamat menunggu waktu berbuka, Ladies!







Kesegaran Es Buah Berpadu Kelembutan Susu

Setelah seharian menahan lapar dan haus, alangkah nikmat dan leganya ketika saat berbuka menggunakan takjil yang tak hanya lezat tapi juga segar. Melepas dahaga dan lapar dengan menyajikan minuman atau takjil yang segar tentu telah direncanakan beberapa waktu sebelum berbuka. 

Tapi, disarankan bagi Anda tak hanya berbuka dengan minuman yang segar saja. Saat berbuka, Anda harus tetap memperhatikan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam menu takjil buka puasa. Nah, untuk dapatkan menu takjil yang sehat, Anda bisa memperolehnya dari es buah yang segar berpadu dengan kelembutan susu yang yang lezat. Penasaran kira-kira seperti apa bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya? Berikut resepnya untuk Anda.

Bahan

2 buah alpukat (ambil dagingnya potong dadu kecil-kecil sesuai selera)
10 buah strawberry segar (belah 2 atau 4 sesuai selera)
150 gram buah melon (iris bulat-bulat)
150 gram buah nanas (iris bulat-bulat)
10 buah kelengkeng (ambil isinya belah dua)
Sirup jeruk (secukupnya)
100 gram gula putih
4 gelas air putih
Es batu (serut)
Susu (kental manis putih/cokelat, sesuai selera)

Cara Membuat

Panaskan air dalam sebuah panci, masukkan gula ia larut. Angkat air dan biarkan dingin lalu masukkan buah strawberry, buah melon, buah nanas dan buah kelengkeng.
Masukkan sirup jeruk sesuai selera hingga warnanya menjadi cantik.
Selanjutnya, siapkan gelas saji dan masukkan buah yang telah tercampur ini ke dalamnya.
Tambahkan es batu di atasnya.
Untuk memperlezat dan mempermanis es campur buah, tambahkan susu kental manis di atasnya.
Es campur buah yang berpadu dengan kelembutan susu siap untuk disajikan menjadi takjil berbuka puasa.

Itulah menu takjil buka puasa yang tak hanya super segar dan sehat, es buah ini juga sangat nikmat apalagi ketika ia dipadukan dengan susu yang lembut. Selamat mencoba resep ini di rumah ya. Sebagai catatan, untuk bermacam buah dan sirup yang ingin digunakan dalam membuat es buah ini bisa disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya dan tetap semangat ya?











Es Teh Aroma Leci Super Segar Dan Nikmat 

Ketika berbuka puasa, salah satu makanan atau minuman yang paling disarankan adalah makanan dan minuman yang memiliki rasa manis. Selain manis, tentunya yang super segar akan menambah kenikmatan dalam berbuka apalagi setelah seharian menahan haus dan lapar. Nah, salah satu menu takjil buka puasa yang bisa Anda buat sendiri di rumah dan memiliki kesegaran serta kenikmatan menggoda adalah es teh dengan aroma leci. Apa saja bahan yang diperlukan dan bagaimana cara membuatnya? Berikut ulasannya untuk Anda.

Bahan

2 kantong teh celup
3 gelas air putih
100 gram gula batu (cairkan)
Sirup rasa leci (6 - 7 sdm)
100 gram buah leci (kupas kulitnya dan buang isinya)
Es baru (serut/hancurkan, secukupnya)

Cara Membuat

Rebus air sampai mendidih dengan api sedang.
Masukkan teh celup yang sudah disiapkan ke dalam air bersama gula batu cair. Aduk hingga kedua bahan ini tercampur dengan baik dan rata.
Selanjutnya, angkat air dan biarkan hingga dingin atau sekedar hangat.
Masukkan sirup leci ke dalam air teh dan aduk hingga rata.
Siapkan gelas saji yang telah diisi es batu dan buah leci segar di dalamnya.
Tuang teh secara perlahan ke dalam gelas.
Es teh dengan aroma leci pun siap untuk dinikmati dan dihidangkan saat berbuka puasa.

Ladies, itulah resep mudah membuat menu takjil buka puasa es teh dengan aroma leci. Selain sangat segar dan nikmat, es teh ini juga sehat dan pastinya sangat disukai anak-anak lho. Selamat mencoba dan lepaskan dahaga Anda setelah seharian puasa dengan es teh aroma leci saat berbuka nanti. Semoga informasi ini bermanfaat ya.









Es Buah Kuah Jeruk

Ingin menyajikan menu takjil yang luar biasa segar? Coba menu yang satu ini yuk Ladies. Perpaduan buah-buahan yang segar dan juga kuah jeruk ini akan membuat buka puasa Anda terasa sangat nikmat dan berkesan. Simak menu lengkapnya hanya di sini.

Bahan-Bahan:

100 gram stroberi, belah jadi 4
150 gram buah naga, potong dadu
150 gram melon, potong dadu
2 buah alpukat, potong-potong
150 gram kiwi, potong-potong

Bahan Kuah:

500 ml air jeruk manis
4 sdm madu
4 lembar daun mint, rajang halus
2 sdm lemon
es batu secukupnya

Cara membuat:

Siapkan semua bahan.
Ambil mangkuk saji dan masukkan semua buah jadi satu, aduk rata.
Dalam mangkuk terpisah, campurkan semua bahan kuah dan aduk rata.
Sajikan buah bersama dengan kuah.

Selamat mencoba. Anda juga bisa berkreasi dengan buah lain sesuai dengan selera Anda.









Es Kelapa Muda Dengan Buah Nangka Super Segar

Bahan

1 buah kelapa muda (ambil airnya dan keruk daging buahnya)
6 buah nangka (buang isinya lalu potong dadu kecil-kecil sesuai selera)
Es serut (secukupnya)
Sirup cocopandan (secukupnya)
Susu kental manis (putih, secukupnya)

Cara Membuat

Siapkan semua bahan yang ada lalu siapkan pula gelas saji atau kulit kelapa muda.

Campur air kelapa muda, daging kelapa muda dan nangka menjadi satu.

Aduk hingga tercampur rata. Jika airnya kurang, Anda bisa menambahkan air putih ke dalam minuman yang hendak dibuat.

Jika sudah, masukkan es serut.

Siram dengan sirup cocopandan dan susu di atas es serut.

Es kelapa muda dengan buah nangka sudah jadi dan siap untuk disajikan.

Ladies, itulah resep yang sangat mudah dan praktis dapatkan es kelapa muda yang segar, legit serta memiliki banyak nutrisi untuk tubuh. Dengan menyajikan es kelapa muda dengan buah nangka sebagai menu takjil sore ini, dipastikan buah hati dan suami akan sangat senang. Selamat mencoba resep ini dan dapatkan kesegarannya bersama keluarga saat berbuka. Selamat menjalankan ibadah puasa...





Es Cendol Aroma Nangka

Bahan Cendol

50 gram tepung beras
100 gram tepung hunkwe
100 ml air yang telah dicampur dengan daun pandan (peras, ambil airnya)
300 ml air
Garam (secukupnya)
5 biji buah nangka (buang isinya, potong dadu sesuai selera)
Es batu (secukupnya)

Bahan Saus Gula dan Saus Santan

200 gram gula pasir
500 gram gula jawa/merah
Air secukupnya (kira-kira 100 ml)
1000 ml air santan (pastikan memeras santan dengan air matang)
Garam (secukupnya)
2 lembar daun pandan

Cara Membuat Cendol

Campurkan tepung hunkwe, tepung beras, garam dan air perasan daun pandan dalam panci. Jika semua sudah tercampur rata, masak menggunakan api kecil hingga adonan tersebut menjadi kental dan cendol matang.
Siapkan sebuah wadah yang telah diisi air dingin dan cetakan cendol. Letakkan adonan tadi ke atas cetakan cendol dan tekan secara perlahan hingga butir-butir cendol membentuk cendol di dalam air dingin.  Pastikan bahwa adonan terbentuk dengan baik menjadi cendol semuanya.
Selanjutnya, buatlah saus gula untuk cendol. Caranya sangat mudah, panaskan air hingga mendidih lalu masukkan gula pasir, 2 lembar daun pandan, garam dan gula jawa ke dalam air. Masak hingga semua gula mendidih sempurna.  Semua bahan sudah jadi, saatnya menyajikan cendol untuk keluarga.  Masukkan cendol dan potongan buah nangka ke dalam gelas saji, tambahkan saus gula secukupnya, saus santan secukupnya dan terakhir es batu.
Es cendol siap untuk disajikan sebagai menu takjil buka puasa segar nan nikmat.

Itulah resep sederhana membuat menu takjil buka puasa yang pastinya segar dan nikmat berupa es cendol. Semoga resep ini bermanfaat dan selamat mencoba.








No comments:

Post a Comment